Pengertian K3LH Secara Umum dan Tujuannya

Inilah pengertian K3LH secara umum dan tujuannya yang sangat penting untuk keselamatan terutama dalam bekerja yang pembahasannya dapat kamu baca lalu dan pahami di artikel kali ini.

Definisi K3LH

Pengertian K3LH adalah singkatan dari “Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup” yaitu mengenai program kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan hidup pada suatu perusahaan atau pada suatu instansi lain yang mempunyai banyak tenaga kerja/karyawan.

Atau definisi k3LH yang lainnya adalah suatu upaya perlindungan agar karyawan/tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja termasuk juga orang lain yang memasuki tempat kerja maupun proses produk dapat secara aman dalam produksinya.

pengertian K3LH
pixabay.com

3 Tujuan K3LH

1. Melindungi Tenaga Kerja

Tujuan utama K3LH adalah untuk Melindungi tenaga kerja atau karyawan atas hak keselamatannya saat bekerja. K3LH melindungi ketika melakukan karyawan melaksanakan pekerjaannya untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi dan produktivitas nasional.

2. Pemeliharaan Sumber Produksi

Pemeliharaan sumber produksi maksudnya supaya sumber produksi bisa digunakan secara aman, efesien, dan terpelihara sehingga tetap menghasilkan hasil produksi secara maksimal.

3. Memberi Rasa Keamanan

Selain melindungi dari resiko pekerjaan yang dilakukan, K3LH juga memberikan jaminan, rasa ketengan maupun menjamin keselamatan setiap orang lain yang berada di tempat kerja.

BACA: Pengertian Pekerjaan dan Contohnya

Sasaran K3LH

  • Mencegah terjadi kecelakaan saat bekerja.
  • Mencegah penyakit di tempat pekerjaan.
  • Mencegah terjadinya resiko kematian saat bekerja.
  • Mencegah atau mengurangi cacat tetap (permanen) pada karyawan.
  • Mengamankan material konstruksi pemakaian berbagai macam alat kerja dan lain-lain.
  • Meningkatkan kondisitas kerja tanpa memeras tenaga kerja dan juga menjamin kehidupan produktifnya.
  • Mencegah pemborosan tenaga kerja, modal, alat, atau sumber-sumber produksi yang lainnya.
  • Menjamin tempat berkerja yang sehat, bersih, nyaman dan aman sehingga dapat menimbulkan semangat ketika kerja.
  • Memperlancar, meningkatkan, mengamankan produksi industri dan pembangunan.

Dari sasaran diatas tadi maka keselamatan kerja di bagi kedalam 3 (tiga) bagian diantaranya: manusia, benda, dan lingkungan.

BACA: Pengertian Karyawan dan Jenisnya

Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian K3LH adalah suatu perogram perusahaan untuk karyawannya, yang didalamnya memuat kepentingan kesehatan, keselamatan kerja, dan Lingkungan hidup.

Tujuan K3LH misalnya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan setiap karyawan selama bekerja sekaligus menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dengan K3LH maka aktivitas perusahaan tersebut tidak berefek buruk pada lingkungan hidup. Dengan program ini maka setiap karyawan dapat merasa aman dari berbagai resiko yang bisa saja terjadi saat bekerja.

Akhir kata, Itulah diatas mengenai arti K3LH dan tujuannya secara umum semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu.

Bagikan Ke: