Inilah Pengertian Spanduk Dan Baliho Lengkap

Posted on

Inilah definisi atau pengertian spanduk dan baliho secara lebih lengkap – Pernahkah kamu melihat tulisan yang membentang menggunakan kain atau sejenisnya, tulisan yang tertera biasanay mempromosikan ataupun mengingatkan sesuatu, itulah sepanduk, untuk mengetahuinya berikut penjelasannya.

A. Apa Pengertian spanduk?

Spanduk adalah suatu kain rentang yang isinya propaganda, slogan ataupun berita yang perlu diketahui oleh umum. Atau spanduk yaitu kain membentang yang biasanya berada di tepi jalan yang berisi text, berwarna serta bergambar. Spanduk sebagai suatu media informasi, bisanya dibuat dengan menggunakan cat, sablon (screen printing) atau dengan cara cat mesin.

Spanduk pada jaman sekarang ini sebagai media promosi yang cukup populer, karena harganya yang cukup murah serta proses pengerjaanya yang sangat cepat. Jaman Sekarang ini Sudah banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang periklanan serta memiliki mesin Digital Print Sendiri untuk membuatnya.

Spanduk sangat dibutuhkan khususnya dalam promosi baik itu untuk memperkenalkan ataupun mempuat masyarakat umum untuk mengetahui suatu perusahaan atau produk, melalui spanduk juga kamu dapat menampilkan gambar sekaligus informasi yang menunjang minat pembeli atau konsumen.

B. Fungsi Spanduk, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Bukan hanya sekedar untuk dipandang saja, spanduk dapat mempengaruhi citra produk suatu perusahaan.
  • Menimbulkan kepercayaan orang banyak, khususnya konsumen terhadap suatu produk ataupun bisnis kamu.
  • Selalu mengingatkan masyarakat umum pada produk atau perusahaan kamu.
  • Menimbulkan atau membangun loyalitas masyarakat umum atau konsumen terhadap bisnis kamu.

C. Berikut ini Contoh Gambar Spanduk

Perhatikan dua contoh spanduk di bawah ini:

Spanduk yang memperingati hari anak nasional, biasanya di pasang di daerah yang ramai dilalui banyak orang.

Contoh Spanduk 1

Spanduk yang mempromosikan pelatihan robotic, umumnya di pasang di daerah yang dekat dengan sekolah atau kampus.

Contoh Spanduk 2

D. Apa itu Baliho?

Pengertian Baliho adalah sarana ataupun media yang digunakan untuk promosi, mempunyai unsur memberitakan informasi event ataupun kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat umum, selain itu baliho juga dipakai untuk meniklankan suatu produk baru. Seiring dikenalnya baliho merupakan hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi khususnya mesin cetak digital yang semakin kesini, semakin canggih. Selain baliho terkadang masyarakat memberikan informasinya bisa melalui pamflet, brosure, Bulletin, Majalah dan masih banyak lagi yang lainnya.

E. Fungsi dan manfaat baliho, antara lain:

  • Menyampaikan materi iklan.
  • Sebagai media promosi yang mudah untuk dilakukan sebab biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
  • Dapat dilakukan secara instant atau promosi kontemporer.
  • Untuk menaikan penjualan atau market.
  • Dan untuk menaikan pamor atau popularitas si pengiklan.

Akhir kata…Mungkin itulah secara singkat mengenai pengertian spanduk dan baliho, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu.