Pengertian Paragraf Induktif Dilengkapi Dengan Contohnya

Pengertian paragraf induktif dan contohnya – Apa itu paragraf? Jenis paragraf ada beberapa macam, salah satunya ada yang disebut dengan paragraf induktif. Lalu pada tulisan ini mari kita pelajari tentang paragraf induktif dan penjelasannya di bawah ini.

A. Apa Pengertian Paragraf Induktif?

Paragraf induktif adalah suatu paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, dan menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus.

Atau definisi paragraf induktif yaitu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan atau memaparkan penjelasan yang bersifat khusus dan kemudian diakhiri dengan kalimat utama serta memuat pernyataan yang sifatnya umum. Jadi intinya Paragraf ini merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Baca Juga Tentang: Pengertian Paragraf Deduktif.

Pengertian paragraf Induktif
sumber: pixabay.com

Sedangkan pengertian paragraf itu sendiri bisa diartikan sebagai satuan bahasa yang terdiri dari beberapa kalimat, tersusun secara runtut, logis dalam satu kesatuan ide yang tersusun secara lengkap, utuh dan padu.

A. Berikut ciri-ciri paragraf induktif

  • Kalimat utama atau topik utamanya berada di akhir paragraf.
  • Kalimat disusun dari uraian atau penjelasan yang bersifat khusus diikuti dengan kalimat pernyataan yang umum.
  • Kalimat penjelasnya merupakan kalimat yang mendukung gagasa utama.

B. Perhatikan 3 Contoh Paragraf Induktif

Contoh ke-1:

Maka dari itu saya sangat setuju dengan diadakannya kegiatan kerja bakti setiap seminggu sekali. Sebab, jika lingkungan hidup kita bersih maka kita juga akan sehat. Oleh sebab itu, kegiatan kerjanbakti sangatlah penting di lingkungan masyarakat.

Contoh ke-2:

Kita harus bisa membiasakan hidup sehat. Hidup sehat itu dimulai dari sikap cermat dalam semua hal. Misalnya, kita harus cermat dan teliti ketika mengkonsumsi suatu produk apapun itu. Kita sebagai konsumen, harus lah teliti membaca petunjuk penggunaan atau aturan pakai yang terdapat pada kemasan yang kita akan konsumsi atau pakai. Apalagi yang menyangkut dengan kesehatan, sebab kesehatan sangat lah penting dalam hidup kita.

Baca Juga: Pengertian Paragraf dan Jenisnya.

Contoh ke-3:

Selain kaya akan budayanya, Indonesia juga mempunya lahan pertanian yang subur, banyak menghasikkan berbagai macam rempah-rempah, bahan pangan, buah-buahan, dan lain-lain. Dari segi barang tambang, Indonesia juga sangat lah potensial, terbukti Indonesia salah satu negara di Asia yang menekspor minyak bumi, batu bara, & barang tambang lainnya. Maka tidak lah salah jika dikatakan Indonesia adalah Negara yang kaya.

Akhir kata, Mungkin itulah pembahasan mengenai pengertian paragraf induktif dan contohnya, semoga bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu, jika ditemukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: