Artikel Pengertian Lingkungan Sosial Lengkap

Definisi Atau Pengertian Lingkungan Sosial dapat kamu baca pada materi ini. Pengertian lingkungan sosial adalah Interaksi antara masyarakat dengan lingkungannya, atau lingkungan yang terdiri dari mahluk sosial yaitu manusia.

Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang, dan terjadilah interaksi antara orang atau masyarakat dengan lingkungannya. Contohnya: Gotong royong, Melakukan program kali bersih atau membersihkan kali (sungai), Membersihkan solokan yang tersumbat oleh sampah, dan sebagainya.

Lingkungan sosial seseorang pertama di bentuk dalam lingkungan keluarga, Lalu lingkungan keluarganya merupakan media pertama yang berpengaruh terhadap perilaku seseorang khususnya anak-anak. Di dalam lingkungan keluarga kita di berikan berbagai pendidikan supaya seorang anak menjadi mandiri.

Tidak hanya menjadi mandiri saja akan tetapi kita juga bisa mengarahkan anak tersebut kepada keputusannya sendiri untuk mengembangkan kemampuan mental, sosial, emosional maupun fisik yang ia miliki. Sehingga dapat mengembangkan suatu kehidupan yang sehat dan juga produktif. Untuk suasana di dalam lingkungan keluarga kita harus menciptakan suasana kondusif yaitu suasana yang saling terbuka, saling menyayangi serta mempercayai satu sama lain. Lingkungan keluarga merupakan bekal untuk kita dalam melakukan sosialisasi di dalam lingkungan sosial yang cangkupannya luas, tidak hanya dalam suasana rumah saja, tetapi juga bisa kita menggunakan bekal itu dalam lingkungan sosial dalam hidup bermasyarakat.

pengertian lingkungan sosial

Ilustrasi lingkungan sosial

2 Macam atau jenis lingkungan sosial

Lingkungan sosial dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam diantaranya:

  • Yang pertama, Lingkungan Sosial Primer adalah lingkungan sosial yang dimana terdapat hubungan yang erat antara anggota satu dengan anggota yang lainnya, anggota satu saling kenal mengenal dengan baik dengan anggota lainnya.
  • Dan yang kedua, Lingkungan Sosial Sekunder adalah lingkungan sosial yang hubungan antara anggota satu dengan anggota yang lain agak longgar.

Inilah tujuan dibangunnya hubungan sosial

Tujuan dari di bangunnya hubungan sosial masyarakat antara lain untuk:

  • Membangun rasa senasib dan rasa sepenanggungan di antara mereka, khususnya masyarakat Indonesia yang mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan.
  • Supaya tertanam rasa toleransi di antara mereka (manusia), seorang hanya memiliki arti bagaimana dia menjadi bagian dalam kelompok.
  • Supaya timbulnya kesadaran bahwa di antara mereka terdapat saling ketergantungan satu sama lain, yang berkaitan dengan kepedulian sosial.
  • Salah satu keberartian seseorang terdapatnya nilai-nilai demokrasi yang tumbuh dan dimiliki sebagai sikap menghargai perasan serta pendapat sesama yang pada gilirannya menciptakan suatu kesatuan sosial.

Itulah materi atau artikel mengenai pengertian lingkungan sosial, semoga dapat bermanfaat untuk kamu dalam menambah ilmu pengetahuan…

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Artikel Pengertian Lingkungan Sosial Lengkap"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang