Pengertian Field, Record, Table, File, Data Dan Basis Data Lengkap

Mari kita pelajari menganai pengertian field, record, table, file, data dan basis data lengkap di artikel yang singkat ini. Pasti kamu yang sering belajar atau yang sudah mengenal database sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah tersebut, untuk kamu yang belum mengetahui definisi dari istilah tersebut, dapat kamu pelajari atau membacanya di bawah ini untuk memahaminya.

A. Apa itu field, record, table, file, data & basis data?

Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.

Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalah merupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Pengertian basis data (database) adalah basis data yang terdiri dari dua kata, yaitu kata basis dan data. Basis dapat di artikan markas ataupun gudang, maupun tempat berkumpul.

Pengertian Field dan Record

Apa itu filed dan record?

Lalu data adalah kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, misalnya seperti manusia, barang dan sebagainya yang direkam ke dalam bentuk huruf, angka, simbol, teks, bunyi, gambar ataupun kombinasinya. Jadi dapat disimpulkan basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data-data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah disimpan, dimanipulasi, dan dipanggil oleh pemakainya. Dan Karakter atau character adalah merupakan suatu bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data atau field.

Itulah artikel ringkas mengenai definisi atau pengertian field, record, table, file, data dan basis data (Database), semoga dapat bermanfaat banyak untuk kamu dan dapat membantu dalam memahaminya.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Teknologi

Related Post "Pengertian Field, Record, Table, File, Data Dan Basis Data Lengkap"

Pengertian Monitor Komputer Dan Fungsinya Rangkuman Singkat
Pengertian monitor komputer dan fungsinya, serta dilengkapi
Pengertian Domain Dan Subdomain Serta Contohnya
Pengertian domain dan subdomain maupun contohnya. Kalian
Pengertian Aplikasi Dan Contohnya Serta Beberapa Jenisnya
Memahami tentang pengertian aplikasi secara umum dan contohnya
Mengenal Pengertian Web Browser Dan Contohnya
Apa pengertian web browser dan contohnya maupun