Pengertian Server Dan Client Lengkap

Posted on

Pengertian server dan client – apakah itu server? dan apakah itu client? mungkin sudah banyak orang yang mengetahui apa arti dari istilah ini, khususnya mereka yang telah mengenal dunia IT. Tapi jika kamu belum mengetahui arti dari istilah server dan client dapat kamu baca dan pahami di artikel ini.

A. Apa Pengertian Server?

Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan berbagai macam jenis-jenis layanan tertentu yang di tujukan untuk client dalam suatu sistem jaringan komputer.  Server dilengkapi oleh sistem operasi (OS) yang khusus untuk mengontrol ataupun memonitor akses dan juga sumber daya yang terdapat di dalamnya. Lalu selain itu server didukung oleh prosesor yang bersifat scalable serta RAM yang berkapasitas besar, dan dilengkapi oleh sistem operasi yang khusus, disebut sebagai sistem operasi jaringan komputer.

Server juga menjalankan perangkat-perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan komputer dan sumber daya yang ada di dalamnya, seperti misalnya berkas ataupun pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota-anggota jaringan komputer.

pengertian server client
sumber gambar: pixabay.com

B. Manfaat Server

  • Sebagai pusat penyimpanan data bersama.
  • Memberikan pelayanan permintaan data dari client.
  • Mengatur lalu lintas data pada jaringan komputer.
  • Data yang tersimpan dapat diakses bersama-sama dengan FTP.
  • Mengatur hak akses siapa saja yang bisa ngeangkases data yang tersimpan pada server.
  • Dapat menyediakan tempat bagi database/basis data.

C. Apa Pengertian Client?

Client adalah komputer yang terdapat dalam jaringan komputer, yang menggunakan berbagai macam sumber daya yang telah disediakan oleh server. Bisa juga definisi client adalah Pemakai layanan server. Pada prinsipnya client dan server merupakan suatu sistem yang merupakan aplikasi pada jaringan komputer yang saling terhubung atau berhubungan.

 

D. Paradigma Client dan Server

  • Client: Mengawali hubungan dengan server, lalu biasanya meminta layanan dari server. Untuk Web, client di implementasikan dalam bentuk browser: untuk e-mail (electronic mail), dalam bentuk mail reader.
  • Server: Menyediakan berbagai macam layanan yang diminta oleh client. Missalnya : Web server mengirimkan sebuah halaman Web, mail server mengirimkan e-mail.

Mungkin itulah di atas pengertian server dan client, meskipun artikel ini sangat singkat tapi semoga bermanfaat banyak.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.