Pengertian Media Massa dan Menurut Para Ahli: Jenis, Karakteristik, dan Fungsinya

Posted on

Pengertian media massa dan menurut para ahli – Jaman sekarang ini kita sering menggunakan jasa media massa untuk mengetahui berbagai macam informasi yang terbaru, tapi apakah itu media masa? pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari mengenai definisi media masa dan menurut para ahli. Serta lengkap dengan jenis, karakteristik dan fungsi media massa.

A. Penjelasan Media Massa Secara Umum

Pengertian Media massa adalah (Bhs Inggris: Mass Media) singkatan yang berasal dari Media Komunikasi Massa, dalam bahasa Inggris Mass Communication Media, yang berarti suatu sarana penyampaian pesan-pesan, aspirasi masyarakat, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ataupun pesan kepada masyarakat luas secara langsung.

B. Beberapa Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli

Menurut (Cangara, 2002) – Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV.

pengertian media massa
gambar: pixabay.com

Sedangkan menurut (Rakhmat, 2001) – Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.

C. Jenis-Jenis Media Massa

1. Media Cetak

Media yang memuat beragam informasi dalam bentuk kertas dan dicetak lalu di sebar luaskan, misalnya seperti: Majalah, Koran, Surat Kabar dan lain-lain.

2. Media Elektronik

Media massa yang menggunakan peralatan elektronik untuk menyampaikan kabar beritanya, Misalnya seperti: Radio, TV, Film atau Video, dan lain-lain

3. Media Siber

Dalam menampaikan kabar beritanya media ini menggunakan perangkat media sosial atau jaringan internet, misalnya seperti: Media Sosial, Website, Portal Berita, Blog, dan lain-lain.

Setiap jenis media massa memiliki sifat-sifat khasnya tersendiri, oleh sebab itu penggunaannya juga harus diperhitungkan sesuai kemampuan dan  sifatnya.

D. Karakteristik Media Massa

Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki media massa secara umum, antara lain:

  • Publisitas yaitu yang disebarluaskan kepada masyarakat atau publik.
  • Universalitas yaitu pesannya yang bersifat umum, mengenai segala aspek kehidupan serta semua peristiwa di berbagai tempat, maupun menyangkut mengenai kepentingan umum sebab sasarannya masyarakat umum.
  • Kontinuitas yaitu berkesinambungan sesuai dengan priode mengudara ataupun jadwal terbitnya.
  • Aktualitas yaitu yang berisi hal-hal baru. Aktualitas dapat diartikan kecepatan penyampaian informasi kepada masyarakat umum.
  • Periodisitas yaitu tetap atau berkala. Seperti misalnya harian, mingguan, ataupun siaran sekian beberapa jam per harinya.
media massa menurut ahli
gambar: pixabay.com

E. Jenis-jenis Media Massa Berdasarkan Teknologi Penyampaiannya

Jika ditinjau berdasarkan perkembangan teknologi di bidang penyampaian informasi melalui media massa, dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis diantaranya:

1. Media massa modern

Media massa modern adalah yang dimaksud dengan media massa modern yaitu media massa yang menggunakan teknologi modern, misalnya seperti media massa cetak serta media massa elektronik. Pengertian media massa cetak adalah media massa yang dalam  menyampaikan suatu informasinya terlebih dulu harus dicetak menggunakan alat cetak. Contohnya seperti Koran , tabloid dll. Sedangkan pengertian media massa elektronik adalah media massa yang dalam menyampaikan suatu informasinya menggunakan jasa listrik. Jika tanpa adanya sumber listrik media massa ini tak dapat berfungsi. Contohnya seperti tv, radio, dll.

2. Media massa tradisional

Media massa tradisional adalah media yang dipakai atau digunakan sebagai sarana penyampaian informasi pada jaman dulu. Contohnya sepeti misalnya seni tradisional, wayang, dll.

Baca Juga: Pengertian Berita dan Ciri-Ciri Berita yang Baik

Baca Juga: Pengertian Aktual adalah Istilah Berkaitan dengan Kebenaran Suatu Peristiwa

F. 4 Fungsi Media Massa

Beberapa fungsi media masa secara umum dibagi menjadi empat, antara lain:

1. Sebagai pemberi informasi

Sebagai Pemberi informasi kepada masyarakan umum, secara tepat waktu, dan kabar terupdate.

2. Sebagai pengambilan keputusan

Berperan dalam menghantarkan informasi untuk mengambil keputusan, misal mengambil keputusan bisnis.

3. Sebagai bahan untuk diskusi

Memperjelas permasalahan yang dihadapi serta menyampaikan pesan-pesan para banyak orang.

4. Sebagai pendidik

Sebagai pemberi pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai macam informasi, tentunya harus informasi yang berbobot dan bermanfaat.

Itulah diatas mengenai pengertian media massa dan menurut para ahli, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, cukup sekian dan terimakasih.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.