Pengertian Internet dan Intranet Lengkap dengan Fungsinya

Membahas tentang pengertian internet dan intranet dilengkapi dengan fungsinya serta beberapa perbedaannya. Di jaman serba modern ini kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, di internet kita bisa mengetahui perkembangan berbagai macam informasi, baik informasi domestik maupun manca negara. Mari kita belajar bersama-sama mengenai definisi Internet dan pengertian Intranet.

Pengertian Internet

Internet adalah merupakan kependekan dari “interconnected networking” yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling tersambung atau terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, sehingga membentuk sebuah jaringan komputer yang luas di seluruh dunia, sehingga jaringan komputer tersebut dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, saling bertukar informasi ataupun saling tukar-menukar data.

Adapun Definisi Internet (interconnection-networking) adalah merupakan suatu jaringan komputer yang besar, saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna komputer yang ada di diseluruh dunia, lewat jaringan telepon, satelit ataupun bisa juga dengan sistem-sistem komunikasi yang lainnya.

pengertian internet dan intranet
pixabay.com

Internet terbentuk oleh jutaan komputer yang saling terhubung bersama dari seluruh dunia, yang memberi jalan bagi berbagai macam informasi (seperti: gambar, audio, video, teks dan sebagainya) untuk dapat saling mengirim dan dinikmati bersama-sama. Dapat disimpulkan Fungsi Internet adalah merupakan suatu media komunikasi dan juga media informasi yang berguna untuk tukar menukar data ataupun informasi.

Pengertian Intranet

Intranet adalah jaringan komputer yang saling berhubungan atau tersambung yang digunakan oleh suatu sistem organisasi maupun lembaga. Atau Definisi Intranet yang lain adalah Intranet merupakan suatu jaringan komputer yang berbasis protokol TCP/IP, layaknya jaringan internet hanya saja penggunaannya yang dibatasi atau lebih tertutup jadi tidak semua pengguna atau orang dapat secara mudah mengakses jaringan intranet serta hanya orang atau pengguna tertentu saja yang dapat masuk dan menggunakan jaringan intranet.

Dapat disimpulkan Fungsi Intranet adalah berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi memiliki layanannya yang terbatas, tak seluas dan seberagam di jaringan internet.

BACA: Pengertian Online dan Offline

Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet, bisanya terdapat pada sistem jaringannya.

Jaringan internet

  • Sifat yang terbuka, yang artinya dapat di akses oleh siapa saja asalkan dapat terhubung dengan jaringan internet.
  • Jangkauan yang luas dan tak terbatas, yang artinya dimana si pengguna dapat menjangkau seluruh belahan dunia tanpa batasan.

BACA: Pengertian Web Browser dan Contohnya

Jaringan intranet

  • Sifatnya tak terbuka, artinya dimana hanya dapat diakses oleh orang-orang atau pengguna yang memiliki akses terhadap jaringan intranet.
  • Jangkauan yang luas tapi terbatas, artinya dimana hanya menjangkau pada area-area yang di perlukan untuk jaringan intranet saja.

Terimakasih banyak telah membaca postingan artikel mengenai pengertian internet dan intranet, dan semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu…

Bagikan Ke: