Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian kabel UTP, fungsi, dan jenis-jenisnya sebagai salah satu media transmisi yang sering digunakan paa jaringan komputer. UTP merupakan jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar berupa tembaga, mempunyai isolasi dari plastik atau terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat mencegah dari kerusakan fisik.

Definisi Kabel UTP

Pengertian kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer atau sebagai media transmisi pada jaringan komputer. Kabel ini di bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel yang saling berbelit yang masing-masing memiliki kode waena berbeda.

Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam dua jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Jenis Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan Unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya, kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 dan RJ-11.

pengertian kabel UTP
Kabel UTP Unshilded

Fungsi Kabel UTP

Dari pengertiannya bisa di simpulkan Fungsi kabel UTP adalah kabel yang dapat digunakan sebagai media transmisi pada jaringan komputer, terutaMa pada jaringan LAN (Local Area Network). Pada umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm dan juga di bagi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data pada jaringan.

BACA: Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Kabel UT

Adapun beberapa Kategori atau jenis-jenis kabel UTP, antara lain:

kabel utp dan rj 45
Kabel UTP dan konektor rj 45 (pixino)

1. CAT 1

Kabel UTP Category 1 atau Cat 1 adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.

2. CAT 2

Kabel UTP Category 2 atau Cat 2 adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat 1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.

3. CAT 3

Kabel UTP Category 3 atau Cat 3 adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.

4. CAT 4

Kabel UTP Category 4 atau Cat 4 adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat 3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.

5. CAT 5

Kabel UTP Category 5 atau Cat 5 adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat 4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.

6. CAT 6

Jenis kabel utm selanjutnya UTP Category 6 atau Cat 6 adalah salah satu jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.

7. CAT 7

Kabel UTP Category 7 atau Cat7 adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.

Akhir kata, Itulah dibagian atas mengenai pengertian kabel UTP dan fungsinya semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kamu terutama dalam teknologi jaringan komputer.

Bagikan Ke: