Mengenal Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contohnya

Yang dimaksud dengan pengertian paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan atau memaparkan persoalan pokok ataupun kalimat topik lalu diikuti dengan kalimat-kalimat penjelasnya.

A. Lebih Jauh Pengertian Paragraf Deduktif

Atau Definisi paragraf deduktif yaitu sebagai paragraf yang diawali dengan mengemukakan persoalan pokoknya atau kalimat utama yang bersifat umum, dan kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas yang sifatnya khusus. Intinya paragraf ini mempunyai kalimat pokok atau utamanya di awal paragraf.

Sedangkan pengertian paragraf sendiri dapat diartikan sebagai satuan bahasa yang terdiri beberapa kalimat yang tersusun secara runtut dan logis dalam satu kesatuan ide yang tersusun secara lengkap, utuh dan juga padu.

A. Berikut ciri-ciri paragraf deduktif

pengertian paragraf deduktif
sumber: pixabay.com
  • Ciri yang pertama kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
  • Ciri yang kedua kalimat disusun dari pernyataan umum, yang kemudian disusul dengan penjelasannya.

Baca Juga Tentang: Pengertian Paragraf Induktif.

Baca Juga  Tentang: Pengertian Paragraf dan Jenisnya.

B. Berikut beberapa contoh paragraf deduktif

Contoh ke-1:

Tadi pagi jenis pesawat boing di beritakan hilang di lautan. belum diketahui penyebab hilangnya  dan jatuhnya pesawat jenis boing tersebut, dugaan besar sampai saaat ini disebabkan karena kerusakan pada mesin pesawat tersebut.

Conroh ke-2:

Plastik mengepung kehidupan kita. Sampah plastik termasuk kedalam sampah yang sangat sulit terurai secara alami. Kondisi seperti ini menimbulkan reaksi karena rongsokan limbah plastik merupakan krisis sampah padat. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara di daur ulang, cara tersebut dianggap sebagai salah satu cara yang paling aman.

Contoh ke-3:

Kemauannya sangat sulit untuk diikuti. Dalam rapat-rapat yang sebelumnya telah diputuskan bahwa dana koperasi tersebut harus disimpan terlebh dulu. Para peserta rapat telah menyepakati hal tersebut. Tetapi, hari ini dia memaksa memakainya untuk membuka usaha baru. Banyak sekali di antara peserta rapat yang kurang menyukai sikapnya yang semaunya sendiri.

Demikian informasi atau penjelasan mengenai pengertian paragraf deduktif dan contohnya yang sering di pelajari disekolah, semoga artikel ini dapat bermanfaat..

Bagikan Ke: