Mengenal Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contohnya

Pengertian paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan atau memaparkan persoalan pokok ataupun kalimat topik lalu diikuti dengan kalimat-kalimat penjelasnya.

Atau Definisi paragraf deduktif yaitu sebagai paragraf yang diawali dengan mengemukakan persoalan pokoknya atau kalimat utama yang bersifat umum, dan kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas yang sifatnya khusus. Intinya paragraf ini mempunyai kalimat pokok atau utamanya di awal paragraf. Baca juga tentang: Pengertian paragraf induktif dilengkapi dengan contohnya.

Sedangkan pengertian paragraf sendiri dapat diartikan sebagai satuan bahasa yang terdiri beberapa kalimat yang tersusun secara runtut dan logis dalam satu kesatuan ide yang tersusun secara lengkap, utuh dan juga padu.

A. Berikut ciri-ciri paragraf deduktif

  • Ciri yang pertama kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
  • Ciri yang kedua kalimat disusun dari pernyataan umum, yang kemudian disusul dengan penjelasannya.

B. Berikut beberapa contoh paragraf deduktif

Contoh ke-1:

Tadi pagi jenis pesawat boing di beritakan hilang di lautan. belum diketahui penyebab hilangnya  dan jatuhnya pesawat jenis boing tersebut, dugaan besar sampai saaat ini disebabkan karena kerusakan pada mesin pesawat tersebut.

Baca juga  tentang: Pengertian paragraf dan jenisnya secara lengkap.

Apa sih itu paragraf deduktif?

Conroh ke-2:

Plastik mengepung kehidupan kita. Sampah plastik termasuk kedalam sampah yang sangat sulit terurai secara alami. Kondisi seperti ini menimbulkan reaksi karena rongsokan limbah plastik merupakan krisis sampah padat. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara di daur ulang, cara tersebut dianggap sebagai salah satu cara yang paling aman.

Contoh ke-3:

Kemauannya sangat sulit untuk diikuti. Dalam rapat-rapat yang sebelumnya telah diputuskan bahwa dana koperasi tersebut harus disimpan terlebh dulu. Para peserta rapat telah menyepakati hal tersebut. Tetapi, hari ini dia memaksa memakainya untuk membuka usaha baru. Banyak sekali di antara peserta rapat yang kurang menyukai sikapnya yang semaunya sendiri.

Demikian informasi atau penjelasan mengenai pengertian paragraf deduktif dan contohnya yang sering di pelajari disekolah, semoga artikel ini dapat bermanfaat..

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Mengenal Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contohnya"

Pengertian Tajuk Rencana Dan Tujuannya Beserta Ciri-Cirinya
Berikut definisi atau pengertian tajuk rencana/editorial dan
Pengertian Karya Ilmiah Dan Ciri-Cirinya Terlengkap
Definisi atau pengertian karya ilmiah dan ciri-cirinya
Pengertian Pekerjaan Dan Contohnya Di Sekitar Kita
Pembahasan lengkap tentang definisi atau pengertian pekerjaan
Pengertian Kurikulum Dan Tujuannya Dengan Manfaatnya
Inilah ringkasan tentang definisi atau pengertian kurikulum