Kenali Pengertian Mahasiswa Dan Menurut Para Ahli

Pengertian mahasiswa dan menurut para ahli РApa yang dimaksud dengan Mahasiswa? untuk penjelasan lebih jelasnya kamu dapat membaca tulisan ini.

A. Penjelasan tentang mahasiswa

Mahasiswa adalah status yang disandang oleh seseorang karena hubungannya dengan perguruan tinggi yang diharapkan dapat menjadi calon-calon intelektual. Atau bisa juga definisi mahasiswa adalah orang yang menuntut ilmu atau belajar di perguruan tinggi, baik itu di universitas, institut ataupun akademi.

Mereka ialah orang-orang yang terdaftar sebagai murid di suatu perguruan tinggi dapat disebut dengan mahasiswa. Secara lebih singkatnya mahasiswa yaitu suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi, universitas, institut ataupun akademi. Itulah pengertian mahasiswa secara umum, semoga dapat di pahami.

B. Inilah pengertian mahasiswa menurut beberapa para ahli dan menurut KBBI

Inilah beberapa pengertian mahasiswa menurut para ahli atau pakar, dapat kamu baca di bawah ini:

  • Mahasiswa menurut Knopfemacher [dalam Suwono, 1978] – adalah merupakan insan-insan calon sarjana yang dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi, dididik & di harapkan menjadi calon – calon intelektual.
  • Sedangkan mahasiswa menurut Sarwono [1978] – adalah setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia sekitar 18 – 30 thn. Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi. Mahasiswa juga merupakan calon intelektual atau cendekiawan muda dalam suatu lapisan masyarakat yang sering kali syarat dengan berbagai predikat.

Sedangkan pengertian mahasiswa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mahasiswa ialah pelajar perguruan tinggi. Didalam struktur pendidikan Indonesia,mahasiswa menduduki jenjang satuan pendidikan tertinggi di antara yang lain. itulah menurut KBBI.

pengertian mahasiswa

Apakah itu mahasiswa?

C. Peranan dan fungsi mahasiswa

Peran dan fungsi mahasiswa, dapat kamu pahami di bawah ini:

  • Sebagai Iron Stock – mahasiswa itu harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, yang berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini nantinya.
  • Agent Of Change – dituntut untuk menjadi agen perubahan. Disini maksudnya, jika ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu ternyata salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan yang sesungguhnya.
  • Social Control – harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar (lingkungan masyarakat). Jadi… selain pintar di bidang akademis, mahasiswa harus pintar juga dalam bersosialisasi dengan lingkungan.
  • Moral Force – diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang sudah ada. Jika di lingkungan sekitarnya terjadi hal-hal yang tak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah serta meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.

Itulah definis atau pengertian mahasiswa secara lengkap (lumayan lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam menambah wawasan kita…

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Kenali Pengertian Mahasiswa Dan Menurut Para Ahli"

Pengertian Perusahaan Manufaktur Dan Contohnya Terlengkap
Ringkasan tentang definisi atau pengertian perusahaan manufaktur
Pengertian Karyawan Dan Jenisnya Secara Umum
Berikut definisi atau pengertian karyawan dan jenisnya
Pengertian Investasi Dan Tujuannya Dilengkapi Jenisnya Umum
Berikut ini secara umum definisi atau pengertian
Pengertian Poster Dan Jenisnya Serta Tujuannya
Definisi atau pengertian poster dan jenisnya serta