Ciri-Ciri Lumut Hati (Hepaticopsida): Pengertian dan Contohnya

Membahas ciri-ciri lumut hati beserta pengertian dan contohnya. Tumbuhan lumut merupakan jenis tumbuhan kecil yang umumnya hidup menempel pada substratnya, lumut bisa di temukan di banyak tempat terutama tempat-tempat yang lembab. Di dunia ini lumut memiliki beragam jenis dan salah satunya lumut hati.

Pengertian Lumut Hati (Hepaticopsida)

Lumut hati adalah jenis tanaman yang menempel pada bidangnya dengan ciri tubuh berbentuk lembaran pipih, jika dalam bahasa ilmiahnya lumut hati disebut dengan hepaticopsida. Lumut hati bertahan hidup dengan cara menempel pada bidang atau substartnya seperti pada permukaan tanah, batang pohon, dan bebatuan, tanaman ini menempel dengan bantuan rizoidnya. Lumut hati bisa kita temukan di tempat-tempat yang lembab seperti di daerah sungai, danau, atau selokan.

ciri-ciri lumut hati
Lumut Hati

Jenis atau Contoh Lumut Hati

  • Haplomitrium sp.
  • Marchantia polymorpha
  • Monoclea forsterii
  • Pellia endivifolia
  • Scapania nemorosa
  • Jungermannia sp
  • Sphaerocarpos texanus
  • Riccardia chamaedryfolia

Ciri-Ciri Lumut Hati

1. Bentuk berupa lembaran pipih

Ciri fisik dari tanaman lumut hati atau bentuk gemetofitnya berbentuk lembaran-lembaran pipih, memiliki warna hijau, dan akar menyerupai rambut bisa menempel pada bidangnya.

2. Habitat di tempat-tempat lembab

Lumut hati bisa kita temukan di tempat-tempat yang lembab, seperti di daerah sungai, danau, hingga selokan sekitar kita, atau di daerah hutan juan tropis yang biasanya menempel pada bebatuan maupun tanaman lain.

3. Gamet berbantuk meneyrupai payung

Struktur penghasil gametnya berbentuk anteredium atau menyerupai payung. Lalu sporofitnya terletak menggantung pada gamatofit betina.

4. Tidak memiliki Jaringan Meristimatik

Ciri-ciri lumut hati selanjutnya, tanaman ini tidak memiliki jaringan meristematik jadi pertumbuhan sporofit terbatas.

5. Habitat Tempat Lembab

Lumut hati banyak ditemukan menempel pada substratnya, seperti di bebatuan, di tanah, atau dinding yang memiliki kelembapan. Bentuk tubuhnya berupa lembaran-lembaran yang mirip dengan hati dan banyak lekukan.

BACA: Ciri-Ciri Lumut Tanduk: Pengertian dan Habitatnya

Manfaat Lumut Hati

Biasanya lumut sering dianggap sebagai tanaman yang bersifat parasit atau merugikan oleh banyak orang, karena bisa menempel pada medianya dan merusak media yang di tempelinya. Lumut juga berguna untuk menahan erosi, lalu untuk membantu pelapukan bebatuan menjadi hancur dan menjadi tanah.

Dalam dunia medis lumut hati juga sedang diteliti karena berpotensi memiliki manfaat, salah satunya untuk mengobati penyakit seperti hepatitis C karena mangandung senyawa anti virus, selain itu lumut ini juga memiliki senyawa anti bakteri, hingga senyawa anti kanker, Tapi hal ini harus dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri lumut  hati atau Hepaticopsida semoga pembahasan yang singkat ini bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, jika ditemukan kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: