Pengertian Bank Sentral dan Bank Umum beserta Fungsinya

Posted on

Berikut ini pengertian bank sentral dan bank umum beserta fungsinya – Saat ini sering sekali kita menemukan bank dan menggunakan jasanya, baik itu untu mentransfer uang maupun menabung, pada dasarnya terdapat dua jenis bank yaitu bank sentral dan bank umum yang memiliki fungsi masing-masing. Lalu untuk memahaminya berikut kami berikan penjelasannya secara lengkap.

A. Pengertian Bank Sentral

Bank sentral adalah suatu badan keuangan miliki negara yang telah diberikan tanggung jawab untuk mengatur serta mengawasi berbagai macam kegiatan lembaga-lembaga keuangan & menjamin supaya berbagai kegiatan badan-badan keuangan tersebut akan menciptakan tingkat kegiatan ekonomi yang stabil.

B. Fungsi Bank Sentral

1. Mencetak dan mengedarkan Uang

Mencetak serta mengedarkan uang kertas maupun uang logam. Pemerintah memberikan kekuasaan pada bank sentral untuk mencetak uang, tugas ini dilakukan dalam rangka menjamin tersedianya uang kas yang cukup dan lalu lintas pembayaran yang efisien.

pengertian bank sentral
sumber gambar: www.idxchannel.com

2. Memelihara Cadangan Bank Umum

Hal ini mempunyai tujuan untuk mengatur volume uang yang beredar dan mempermudah proses pembayaran yaitu dengan sistem clearing.

3. Pemegang Kas Pemerintah

Sebagai pemegang kas & penasihat keuangan pemerintah – Bank sentral menyimpan uang milik pemerintah serta bank sentral membantu memperlancar berbagai macam kegiatan keuangan pemerintah dengan cara membantu dalam hal penerimaan dan juga pembayarannya.

Baca juga: Pengertian Tabungan Secara Ringkas.

C. Pengertian Bank Umum

Bank umum adalah suatu lembaga keuangan yang menerima deposito atau simpanan dari masyarakat atau depositor yang di bayarkan atas permintaan & memberikan kredit serta jasa dalam lalu lintas pembayaran maupun peredaran uang.Sedangkan menurut: UU No. 7 tahun 1992 tentang perbankan sebagaimana yang telah di ubah dengan UU No. 10 tahun 1998, bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Baca Juga: Pengertian Deposito dan Jenis Deposito.

B. Fungsi Bank Umum

1. Memberikan Jasa Pelayanan Pembayaran dan Penyimpanan Uang

Memberikan berbagai jasa untuk melancarkan ataupun mempermudah di dalam lalu lintas pembayaran uang. Selain itu bank umum juga memiliki berfungsi untuk memberikan fasilitas dalam hal-hal melancarkan & mempermudah di dalam lalu lintas pembayaran.

2. Memberikan Pinjaman Dana

Mengumpulkan anggaran dana yang sementara menganggur untuk dipinjamkan kepada pihak lain ataupun membeli surat-surat yang berharga. Bank umum selaku bank yang sifatnya komersial, akan berupaya untuk mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat yang sementara menganggur ataupun belum terpakai yang lalu kemudian dana itu dapat digunakan untuk memberikan pinjaman kredit kepada pihak lain yang memang membutuhkan.

Itulah di atas tadi secara singkat mengenai pengertian bank sentral dan bank umum, semoga dapat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan.