Inilah Pengertian Newsgroup Dan Fungsinya Lengkap

Inilah definisi atau pengertian newsgroup dan fungsinya yang di ulas secara lebih jelas dan lengkap, dapat kamu baca dan pahami di artikel ini.

A. Penjelasan Tentang Newsgroup

Pengertian Newsgroup adalah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai istilah ini untuk diskusi kelompok.

Atau definisi dari newsgroup yang lain adalah suatu aplikasi di internet yang dipakai untuk saling berkomunikasi satu sama lain di dalam sebuah forum.  Biasanya, anggota newsgroup memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama untuk membahas tema atau topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap juga sebagai bulletin board, yang dimana setiap orang bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung di dalam kelompok tersebut.

pengertian newsgroup
sumber: pixabay.com

B. Hirarki atau Kategori Pengelompokan Newsgroup

Hirarki yang paling dikenal yaitu:

  • comp.* = Diskusi dengan topik yang ada berhubungan dengan komputer.
  • news.* = Diskusi yang digunakan seputar usenet.
  • sci.* = Diskusi yang berkaitan dengan topik ilmiah.
  • rec.* = Diskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi (misalnya seperti game dan hobi)
  • soc.* = Diskusi tentang topik sosial.
  • talk.* = Diskusi mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan misalnya seperti polotik.
  • misc.* = Diskusi untuk topik yang beragam, yang tidak termasuk kedalam hirarki diatas.
  • humanities.* = Digunakan untuk diskusi dengan topik yang berkitan dengan filsafat, literatur, dan sebagainya.

Di dalam newsgroup berita ini akan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori (hirarki). Tujuan dari pengaturan pengelompokan ini yaitu untuk mempermudah pengaturan serta untuk mempermudah penyimpanan berita. Terdapat banyak hirarki yang ada. Tapi yang paling umumnya ada 8 (delapan) hirarki, atau yang dikenal dengan sebutan sebagai The Big 8.

Selain The Big 8 masih terdapat banyak hirarki di newsgroup, yang mulai bermunculan. Tapi penggunaan hirarki lain memang tak sebesar The Big 8. Hirarki yang lain tersebut diantaranya seperti de.* (Newsgroup Jerman), uk.* (Newsgroup United Kingdom), fr.* (Newsgroup Perancis), cn.* (Newsgroup China) dan sebagainya.

C. Cara Kerja Newsgroup

Memang agak mirip dengan forum diskusi, tetapi pemakaianya ditujukan khusus untuk para anggotanya saja atau para pelanggannya. Sebuah instansi ataupun perusahaan biasanya akan memiliki sebuah server tersendiri yang dikhususkan untuk menampung newsgroup mereka. Dapat juga menyewa sebuah newsgroup yang dimiliki oleh instansi atau perusahaan lain, lalu ada juga perusahaan atau instansi yang juga menyewakan newsgroup mereka kepada pengguna yang lain.

D. Fungsi Newsgroup

Yaitu untuk membantu mengelompokkan berita-berita, yang sangat berguna bagi kelompok berita tertentu. Mereka bisa saling berbagi pesan maupun berita dalam newsgroup. Sehingga berita maupun pesan ini dapat diakses oleh anggota ataupun penggunanya dalam satu server tersebut dengan sangat mudah.

E. Sejarah Newsgroup

Sejarah newsgroup, khususnya mengenai pengelompokan atau hirarki bermula saat awal penggunaan newsgroup ini seluruh berita masuk ke dalam sebuah hirarki yang dinamakan “net.*” yang isinya berbagai macam jenis berita. Lalu kemudian sekitar pada tahun 1986 – 1987 terjadilah sebuah penamaan/pengelompokan secara detail untuk memudahkan dalam memilah jenis berita. Dalam pengelompokan ini menciptakan 7 (tujuh) hirarki yang diberinama “The Big 7” (diantaranya: comp.* news.*,  sci.*,  soc.*,  rec.*,  talk. *, dan misc.*).

The Big 7 ini dijalankan oleh sebuah kelompok ataupun komunitas yang diberi bernama “Usenet”. Lalu dalam perkembangannya ada berbagai topik semacam resep, obat-obatan dan juga seks yang ternyata tidak diperbolehkan masukkan kedalam kelompok The Big 7. Maka sebagai jalan pemecahan masalahnya dibuatlah sebuah hirarki baru yang diberi nama “alt.*”.

Dan pada tahun 1995 dibuatlah sebuah hirarki/pengelompokan baru yang di beri nama “humanities.*” yang berisi berita ataupun bahasan mengenai literatur, humaniora, filsafat dan lain-lain. Dan seiring perkembangannya “humanities.*” semakin populer serta banyak digunakan. Lalu pada akhirnya “humanities.*” masuk dalam hirarki The Big 7, lalu disebut dengan “The big 8”.

Akhir kata, Itulah di atas mengenai definisi atau pengertian newsgroup, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu. Jika ada kesalahan mohon maaf…

Bagikan Ke: