Echinodermata adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

Memahami Echinodermata adalah suatu filum yang ada pada hewan, disini juga akan dibahas ciri-ciri, dan contohnya. Banyak sekali jenis atau hewan yang digolngkan berdasarkan filumnya salah satunya yaitu filum echinodermata, yang dimana hewan ini memiliki ciri khasnya tersendiri.

Pengertian Echinodermata

Istilah Echinodermata berasal dari bahasa Yunani yaitu “Echinos” artinya Duri dan “Derma” artinya Kulit. Jadi pengertian echinodermata adalah jenis hewan yang memiliki duri pada bagian kulitnya dan hewan ini habitatnya di laut.

Bisa juga singkatnya Echinodermata yaitu invertebrata laut yang memiliki duri pada kulitnya. Hewan ini bergerak lambat dan beberapa diantaranya bisa menempel merkipun bukan parasit. Hewan ini unik dan memiliki ciri khasnya sendiri dan telah diketahui mereka sudah ada di bumi sejak lama.

Ciri-Ciri Echinodermata

1. Tubuh Simetri

Ketika masih kecil umumnya memiliki tubuh simetri bilateral, setelah dewasa menjadi simetri radial, ada yang berbentuk bulat menyerupai bola, berbentuk pipih ada yang seperti tumbuhan.

2. Bergerak Lambat

Mereka bergerak lambat, karena umumnya memiliki kaki tabung dengan lubang-lubang kecil yang berguna untuk menghisap.

3. Sistem pencernaan sempurna

Hewan filum echinodermata memiliki sistem pencernaan yang sempurna dari mulut hingga anus. Sebagian besar mulutnya terdapat pada sisi ventral dan anusnya terdapat pada sisi dorsal. Tapi khusus pada bintang laut tidak memiliki anus.

5. Tidak Memiliki Sistem Eksresi

Hewan ini tidak memiliki sistem eksresi pada tubuhnya. Sitem eksresi sendiri merupakan sistem untuk melakukan proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan tubuh.

BACA: Contoh Hewan Mollusca: Pengertian dan Cirinya

Klasifikasi dan Contoh Hewan Echinodermata

1. Asteroidea

Contoh Echinodermata adalah bintang laut
Bintang Laut (pixabay)

Contoh dari kelas Asteroidea adalah hewan Bintang laut. Bintang laut merupakan hewan Invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang, hewan ini bertubuh lunak dan bisa berkemabangbiak secara ovovivipar. Bintang laut berbentuk simetrial, ada yang memiliki lima lengan dan ada yang enam lengan.

Bintang laut tidak mempunyai rangka untuk membantu geraknya, mereka bergerak menggunakan sistem vaskular air dengan tabung kecil-kecil yang berada badan bagian lengan luar. Hewan laut ini juga bisa menempel di bebatuan.

2. Ophiuroidea

Echinodermata adalah Ophiopholis
Bintang Ular

Contoh echinodermata selanjutnya yaitu kelasifikasi ophiuroidea, dimana hewan ini seperti bintang laut tapi memiliki lengan dan sering disebut disebut juga bintang ular. Bisa di temukan di laut dangkal terutama di balik bebetuan dan terkubur di dalam pasir.

Kelas ophiuroidea ini tidak memiliki anus, sehingga sisa makanannya dikeluarkan lewat mulut. Contoh ophiuroidea yaitu hewan laut Ophiothrix fragillis dan Ophiopholis aculeata, mereka seperti bintang laut tapi berlengan panjang seperti ular.

3. Crinoidea

Lili Laut
Lili Laut (wikimedia.org)

Kelasifikasi Crinoidea atau dikenal dengan hewan yang mirip tanaman lili, memiliki lengan bercabang, hidupnya menempel sehingga terlihat seperti tumbuhan laut. Habitat hidupnya di perairan laut dangkal dengan kedalaman sekitar 6000 meter. Crinoidea memakan makanannya dengan cara menyaring partikel berukuran sangat kecil dari air laut dengan menggunakan bulu-bulu halusnya.

Pada hewan ini ada bagian tubuhnya yang memiliki lendir lengket berguna menangkap makanan yang melewatinya, lalu makanan akan di alirkan hingga ke mulut. Crinoidea biasanya memakan plankton, semakin sedikit plankton di habitatnya semakin panjang dan banyak juga lengannya. Contoh Crinoidea yaitu Holopus sp danAntedon sp.

4. Echinoidea

Echinodermata adalah bulu babi
Bulu Babi (pixabay)

Contoh hewan echinodermata selanjutnya dari kelasifikasi echinoidea, atau kita sering menyebutnya landak laut yang habitatnya di pasir dan bebatuan. Hewan ini tidak memiliki lengan, bantuknya bulat agak pipih, dan berduri tajam. Duri pada tubuhnya bisa di gerak-gerakan, hewan ini memiliki sekitar 900 spesies, habitatnya di laut dangkal dengan kedalaman sekitar 5000 meter.

Contoh echinoidea yaitu Bulu Babi (diadema saxsatile) dan Landak Laut (echinothrix sp). Karena durinya yang tajam membuat banyak orang tidak mau mendekatinya atau menyentuhnya, selain tajam dapat melukai kulit durinya juga mengandung racun.

5. Holothuroidea

Teripang Laut
Teripang Laut (pixabay)

Kelas Holothuroidea salah satu yaitu hewan yang disebut mentimun laut. Hewan ini sering hidup di dalam pasir, bebatuan kapur, tubuhnya lunak, memiliki duri halus, dan bentuknya memanjang. Daerah persebarannya di laut seluruh dunia sampai samaudra hindia dan fasifik barat. Spesies mentimun laut sangat banyak lebih dari 1200 jenis dan 30 jenis diantaranya merupakan teripang laut.

Kesimpulan

Jadi dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Echinodermata adalah hewan invertebrata laut yang memiliki duri pada kulitnya. Contoh hewannya seperti bintang laut, bulu babi, landak laut, teripang, dan lain-lain.

Hewan ini memiliki sistem pencernaan sempuran tapi khusus pada bintang laut tidak memiliki anus. Mereka juga bergerak lambat mereka memiliki kaki tabung dengan lubang-lubang kecil pada tubuhnya yang digunakan untung menghisap.

Bagikan Ke: