Mengenal Pengertian Ilmu Sosial dan Menurut Para Ahli

Singkatnya pengertian Ilmu sosial adalah ilmu yang mencakup semua aspek didalam kehidupan mulai dari sifat seseorang atau individu, interaksi antar individu, antara individu dan kelompok, dan interaksi antara kelompok dan kelompok.

Mengenal Definisi Ilmu Sosial Lebih Lengkap

Ilmu sosial adalah suatu ilmu pengetahuan yang meneliti berbagai masalah sosial khususnya yang di timbulkan di masyarakat. Ilmu ini menggunakan berbagai pengertian seperti fakta, konsep hingga teori yang berasal dari berbagai keahlian di lapangan misalnya sejarah, ekonomi, geografi sosial, antropologi, psikologi sosial dll.

Tujuan Ilmu Sosial yang paling dasar adalah untuk membantu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan kepribadian supaya memperoleh wawasan yang lebih luas lagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan sosial masyarakat.

pengertian ilmu sosial
pixabay.com

Biasanya di masyrakat dalam interaksi sering terjadi berbagai konflik. Konflik disini memiliki arti luas, tidak hanya mencangkup masalah saja, tetapi yang berkaitan dengan komunikasi yang menimbulkan hubungan timbal balik. Lalu Ilmu sosial mempunyai peranan penting untuk mempelajari hubungan timbal balik tersebut.

Ilmu sosial-pun bukan hanya mempelajari interaksi timbal balik antar individu saja, tetapi juga mempelajari bagaimana memecahkan masalah yang terjadi diantara individu ataupun antar kelompok. Sebab dalam kehidupan tidak mungkin jika kita  tidak memiliki masalah, dan disini ilmu sosial sangatlah berperan penting,  karena mengacu pada beberapa aspek seperti, moral, politik, dan sebagainya.

BACA: Pengertian Perubahan Sosial Secara Umum

Contoh Permasalahan Yang Sering Terjadi

Contoh masalah yang sering yang terjadi, misalnya seperti:

1. Individu

Disaat rasa ego yang tinggi dari seseorang atau individu muncul, maka saat itu juga permasalah sedang terjadi pada individu tersebut, dan bisanya akan berimbas kepada individu lainnya

2. Kelompok

Saat dimana masalah sedang terjadi lalu berimbas pada banyak orang, itulah masalah yang harus dihadapi oleh kelompok tersebut.

BACA: Pengertian Sistem Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Pengertian Ilmu Sosial Menurut Ahli

Beberapa pengertian ilmu sosial menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

Menurut, Achmad Sanusi : Ilmu Sosial terdiri disiplin-disiplin ilmu pengetahuan sosial yang bertaraf akademis, biasanya di pelajari pada tingkat perguruan tinggi, makin lanjut makan semakin ilmiah.

Menurut Gross : Ilmu Sosial suatu disiplin intelektual yang mempelajari manusia sebagai makluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagai anggota dalam masyarakat dan pada kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.

Menurut Lewis : Ilmu sosial merupakan cabang ilmu yang memiliki tujuan untuk mencapai, menetapkan, dan menghasilkan interaksi di dalam kehidupan sehari-hari yang diterapkan warga negara atau pemerintahan.

Dan Menurut Keith Jacob : Yang dimaksud Ilmu sosial yaitu sesuatu yang dibangun dan terjadi di dalam suatu komunitas.

Akhir kata, Tidak ada salahnya jika kita belajar akan berbagai hal yang ada disekeliling kita, sebab dari hal tersebut kita akan dengan mudah mempelajari setiap permasalahan dan memecahkannya dengan cara yang baik.

Itulah artikel yang membahas tentang  pengertian ilmu sosial ecara umum dan menurut para pakar. Semoga bermanfaaat dalam menambah wawasan kamu, jika ada kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf dan terimakasih….

Bagikan Ke: