Pengertian Akuntansi Dan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian akuntansi dan menurut para ahli lengkap dapat anda baca dan pahami di artikel ini. Akuntansi adalah suatu proses meringkas, mencatat, mengolah, menklasifikasi & menyajikan data-data, transaksi maupun kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat dipakai oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan maupun tujuan yang lainnya.

Inilah beberapa pengertian akuntansi menurut para ahli, dapat anda baca di bawah ini:

  • Menurut Soemarso S.R – Akuntansi adalah Suatu Displin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan & penilaian jalannya perusahaan secara efesien.
  • Lalu menurut Charles T. Horngren & Walter T.Harrison – akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memroses data menjadi laporan, & mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
  • Sedangkan Menurut Warren dkk. – secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi & kondisi perusahaan.

Itulah beberapa penjelasan menurut para ahli.

Dan ini pengertian dari akuntansi: manajemen, biaya dan keuangan

Pengertian akuntansi manajemen adalah laporan keuangan yang disusun terutama dipakai untuk menghasilkan informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh pihak manajemen untuk perencanaan serta pengendalian kegiatan operasional maupun perhitungan biaya. Contohnya yaitu: Penerimaan per kegiatan pelayanan, Laporan piutang, laporan kas dan lain-lain.

pengertian akuntansi

Apakah itu akuntansi?

Pengertian akuntansi biaya adalah, suatu bidang akuntansi yang ditujukan bagi proses pencatatan, pelacakan, serta analisa terhadap barbagai macam biaya yang berkaitan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang ataupun jasa. Biaya dapat didefinisikan sebagai waktu maupun sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang. Pemakaian kata beban adalah ketika pada saat biaya sudah habis digunakan.

Pengertian akuntansi keuangan adalah akuntansi yang terutama menghasilkan informasi-informasi dalam bentuk laporan-laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak-pihak luar, seperti misalnya pajak, pemegang saham, dan sebagainya. Contoh laporan keuangan misalnya seperti: Neraca, Laporan laba rugi, Laporan perubahan modal, dan lain sebgainya.

Mungkin itulah artikel yang membahas mengenai pengertian akuntansi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang telah membacanya…

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Akuntansi Dan Menurut Para Ahli Lengkap"

Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum
Pengertian apresiasi seni, tahapan, fungsi, dan manfaatnya
Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya
Inilah pengertian seni patung dilengkapi dengan fungsi,
Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya