Definisi Atau Pengertian Homepage Dan Fungsinya

Definisi atau pengertian homepage dan fungsinya – Pastinya kita sudah mengetahui istilah ini, apa lagi jika yang sering mengakses web di internet. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama-sama secara lebih jelas mengenai apa itu sebenarnya homepage.

A. Penjelasan Homepage

Pengertian homepage adalah halaman muka dari seuatu situs web (web site), atau lokasi dari situs web di mana dokumen web dapat diakses. Definisi yang lainnya yaitu halaman default yang telah diset untuk sebuah browser, dimana halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web (WWW).

Biasanya digunakan orang untuk mempromosikan berbagai informasi, jasa, produk, dan yang lainnya. Atau lebih singkatnya homepage ialah halaman utama atau bagian depan dari web yang berisi daftar isi ataupun menu-menu dari situs Web tersebut.

pengertian homepage
sumber: pixabay.com

Ketika kita mengakses homepage dari suatu situs website, kita dapat memilih ke halaman mana yang akan kita dituju. Biasanya halaman ini merupakan halaman website pada domain utama dan terdapat informasi selanjutnya pada sub- domain yang telah dibuat lebih spesifik untuk mengorganisir kontent website supaya lebih mudah ditemukan dan dilihat oleh si pengunjung web. Baca Juga: Pengertian Website dan Jenisnya.

Akan tetapi ada beberapa website yang dibuat dengan menggunakan Content Management System (CMS) hampir setiap halamannya sama dengan homepage, sebab pada setiap halaman sudah terdapat tombol navigasi khusus untuk mengantarkan kita ke halaman yang ingin di akses/tuju.

B. Apa Fungsi HomePage Website?

Fungsi homepage (halaman utama atau awal) selain bisa menampilkan serta mengakses halaman awal dari suatu situs, dapat juga menampilkan pada topik fitur, sebab merupakan bagian dari fitur yang terdapat pada situs tertentu tergantung dari settingan pemilik atau adminnya. Dan sebagai halaman utama dari suatu situs web.

Akhir kata, Itulah penjelasan mengenai pengertian homepage (halaman utama website atau aplikasi), terimakasih telah membaca dan berkunjung semoga artikel kali ini bermanfaat untuk menambah wawasan kamu dan jika ditemukan kesalahan mohon maaf…

Bagikan Ke: