Pengertian VGA Card Komputer Dan Jenisnya

Pengertian VGA card komputer dan jenisnya – VGA card adalah atau sering disebut juga dengan kartu VGA, berasal dari singkatan “Video Graphics Accelerator” berfungsinya mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer. VGA juga mempunyai prossesor yang di sebut dengan GPU “Graphics Processing Unit” dan juga membutuhkan memori.

A. Fungsi VGA Card

Kartu VGA berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis ataupun bermain permainan video game dan lain-lain, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

Fungsi lain VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah untuk menerjemahkan ataupun mengubah sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA card juga memiliki fungsi menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk bermain video game, membuat design graphic dan sebagainya.

B. Jenis-Jenis VGA Pada Komputer 

Setelah memahami pengertian VGA card dan fungsinya, berikut ini jenisnya yang sering ditemukan:

1. ISA

VGA card ISA adalah suatu jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator), yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit.

pengertian vga card
sumbr gambar: commons.wikimedia.org

2. EISA

VGA card EISA adalah jenis dari kartu Video Graphics Accelerator, yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O.

3. PCI

VGA card PCI adalah jenis dari kartu VGA (Video Graphics Accelerator) yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit ataupun 64-bit sistem I/O.

4. AGP

VGA card AGP adalah jenis VGA card yang dapat dipasangkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit dan 256-bit sistem I/O.

5. PCIe

VGA card PCI Express (PCIe) adalah jenis VGA card yang dapat dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya dengan kecepatan transfernya mencapai hingga 32 GByte/s.

C. Bentuk VGA Card

Kartu VGA terbagi menjadi 2 (dua) jenis menurut bentuknya, yaitu VGA card on board dan VGA card add-on. Kartu VGA on board dapat kamu jumpai di semua motherboard/mainboard pada saat kamu membeli komputer atau laptop sebab sudah menjadi satu paket. VGA ini dapat kamu gunakan untuk menampilkan output pada layar monitor dengan sangat baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, kita tidak memerlukan kartu VGA add-on. Jika kamu merasa Kartu VGA on-board kurang maksimal atau kurang canggih, kamu bisa menambahkan VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi kamu para desainer grafis, pemain game 3D, editor film, dll.

Maka dari itu, keberadaan VGA card add-on adalah sesuai dengan kebutuhan kamu. Ketika terlihat nyata bahwa VGA on board kamu tidak mampu melakukan apa yang menjadi kebutuhan kamu, maka VGA card add-on dapat ditambahkan. Tetapi ini hanya berlaku pada PC (Personal Computer) saja sebab untuk perangkat lainnya seperti laptop tidak tersedia slot untuk penambahan kartu VGA card add-on. Apalagi kartu VGA add-on juga membuat kebutuhan daya listrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya bisa dipenuhi oleh PC saja.

Baca Juga: Pengertian RAM Dan Fungsinya.

Baca Juga: Pengertian Motherboard Dan Fungsi Komponennya.

D. Kelemahan dan Juga Kelebihan Masing-Masing VGA card

VGA card on-board memiliki kelebihan yaitu sudah menjadi satu paket dengan mainboard/motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer kamu ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board dapat dikatakan gratis. Setiap kamu membeli mainboard, pasti sudah terpasang kartu VGA on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk kamu yang memiliki budget/dana yang terbatas dalam membeli komputer. Sementara kekurangannya dari VGA card on-board adalah tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop kamu yang dikenal dengan RAM (Random Access Memory) untuk digunakan oleh VGA. Kalau RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi melambat.

Sedangkan untuk VGA card add-on yaitu kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan juga tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU (Central Prosesing Unit). Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan juga komputer kamu akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Sedangkan kelemahannya yaitu harganya agak mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard/mainboard ditambah dengan prosesor serta RAM. Selain itu, kelemahan lainnya yaitu membuat komputer kamu membutuhkan tenaga listrik agak lebih besar dari biasanya. Jika kamu memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja PC/komputer tak akan normal, sehingga kamu diharuskan mengganti power supply dengan yang agak lebih tinggi dan tentunya ini harganya tidak murah atau mahal.

Itulah artikel mengenai pengertian VGA card atau kartu VGA pada komputer, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat.

Bagikan Ke: