Pengertian Organisasi Dan Unsur-Unsurnya Lengkap

Posted on

Memahami pengertian organisasi dan unsur-unsur organisasi sehingga dapat terbentuk – Saat ini mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata Organisasi yang ada baik itu di lingkungan masyarakat maupun lingkungan pekerjaan. Tapi apakah kamu sudah mengetahui apa arti dari organisasi dan apa saja unsur-unsurnya? jika kamu belum mengetahuinya berikut dibawah ini yaitu definisi organisasi, dapat dibaca lalu pahami baik-baik supaya kamu dapat mengerti dan dapat membantu dalam menambah wawasan atau ilmu pengetahuan kamu.

pengertian organisasi
sumber gambar: pikrepo.com

A. Inilah Penjelasan Organisasi Secara Umum

Pengertian organisasi adalah perkumpulan atau kumpulan sekelompok orang untuk bekerjasama, terkendali dan juga terpimpin untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah organisasi biasanya memanfaatkan suatu sumber daya tertentu misalnya seperti lingkungan, cara atau sebuah metode, material, mesin, uang, dan beberapa sumber daya yang lainnya dalam mencapai tujuan organisasi tersebut.

Orang-orang yang telah terkumpul dalam sebuah organisasi sepakat untuk mencapai tujuan tertentu, dengan melalui sumber daya secara sistematis dan juga rasional yang terkendali serta adanya pemimpin organisasi yang akan memimpin operasional organisasi dengan secara terencana.

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia Dan Peranannya Pada Organisasi.

Baca Juga: Pengertian Struktur Organisasi Dan Fungsinya.

sumber gambar: blog.planview.com

B. Unsur-unsur organisasi

Organisasi akan terbentuk jika tedapat unsur sebagai berikut ini:

1. Manusia (HumanFaktor)

Artinya organisasi akan ada atau terbentuk, jika adanyaa unsur manusia yang saling bekerjasama, ada terdapat pemimpin dan juga ada yang dipimpin.Sasaran atau tujuan: artinya sebuah organisasi baru ada jika adanya tujuan yang ingin dicapai.

2. Pekerjaan

Merupakan unsur-unsur organisasi yang menunjukkan bahwa sebuah organisasi baru ada jika terdapat pekerjaan yang akan dikerjakan serta adanya pembagian pekerjaan tersebut.

3. Teknologi

Artinya organisasi itu baru ada kalau terdapat unsur-unsur teknis, salah satunya seperti teknologi yang di jaman sekarang sangat diperlukan demi kelancaran aktivitas perkerjaan.

4. Tempat kedudukan

Artinya organisasi itu ada jika ada tempat kedudukannya, tempat beroperasi untuk melakukan kegiatan dan keduduakan organisasi tersebut dalam kehidupan masyarakat.

5. Struktur

Organisasi tersebut baru ada jika ada hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, sehingga terciptalah organisasi.

6. Lingkungan (Enviromental External Sosial System)

Organisasi baru ada jika adanya lingkungan yang saling mempengaruhi, misalkan adanya sistem kerja sama sosial.

Akhir kata, itulah artikel yang membahas mengani pengertian organisasi dan unsur-unsur oraganisasi , semoga dapat bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kami dan jika ada kesalahan mohon di maaf.