Pengertian Ekonomi Pembangunan Adalah Penting Bagi Negara

Berikut ini pengertian ekonomi pembangunan yang termasuk penting bagi negara terutama negara berkembang, penjelasan kali ini akan dibahas secara lebih rinci yang dapat kamu baca di artikel ini.

A. Apa Pengertian Ekonomi Pembangunan?

Ekonomi pembangunan adalah suatu ilmu yang mengajari mengenai pembangunan di bidang ekonomi atau salah satu dari percabangan ilmu ekonomi yang di fokuskan bahasannya tentang pembangunan di Negara-negara yang statusnya masih tergolong kedalam negara berkembang.

B. Apa Tujuan Tkonomi Pembangunan?

Tujuan ekonomi pembangunan yaitu jika dari ilmu ekonomi pembangunan adalah untuk meneliti berbagai faktor yang menyebabkan ketertinggalan pembangunan di Negara berkembang, sehingga dengan mengetahui faktor tersebut yang menghambat pembangunan dapat diketahui bagaimana cara yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas pembangunan di negara berkembang. Dengan demikian, diharapkan kemajuan bisa tercapai di Negara yang bersangkutan.

pengertian ekonomi pembangunan
sumber: pixabay.com

C. Tujuan Mempelajari Ekonomo Pembangunan?

Belajar mengenai ilmu ekonomi pembangunan, sangat berperan banyak bagi pembuat keputusan ataupun kebijakan dalam sebuah perusahaan swasta, BUMN, instansi pemerintah, dunia perbankan maupun di suatu negara.

Tujuan belajar ilmu ekonomi pembangunan ialah untuk mencapai suatu kemajuan yang berkelanjutan sehingga kemakmuran dari suatu Negara yang bersangkutan dapat tercapai serta kesejahteraan rakyat dapat tercapai. Pada umumnya, pembangunan ekonomi di suatu negara bertujuan untuk kemakmuran rakyatnya secara keseluruhan atau secara merata.

Akan tetapi faktanya, masih terjadi yang namanya kesenjangan sosial. Masih terdapat perbedaan yang jelas antara yang kaya dengan yang miskin. Kekayaan dan kemakmuran negara hanya dapat dinikmati oleh segelintir rakyat. Itulah persoalan yang umumnya sedang dihadapi oleh setiap Negara di dunia ini selama sejak mulai dikenalnya ilmu ekonomi.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Internasional.

Baca Juga: Pengertian Lembaga Ekonomi.

D. Kesimpulan pembahasan

Jadi ekonomi pembangunan adalah percabangan ilmu ekonomi yang mempelajari berbagai faktor ekonomi yang berfokus untuk negara berkembang. Salah satu tujuan mempelajarinya supaya untuk membantu dalam membuat keputusan yang tepat pada bidang perekonomian baik itu di perusahaan swasta, BUMN, maupun Negara.

Itulah di bagian atas mengenai definisi atau pengertian ekonomi pembangunan, semoga artikel kali ini dapat dipahami dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya…

Bagikan Ke: