Contoh Hewan Arthropoda adalah: Pengertian dan Cirinya

Mengetahui beberapa contoh hewan arthropoda beserta, pengertian dan beberapa cirinya yang bisa kita ketahui dengan mudah. Filum ini menjadi kingdom terbesar dalam animalia, lebih dari 80 persen hewan yang di bumi ada berasal dari filum arthropoda.

Definisi Hewan Arthropoda

Pengertian arthropoda adalah merupakan filum hewan yang jenisnya terbanyak di dunia, tubuhnya bersegmen, memiliki lapisan zat kaitin, dan sebagian besar hewannya termasuk jenis serangga. Hewan arthropoda bisa di temukan di berbagai tempat misalnya di darat, di air tawar, dan di air laut.

Singkatnya arthropoda yaitu film hewan terbesar di dunia dengan ciri tubuhnya berbuku atau bersegmen. Istilah arthropoda sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Arthros” yang diartikan Berbuku -Buku dan kata “Podos” yang diartikan “Kaki”.

Ciri-Ciri Hewan Arthropoda

1. Tubuh Berbuku / Bersegmen

Bisanya tubuh memiliki dua atau tiga segmen yang bisa terlihat jelas, selain tubuhnya bagian kaki juga bisanya bersegmen.

2. Bernafas dengan Tubuh Luar, Insang, hingga Trakhea

Tergantung jenis hewannya, dalam filum arthropoda memiliki beragam alat pernafasan mulai dari tubuh bagan luar (kulit), insang, hingga trakhea.

3. Tubuhnya Simetri Bilateral

Dimana bagian tubuh tersusun, jika diambil garis dari depan ke belakang maka akan terlihat bagian tubuh yang sama antara kanan dan kiri. Hewan simetri bilateral mempunyai sisi oral (puncak) dan sisi dasar (aboral), selain itu memiliki sisi atas (dorsal) dan sisi bagian bawah (ventral), lalu sisi kepala, sisi ekor, hingga sisi bagian samping.

4. Memiliki Lapisan Kaitin

Ciri hewan arthropoda selanjutnya merupakan hewan eksoskeleton yang dimana tersusun dari senyawa protein dan zat kaitin untuk melindungi dan membentuk kerangka tubuh.

5. Berkaki Enam atau Lebih

Hewan ini setidaknya memiliki 6 kaki atau bisa juga lebih hal tergantung jenisnya juga. Misalnya seperti lobster yang memiliki 5 pasang kaki.

BACA: Echinodermata adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya

BACA: Contoh Hewan Mollusca: Pengertian dan Cirinya

Contoh Hewan Arthropada

1. Kalajengking

Kalajengking contoh hewan arthropoda
Kalajengking (pixabay)

Kalajengking merupakan ordo Scorpiones, salah satu hewan yang memiliki kaki beruas, tubuh bersegmen, berkaki 5 sepasang 2 diantaranya merupakan lengan dengan pencapit. Saat ini diketahui terdapat 2000 jenis kalajengking yang tersebar di dunia.

Serangga ini memiliki penyengat pada bagian ekornya dan termasuk serangga berbisa atau beracun. Tingkat racun pada kalajengking bervariasi tergantung jenisnya juga. Saat mencari makan, racun kalajngking berguna untuk melumpuhkan mangsanya.

2. Laba-Laba

Laba-Laba
Laba-Laba (pixabay)

Laba-laba merupakan hewan yang  mudah kita temukan dimana seja terutama di lingkungan kita. Secara umum laba-laba memiliki 4 pasang kaki dan 2 segmen bagian tubuh yaitu kepala dan badan. Laba-laba termasuk karnivora, kadang mereka juga saling memangsa antar sejenisnya.

Jenis laba-laba banyak sekali, tapi saat ini diketahui 200 spesies laba-laba yang gigitannya berbahaya dan sangat beracun. Sebagian besar laba-laba bisa mengeluarkan jaring untuk membuat sarang atau untuk menjebak mangsanya.

3. Kupu-Kupu

kupu-kupu
Kupu-Kupu (pixabay)

Kupu-kupu merupakan metamorfosis sempurna dari ulat. Serangga ini bisa di temukan di tempat atau habitat yang banyak bunga. Kupu-kupu juga termasuk serangga penting dalam proses penyerbukan bunga.

Tubuh kupu-kupu bersegmen mulai dari kepala hingga perut, kaki bersendi, mereka memiliki sayap, berbagai macam warna, dan memiliki mulut penghisap. Kupu-kupu hinggap ke bunga untuk mengambil nektar sebagai sumber makanannya.  

4. Lebah Madu

lebah madu
Lebah madu (pixino)

Lebah madu merupakan jenis lebah penghasil madu, ada sekitar 7 jenis yang termasuk genus Apis, dan dalam genus apis terdapat 20 ribu spesies. Tapi saat ini ada 44 subspesies lebah yang dapat memproduksi madu. Lebah madu dapat membuat sarang di alam yang dihasilkan oleh lebah pekerja, mereka hidup berkoloni dan serangga ini mengalami fase metamorfosis sempurna.

Lebah madu merupakan serangga yang keberadannya sangat penting dalam kehidupan, karena mereka dapat membantu proses penyerbukan pada bunga. Selain itu madu yang dihasilkannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pangan manusia. Banyak orang yang membudidayakan lebah madu untuk memproduksi madu, dan serangga ini memiliki penyengat untuk mempertahankan diri. BACA: Metamorfosis Lebah: Tahapan dan Kasta Lebah

5. Lobster

Lobster (wikipedia)

Lobster adalah hewan laut yang termasuk kedalam famili Homaridae atau Nephropsidae. Lobster memakan organisme midup seperti moluska kecil, invertebrata laut, hingga rumput laut. Lobster bertubuh berbuku-buku, memiliki antena panjang, memiliki 5 pasang kaki beberapa jenisnya ada yang memiliki lengan penjepit, dan ujung ekornya seperti kipas.

Lobster merupakan binatang laut yang sangat bernilai ekonomis, banyak orang membudidayakannya karena harganya tergolong mahal, dan beberapa jenisnya termasuk kedalam bahan masakan mewah.

6. Semut

semut hitam
Semut Hitam (pixabay)

Contoh hewan arthropoda selanjutnya adalah semut. Jika di amati semut mempunyai bagian tubuh sesuai dengan ciri-ciri filum arthropoda. Semut memiliki rangka luar yang keras dan kaki yang bersendi. Lalu ada bagian tubuh semut bersegmentasi dari kepala, rongga dada, dan perut. Semut memiliki banyak spesies, dikathui di bumi terdapat sekitar 12000 spesies semut yang masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri.

7. Kepiting

kepiting laut contoh hewan arthropoda
Kepiting laut (pixabay)

Kepiting merupakan hewan yang tersebar di seluruh dunia ata kepiing air laut ada air tawar, beberapa jenisnya ada yang bisa bertahan di darat. Seperti Rajungan yang merupakan kepiting perairan laut dan jarang sekali naik kepantai. Kepiting beragam ukurannya, umumnya mereka memiliki 5 pasang kaki, dua diantaranya sebagai lengan penjepit.

8. Udang

udang air tawar
Udang Air Tawar (pixabay)

Contoh arthropoda selanjutnya yaitu udang, hewan ini tersebar di laut, di sungai, di danau, dan memiliki berbagai macam jenis. Udang memiliki lima pasang kaki, mata yang majemuk, tubuh bersegmen, dan udang masih termasuk hewan satu ordo dengan lobster. Udang sering di budidayakan sebagai bahan masakan karena sangat bernilai ekonomis dan beberapa diantaranya dijadikan sebagai udang hiasan aquarium.

9. Capung

capung contoh hewan arthropoda
Capung (pixabay)

Capung termasuk serangga persebarannya di berbagai tempat seperti di ladang, hutan, kebun, bahkan daerah perairan sekalipun. Capung memiliki tubuh bersegmen, kaki bersendi, memiliki mata majemuk bulat, kaki yang menmpel di ruas dada, sayap panjang lonjong transparant, memiliki ekor lebih panjang dari badannya yang menyerupai jarum, dan kepala capung besar mengkilap. Capung mengalami fase metamosfosis yang tidak sempurna. BACA: Metamorfosis Capung dan Setiap Tahapannya

10. Kumbang Tandunk

Kumbang badak
Kumbang Tanduk (pixabay)

Contoh Hewan Arthropoda yang lainnya yaitu Kumbang tanduk atau kumbang badak. Sergga ini tersebar di daratan asia, khususnya di Asia Tenggara termasuk negara Indonesia. Kumbang tanduk termasuk kedalam filum arthropoda karena memiliki ciri tubuh bersegmen dari kepala hingga perut, dengan kaki bersendi.

Kumbang tanduk jika sudah dewasa berwarna hitam atau coklat tua. Pada bagian kepala terdapat tanduk, ukuran kumbang jantan bisa mencapai 130 mm sedangkan betina bisa mencapai 60mm. Ukuran tanduk jantan dan betina tentunya berbeda, kumbang jantan ukuran tanduknya panjang melengkung ke belakang, sedangkan untuk betina hanya seperti benjolan saja dan terdapat bulu halus di ujung perutnya.

Bagikan Ke: