Pengertian Perencanaan (Planning) Secara Lengkap

Posted on

Berikut ini Pengertian perencanaan (planning) dan jenisnya secara umum – Mari kita pelajari bersama-sama mengenai definisi perencanaan dalam sebuah manajemen maunpun organisasi, berikut ini pembahasannya.

A. Apa Pengertian Perencanaan?

Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses-peroses yang penting dari semua fungsi manajemen sebab tanpa perencanaan  (planning) fungsi pengorganisasian, pengontrolan maupun pengarahan tidak akan dapat berjalan.

Rencana (plan) dapat berupa rencana informal ataupun rencana formal. Rencana informal adalah rencana-rencana yang tak tertulis dan bukan merupakan dari tujuan bersama anggota organisasi. Sedangkan definisi dari rencana formal adalah rencana yang tertulis yang harus dilaksanakan oleh organisasi dalam jangka waktu tertentu.

pengertian perencanaan
sumber: pixabay.com

Rencana formal adalah rencana bersama anggota-anggota korporasi, artinya setiap anggota harus mengetahui serta menjalankan rencana tersebut. Rencana formal dibuat sbagai untuk mengurangi ambiguitas & menciptakan kesepahaman mengenai apa yang harus dilakukan.

B. Macam-Macam Planning atau Perencanaan

Setelah memahami pengertian perencanaan/rencana, maka dapat disimpulkan bahwarencana itu merupakan pusat atau inti dari kegiatan manajemen dan perencanaan memiliki banyak macamnya, diantaranya:

1. Berdasarkan Jangka Waktu

Perencanaan jika dilihat berdasarkan jangka waktu berlakunya rencana, bisa di baca di bawah ini:

  • Rencana Jangka Panjang (long term planning) adalah perencanaan yang berlaku antara 10 s/d 25 tahunan.
  • Rencana Jangka Menengah (medium range planning) adalah perencanaan yang berlaku di antara 5 s/d 7 tahunan.
  • Rencana Jangka Pendek (short range planning) adalah perencanaan umumnya berlakunya hanya untuk sekitar 1 tahun.

2. Berdasarkan Tingkatan

Perencanaan jika dilihat dari tingkatannya, bisa di baca di bawah ini:

  • Rencana Induk (masterplan) adalah sebuah perencanaan yang menitik beratkan uraian-uraian korporasikebijakan sebuah organisasi. Rencana tersebut memiliki tujuan-tujuan jangka panjang dan mempunyai ruang lingkup yang sangat luas.
  • Rencana Operasional (operational planning) adalah sebuah perencanaan yang lebih menitik beratkan kepada pedoman ataupun petunjuk dalam melaksanakan program-program.
  • Rencana Harian (day to day planning) adalah perencanaan harian yang sifatnya rutin.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Strategi.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional.

3. Berdasarkan Ruang Lingkup

Perencanaan jika di tinjau berdasarkan dari ruang lingkupnya, bisa di baca di bawah ini:

  • Rencana Strategis (strategic planning) adalah perencanaan yang berisikan uraian tentang kebijakan tujuan jangka panjang dan waktu pelaksanaan yang lama. Model perencanaan ini sangat sulit untuk diubah.
  • Rencana Taktis (tatical planning) adalah rencana yang berisi uraian-uraian yang sifatnya jangka pendek, mudah menyesuaikan kegiatannya, asalkan tujuannya tak berubah.
  • Rencana menyeluruh (comprehensive planning) adalah rencana yang memiliki uraian-uraian secara menyeluruh serta lengkap.
  • Rencana Terintegrasi (integrated planning) adalah rencana yang memiliki uraian-uraian menyeluruh yang sifatnya terpadu.

Akhir kata, Itulah secara singkat penjelasan pengertian planning (perencanaan). Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan diatas mohon maaf, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.