Ciri Khusus Kaktus dan Pengertiannya

Berikut ini pengertian dan ciri khusus kaktus yang termasuk kedalam jenis tanaman xerofit atau jenis tanaman yang mampu bertahan hidup di tempat kering dengan curah hujan yang sangat rendah.

Mengenal Tanaman Kaktus

Kaktus di kenal dengan ciri khususnya sebagai tumbuhan berbatang tebal bertekstur lunak dan memiliki banyak duri. Kaktus merupakan tumbuhan sekulen terbesar di bumi yang memiliki sekitar dua ribu spesies. Sebagian besar spesies kaktus tersebar dan berasal dari Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Kaktus adalah jenis tanaman yang tumbuh dengan baik di daerah beriklim kering dan panas. Dengan daun berbentuk duri dan dapat menyimpan air di batang maka kaktus dapat tumbuh dengan baik di tempat kering seperti gurun sekalipun. Itulah mengapa tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman xerofit. BACA: 7 Contoh Tumbuhan Xerofit: Pengertian dan Cirinya

ciri khusus kaktus
Kaktus (pxhere.com)

Supaya dapat bertahan hidup di tempat gersang kaktus mempunyai metabolismenya sendiri di mana saat cuaca lebih dingin tumbuhan ini akan membuka stomatanya. Pada malam hari kaktus akan membuka stomata pada batangnya dan mengambil karbondioksida di udara, lalu menyimpannya di tumbuhnya yang bernama vakuola untuk digunakan saat fotosintesis terutama saat siang hari.

6 Ciri Khusus Kaktus

1. Memiliki Banyak Duri

Kaktus merupakan tumbuhan yang mampu hidup di tempat kering, Duri kaktus ini merupakan pengganti daun sehingga mengurangi penguapan air selain untuk mengurangi penguapan duri pada kaktus juga untuk melindungi dirinya dari ancaman hewan gurun.

2. Batang Tebal

Ciri-Ciri Khusus kaktus selanjutnya yaitu memiliki batang yang tebal, bertekstur lunak, dan di dalamnya mengandung banyak air. Batang ini juga berguna sebagai pengganti daun. Jika pada tanaman lain fotositesis sebagai besar terjadi pada daun, maka pada kaktus terjadi pada bagian batangnya oleh karena itu stomata banyak terdapat pada batangnya.

BACA: Pengertian Tanaman Hortikultura

3. Berfotosisntesis di Batang

Karena daunya berupa duri maka kaktus melakukan fotosintesis di bantang, seperti yang sudah di jelakan kaktus akan mengambil karbondioksisda pada malam hari ketika suhu dingin, lalu karbondioksida akan di simpan dan digunakan pada siang harinya, dan dengan bantuan sinar matahari kaktus melakukan fotosisntesis pada siang hari.

4. Akar Panjang dan Banyak

Katus memiliki akar serabut yang panjang, akar ini dapat memanjang untuk mencari sumber air di dalam tanah saat terjadi hujan.

Ketika terjradi hujan kaktus akan melebarkan akar-akarnya dalam tanah untuk menyerap air dengan cepat, dan saat kemarau akar kaktus yang kering akan terputus.

ciri-ciri kaktus
Kaktus (pxhere.com)

5. Menyimpan Cadangan Makanan di Batang

Ciri-ciri tumbuhan Kaktus selanjutnya dapat menyimpan cadangan makanan di batang, itulah mengapa batang kaktus berair. Karena habitatnya di tempat-tempat kering maka kaktus mengurangi penguapan dan menyimpan air dalam batangnya yang lunak.

Jadi bisa dikatakan kaktus merupakan tumbuhan sekulen yaitu jenis tumbuhan yang menyerap dan menyimpan cadangan makanannya berupa air dalam batang.

6. Tumbuh di Tempat Kering atau Gersang

Kaktus tumbuh baik di tempat tempat kering, misalnya seperi gurun, semi-gurun, hingga padang rumput kering. Tumbuhan ini sulit tumbuh dengan baik di tempat basah dan lembab karena dapat cepat membusuk dan mati.

Banyak sekali jenis kaktus dan beberapa diantaranya dijadikan sebagai tanaman hias, ada yang bentuknya bulat, pipih, hingga tinggi. Kaktus di jadikan tanaman hias karena mudah dalam perawatan salah satunya tidak perlu repot-repot sering di siram air.

Bagikan Ke: