Contoh Hewan Coelenterata (Cnidaria): Pengertian dan Cirinya

Mengenal beberapa contoh hewan Coelenterata yang dilengkapi dengan pengertiannya secara umum dan ciri-cirinya. Banyak sekali jenis hewan yang hidup di perairan terutama di laut, mulai ikan hingga yang bentuknya seperti tumbuhan. Di sini kita akan membahas tentang filum Coelenterata yaitu salah satu filum animalia terbesar di bumi.

Jelaskan Pengertian Hewan Coelenterata!

Coelenterata merupakan filum animalia yang terdiri lebih dari 10000 spesies hewan yang semuanya hidup di darah perairan terutama di laut dan termasuk hewan tanpa tulang belakang. Istilah Coelenterata sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Coelos” yang berarti “Lubang atau Rongga”.

Jadi pengertian Coelenterata adalah hewan berongga dan termasuk kedalam invertebrata (tanpa tulang belakang). Coelenterata disebut juga dengan Cnidaria, kata Cnidaria sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Cnidos” yang diartikan “Jarum penyengat”, penyengat tersebut biasnaya terdapat pada tentakel-tentakelnya.

Ciri-Ciri Coelenterata

  • Sebagian besar tubuh berbentuk simetri radial, jika di ambil garis lurus atas ke bawah maka bagian kanan dan kiri sama.
  • Bagian dinding tubuh terdiri dari dua lapis sel diantaranya lapisan luar (epidermis) dan lapisa dalam (endodermis).
  • Sistem pencernaanya berupa rongga yang disebut dengan gastrovaskuler.
  • Mempunyai satu lubang pada tubuh yang berfungsi sebagai mulut sekaligus anus.
  • Mulut dikelilingi tentakel-tentakel penyengat.
  • Bisa hidup berkoloni atau sendiri.
  • Sebagian besar Hidup di perairan dangkal terutama di laut.
  • Ada yang melekat pada dasar atau pada objek lain dan ada yang berenang bebas.

BACA: Contoh Hewan Arthropoda adalah: Pengertian dan Cirinya

Klasifikasi coelenterata

1. Hydrozoa

Anggota dari klasifikasi Hydrozoa ini bisa hidup berkoloni ataupun secara soliter. Klasifikasi hydrozoa merupakan hewan air yang habitatnya di perairan dan bentuk hewannya berbentuk polip. Bentuk polip memiliki bagian yang tertutup di pagian bawah dan terbuka pada bagian atas. Pada bagian mulut dikelilingi tentakel. Contoh hewan yang termasuk kelas Hydrozoa yaitu Hydra.

2. Scyphozoa

Scyphozoa merupakan kelas dari Coelenterata, ciri utamanya memiliki tubub menyerupai mangkuk. Kelas Scyphozoa ini bisa di temukan di seluruh laut di dunia sampai laut dalam. Kelas ini tidak bisa di temukan di perairan tawar. Mereka memakan makanan seperti ikan kecil atau moluska laut yang mereka buru dengan tentakel berbentuk jarum dan beracun, contoh hewannya seperti ubur-ubur (Aurelia).

3. Anthozoa

Kelas anthzoa memiliki ciri tubuhnya berbentuk menyerupai bunga, memiliki tantakel, dan pada umumnya bisa menempel di dasar laut pada terumbu karang. Kata Anthozoa sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Anthos” artinya Bunga dan “Zoon” artinya Hewan, jika diartiakan secara umum menjadi hewan yang bentuknya menyerupai bunga. Hewan Anthzoa meliputi berbagai Anemone laut dan hewan-hewan karang, contohnya seperti Metridium.

BACA: Contoh Hewan Porifera: Pengertian dan Ciri-Cirinya

Contoh Hewan Coelenterata (Cnidaria)

1. Hydra Sp

Hydra (nathistoc.bio.uci.edu)

Hydra Sp adalah hewan air tawar bisa di temukan di daerah beriklim tropis dan sedang. Hydra Sp berukuran kecil, termasuk kedalam filum Cnidaria  atau Coelenterata dan berasal dari kelas Hydrozoa. Hewan ini memiliki tubuh menyerupai tabung dan termasuk hewan multiseluler, tubuhnya memiliki panjang 10 cm.

Hydra memiliki tantakel untuk memangsa dan melindungi dirinya dan pernafasannya dengan cara disfusi. Hydra berkembang biak dengan tunas, pada bagian tubuh induknya terdapat penonjolan yang lema-kelamaan penonjolan tersebut akan terlepas menjadi individu baru dan bisa juga berkembang biak dengan cara kawin.

2. Ubur-Ubur Bulan / Moon Jellyfish

Contoh Hewan Coelenterata Aurelia Aurita
Aurelia Aurita (pixabay.com)

Ubur-ubur bulan atau disebut juga dengan Aurelia Aurita merupakan spesies hewan yang berasal dari kelas Scyphozoa dan filum Coelenterata. Ubur-ubur ini tembus pandang atau transparan, memiliki ukuran antara 25 cm hingga 40 cm. Ubur-ubur bulan bisa mengumpulkan dan memangsa makanan menggunakan tentakelnya yang halus seperti moluska kecil dan plankton.

Umur-ubur ini tidak mempunyai alat pernapasan layaknya seperti insang, paru-paru, ataupun trakhea. Ubur-ubur bulan bernapas menggunakan difusi oksigen yang berasal dari air ketika melewati membran yang tipis menutupi tubuhnya. Ubur-ubur bulan tidak dapat bertahan lama meraka akan mati beberapa bulan setalah repoduksi.

Banyak jenis ubur-ubur yang hidup di lautan misalnya seperti jenis Phyllorhiza Punctata, Jelly Bluber, Golden Jelly Fish, Aequorea Victoria, Flower Hat Jelly, Austraian Box Jellyfish, The box Jellyfish, dll. Sebagian besar Ubur-ubur memiliki sengatan yang beracun dan beberapa diantaranya sangat berbahaya bagi manusia.

3. Anemone Clown

Contoh Hewan Coelenterata anemone clown
Anemone Clown dan Ikan Nemo (pixabay.com)

Contoh hewan coelenterata selanjutnya dari kelas Anthozoa yaitu Anemone Clown atau sering disebut juga dengan Anmeone Nemo. Disebut Anemone Nemo karena jenis ini sering menjadi tempat tinggal ikan Nemo. Anmeone jenis ini bisa berpindah-pindah dan bisa menempel di dasar atau di karang.

Anemone Clown Jika menempel sulit di lepaskan bahkan jika menempel dan pada umumnya jenis anemone ini memiliki warna merah. Adapun jenis lainnya seperti anemone karpet, anemone jagung, anemone pasir, dll. anmeone memiliki tantakel yang bisa menyengat dan beracun.

4. Metriduim

metridum anemone
Metridum (flickr.com)

Metridium dikenal juga sebagai jenis anemone laut yang sebagian besar bisa di temukan di darah perairan yang dingin terutama di laut pasifik dan laut atlantik utara. Metridium menetap di suatu tempat bada objek di laut seperti karang dan ada juga yang menguburkan separuh tubuhnya di pasir.

Tubuh metridium bentuknya silidris dengan bagian oralnya berbentuk seperti corong dengan tentakel-tentakel yang bentuknya menyerupai mahkota bunga. Tubuhnya 7 cm hingga ada yang mencapai 1 m, berwarna putih hingga ke kuningan.

Bagikan Ke: