Definisi atau Pengertian Komunikasi Data Lengkap

Memahami tantang definisi atau pengertian komunikasi data  yang dilengkapi fungsi, komponen, media transmisi, hingga bentuk-bentuk komunikasi data pada sistem jaringan.

Apa Definisi Komunikasi Data?

Pengertian Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi misalnya seperti kabel. Agar bisa terjadinya komunikasi data maka perangkat harus saling berkomunikasi atau terhubung menjadi sebuah bagian dari sistem komunikasi, yang terdiri atas kombinasi dari Hardware (peralatan fisik) dan perangkat Software (program).

Efektivitas sistem komunikasi data tergantung pada empat karakteristik yang mendasar, yaitu pengiriman, akurasi, ketepatan waktu dan juga jitter. Jitter sering diartikan sebagai variasi waktu datangnya paket data. Bisa juga arti komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua alat atau lebih yang terhubung kedalam sebuah network (jaringan) melalui suatu media. BACA: Pengertian Data dan Menurut Para Ahli

pengertian komunikasi data
pxhere.com

Karakteristik Komunikasi data

Adapun karakteristik dasar komunikasi data, diantaranya sebagaimana di bawah ini:

1. Pengiriman

Sistem harus mengirimkan data ke alamat tujuannya, lalu data harus diterima oleh perangkat yang dituju atau pemakainya, dan juga hanya diterima oleh perangkat tersebut.

2. Akurasi

Sistem harus mengirim dan memberikan data yang akurat. Data yang telah diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber, data yang tak di koreksi tentunya tidak dapat digunakan.

3. Ketepatan Waktu

Sistem harus mengirimkan data di waktu yang tepat, jika terlambat mengirim data maka bisa saja data tersbut tidak berguna. Ketepatan waktu juag bisa dipengaruhi oleh keadaan atau kualitas jaringan.

4. Jitter

Jitter merupakan istilah yang mengacu kepada variasi waktu kedatangan paket data. Misalnya siasumsikan paket data yang dikirim berbentuk satu paket dan dikirimkan di waktu bersamaan, tapi kedatangan paket data tersbut pada si penerima datang secara tidak bersamaan.

Komponen Komunikasi Data

Sebuah sistem komunikasi data memiliki lima komponen, bisa di baca di bawah ini:

  • Pengirim: perangkat yang mengirimkan data
  • Penerima: perangkat yang menerima data.
  • Data: berupa informasi atau data yang akan di kirimkan ke perangkat lain.
  • Media pengiriman dan penerima: media  yang dapat digunakan untuk mengirimkan data, misalnya seperti komputer dan gadget.
  • Protokol: berbagai aturan yang berguna untuk menyesuaikan hubungan antar perangkat pada jaringan.

Tujuan dan Fungsi Komunikasi Data

  • Efisiensi pengiriman data baik dalam jumlah yang kecil maupun yang besar, dengan resiko kesalahan kecil dan lebih ekonomis.
  • Memungkinkan si penggunaan sistem komputer dan peralatan dapat pendukungnya dari jauh (sistem remote computer).
  • Mendukung manajemen dalam hal-hal kontrol, hal ini memungkinkan si penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun bisa secara tersebar.
  • Mempermudh orang dalam menjalankan bisnis yang memiliki lokasi berlainan dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
  • Pengelolaan data dan juga pengaturan data terdapat dalam berbagai macam sistem komputer bisa diakses.
  • Mendapat data secara langsung dari sumbernya sehingga terpercaya.
  • Hemat waktu karena mengurangi waktu untuk pengolahan data.
  • Mempercepat penyebaran informasi ke berbagai tujuan.

Media Transmisi Komunikasi Data

1. Meida Transmisi Kabel

Media kabel sering disebut juga guided media, yaitu media yang mengendalikan gelombang dalam jalur fisik kepada si penerima data.  Contohnya kabel fiber optik, kabel UTP dan kabel coaxial. BACA: pengertian kabel UTP

2. Media Transmisi NirKabel

Media tanpa kabel atau nirkabel, sering disebut dengan unguided media atau wireless. Media tanpa kabel menyediakan alat untuk mentransmisikan gelombang. Seperti contohnya wifi, bluettooth, gelombang radio, dan lain-lain (propagation) di udara maupun di laut. BACA: Pengertian Wirelless dan Cara Kerjanya

Jenis Transmisi Data

Pada proses komunikasi data terjadi pada Transmitter dan Receiver. Pengertian Transmitter adalah suatu perangkat komunikasi yang menyalurkan informasi, sedangkan pengertian Receiver adalah suatu perangkat yang berfungsi menerima nformasi.

Adapun tiga jenis transmisi, ketiga jenis transmisi meliputi meliputi:

1. Simplex

Simplex adalah istilah untuk komunikasi satu arah, yang dimana hanya terdapat satu Transmitter dan satu Receiver saja. Pada simplex hanya terdapat satu pengirim dan satu penerima. Kalau yang satu sebagai pengirim, maka yang satunya lagi hanya menjadi penerima saja dan tak ada timbal balik.  Seperti contohnya siaran radio dan siaran TV.

2. Half Duplex

Half Duplex adalah transmisi yang dimana kedua stationnya sudah dapat mentransmisikan data baik menjadi transmitter maupun menjadi receiver. Pada transmisi ini hanya dapat mentransmisikan dengan cara bergantian misal statsiun 1 menjadi transmitter maka statsiun 2 menjadi reciver dan sebaliknya. Misal contohnya SMS, chatting sosial medi, walkie-talkie dan sebagainya.

3. Full Duplex

Full Duplex adalah suatu jenis transmisi dimana kedua statsiun sudah dapat ditransmisikan secara bersamaan. Dimana baik statsiun 1 dan statsiun 2 bisa menjadi transmitter dan receiver pada saat yang bersamaan. Sehingga data dapat di transmisikan kedua arah secara bersamaan, seperti contohnya pada saat bertelepon.

definisi komunikasi data
pxhere.com

Bentuk Komunikasi Data

1. Off-line Communication System

Offline Communication System adalah sistem pengiriman data dengan menggunakan alat telekomunikasi dari suatu lokasi menuju pusat pengolah data data yang sudah dikirimkan tak lagsung diproses CPU. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam sistem komunikasi offline misalnya:

a. Terminal

Suatu perangkat Input Output yang dipakai untuk mengirimkan dan menerima data dari jarak jauh dengan menggunakan alat telekomunikasi. Jenis alatnya bermacam-macam dan sebagian berupa alat berbentuk fisik misal server, hub, router.

b. Jalur komunikasi data

Jalur komunikasi data bisa diartikan sebagai fasilitas telekomunikasi yang bisa menghantarkan data misal seperti jalur teleon, jalur tegraf atau jalur jaringan komputer.

c. Device

Perangat disini bisa berupa komputer yang digunakan untuk mengirim dan menerima data atau perangkat lainnya seperti gadget dna modem.

2. On-line Communication System

Online Communication System adalah sistem komunikasi data yang dilakukan secara Online, atau dibutuhkan Internet untuk saling berkomunikasi. Data yang di dapatkan bisa langsung di olah oleh pusat. Ada juga bentuk Sistem komunikasi Online seperti :

a. Realtime system

Merupakan sistem pengolahan data yang memerlukan tingkat kecepatan yang tinggi. Sistem pengolahan berpusat pada CPu yang berkapasitas besar dan di dukung dengan software yang canggih. Pada Realtime system File akan di perbharui setiap saat dan terus-menerus.

b. Batch Processing System

Siste pengolahan data dengan menumpuk data terlebih dahulu lalu diatur pengelompokan data dalam kelompok yang disebut dengan Batch. Jadi sistem ini akan memproses data setelah tekumpul terlebih dahulu.

c. Time Sharing System

Time sharing system adalah suatu teknik pemakaian atau penggunaan online sistem, oleh beberapa pemakai dengan cara bergantian menurut waktu yang diperlkan.

d. Distributed Data Processing System

Bnetuk lain yang sering digunakan dari perkembangan sistem time sharing. Distributed Data Processing System bisa diartikan sebagai sistem komputer interaktif yang terpencar di berbagai tempat lalu dihubungkan dengan jalur jaringan teleomunikais dan setiap komputer bisa memproses data dan bisa berhubungan dengan komputer lain dalam satu jaringan.

Itulah artikel postingan mengenai pengertian komunikasi data yang di ulas secara lengkap jelas dan juga padat, terimakasih telah membaca artikel ini semoga dapat bermanfaat.

Bagikan Ke: