Pengertian Paragraf Induktif Dilengkapi Dengan Contohnya

Pengertian paragraf induktif dan contohnya – Apa itu paragraf? Jenis paragraf ada beberapa macam, salah satunya ada yang disebut dengan paragraf induktif. Lalu pada tulisan ini mari kita pelajari tentang paragraf induktif dan penjelasannya di bawah ini.

Paragraf induktif adalah suatu paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, dan menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus. Atau definisi paragraf induktif yaitu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan atau memaparkan penjelasan yang bersifat khusus dan kemudian diakhiri dengan kalimat utama serta memuat pernyataan yang sifatnya umum. Jadi intinya Paragraf ini merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Baca juga tentang: Pengertian paragraf deduktif.

Sedangkan pengertian paragraf itu sendiri bisa diartikan sebagai satuan bahasa yang terdiri dari beberapa kalimat, tersusun secara runtut, logis dalam satu kesatuan ide yang tersusun secara lengkap, utuh dan padu.

A. Berikut ciri-ciri paragraf induktif

  • Kalimat utama atau topik utamanya berada di akhir paragraf.
  • Kalimat disusun dari uraian atau penjelasan yang bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan yang umum.
  • Kalimat penjelasnya merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama.

Baca juga: Pengertian paragraf dan jenisnya secara lengkap.

B. Di bawah ini adalah contoh paragraf induktif

Contoh ke-1:

Maka dari itu saya sangat setuju dengan diadakannya kegiatan kerja bakti setiap seminggu sekali. Sebab, jika lingkungan hidup kita bersih maka kita juga akan sehat. Oleh sebab itu, kegiatan kerjanbakti sangatlah penting di lingkungan masyarakat.

pengertian paragraf induktif

apa sih itu paragraf induktif?

Contoh ke-2:

Kita harus bisa membiasakan hidup sehat. Hidup sehat itu dimulai dari sikap cermat dalam semua hal. Misalnya, kita harus cermat dan teliti ketika mengkonsumsi suatu produk apapun itu. Kita sebagai konsumen, harus lah teliti membaca petunjuk penggunaan atau aturan pakai yang terdapat pada kemasan yang kita akan konsumsi atau pakai. Apalagi yang menyangkut dengan kesehatan, sebab kesehatan sangat lah penting dalam hidup kita.

Contoh ke-3:

Selain kaya akan budayanya, Indonesia juga mempunya lahan pertanian yang subur, banyak menghasikkan berbagai macam rempah-rempah, bahan pangan, buah-buahan, dan lain-lain. Dari segi barang tambang, Indonesia juga sangat lah potensial, terbukti Indonesia salah satu negara di Asia yang menekspor minyak bumi, batu bara, & barang tambang lainnya. Maka tidak lah salah jika dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya.

Mungkin itulah artikel yang singkat mengenai pengertian paragraf induktif dan contohnya, semoga bermanfaat untuk kamu…

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Paragraf Induktif Dilengkapi Dengan Contohnya"

Pengertian Perusahaan Manufaktur Dan Contohnya Terlengkap
Ringkasan tentang definisi atau pengertian perusahaan manufaktur
Pengertian Karyawan Dan Jenisnya Secara Umum
Berikut definisi atau pengertian karyawan dan jenisnya
Pengertian Investasi Dan Tujuannya Dilengkapi Jenisnya Umum
Berikut ini secara umum definisi atau pengertian
Pengertian Poster Dan Jenisnya Serta Tujuannya
Definisi atau pengertian poster dan jenisnya serta