Mengenal Definisi Atau Pengertian Ilmu Pengetahuan

Pengertian ilmu pengetahuan dan syarat-syarat ilmu – Ilmu pengetahuan adalah semua usaha sadar untuk menemukan, menyelidiki dan juga meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai macam segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi tersebut dibatasi supaya dapat dihasilkan berbagai macam rumusan yang pasti. Ilmu memberikan suatu kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, serta kepastian ilmu didapat dari keterbatasannya.

Ilmu bukan hanya sekadar pengetahuan (knowledge), tapi ilmu juga merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan berbagai macam teori yang disepakati serta dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang telah diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang berdasarkan dari sudut filsafat, ilmu terbentuk sebab manusia berusaha terus berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang ia miliki, seperti contohnya:

Ilmu Alam hanya dapat menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal-hal yang di bahani (materiil). Ilmu alam menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai berapa jarak matahari, berapa jarakbumi dengan pelanet-planet lain di luar angkasa.

Lalu Ilmu psikologi hanya dapat meramalkan perilaku-prilaku manusia jika lingkup pandangannya dibatasi ke dalam segi umum dari berbagai perilaku manusia yang konkret. Seperti Ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemuda cocok menjadi seorang perawat.

Syarat-Syarat Ilmu

Berbeda dengan pengetahuan, ilmu merupakan suatu pengetahuan khusus tentang apa penyebab sesuatu dan juga mengapa. Ada persyaratan-persyaratan ilmiah sesuatu dapat disebut sebagai ilmu. Sifat ilmiah itu sebagai persyaratan ilmu, banyak terpengaruh oleh paradigma berbagai ilmu-ilmu alam yang telah ada terlebih dahulu.

pengertian ilmu pengetahuan

Apakah itu ilmu pengetahuan?

  • Objektif.  Ilmu harus mempunyai objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya maupun dari dalam. Objeknya dapat bersifat ada, ataupun mungkin ada sebab masih harus diuji keberadaannya. Dalam mengkaji suatu objek, yang dicari yaitu kebenaran, yakni persesuaian antara tau dengan objek, sehingga disebut dengan kebenaran objektif, bukan subjektif berdasarkan subjek-subjek peneliti ataupun subjek penunjang penelitian.
  • Metodis adalah berbagai upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari suatu kebenaran. Konsekuensinya, harus ada cara-cara tertentu untuk menjamin kepastian kebenarannya
  • Sistematis adalah dalam perjalanannya untuk mencoba mengetahui serta menjelaskan suatu objek tertentu, ilmu harus terurai dan juga terumuskan dalam hubungan yang teratur serta logis sehingga dapat membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu, dan juga mampu menjelaskan rangkaian sebab maupun akibat menyangkut objeknya tersebut. Pengetahuan yang tersusun secara sistematis dalam rangkaian sebab dan akibat adalah syarat ilmu yang 3 (ketiga).
  • Universal dalah kebenaran yang hendakingin dicapai yaitu kebenaran universal (umum dan menyeluruh) tidakbersifat tertentu.

Itulah mengenai pengertian ilmu pengetahuan, semoga dapat bermanfaat untukkamu dalam menambah wawasan.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Mengenal Definisi Atau Pengertian Ilmu Pengetahuan"

Pengertian Habitat, Jenis, dan Contoh Habitat di Sekitar Kita
Berikut ini pengertian habitat, macamnya, dan contohnya
Pengertian Pencemaran Air, Sumber, Komponen, Dampak dan Cara Menanggulanginya
Ketahuilah pengertian pencemaran air, sumber, komponen, dampak
Pengertian Danau, Jenisnya, dan Manfaatnya Untuk Kehidupan
Berikut ini pengertian danau, jenisnya, dan manfaatnya