Hewan Amfibi adalah: Ciri dan Contohnya

Hewan amfibi adalah suatu jenis hewan yang unik, jenis hewan ini bisa kita temukan di daerah lembab, berair seperti di pinggir sungai atau rawa. Untuk mengetahui lebih jelas kita akan memberikan penjelasannya.

Definisi Hewan Amfibi

Pengertian Hewan amfibi adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang atau dikenal dengan Vertebrata yang bisa hidup di dua alam yaitu darat dan air.

Hewan amfibi bisa di temukan di daerah basah seperti dekat perairan seperti sungai dan rawa. Beberapa spesiesnya ada yang habitatnya di hutan, hingga daerah kering seperti gurun.

Hewan amfibi bernapas menggunakan paru-paru, tapi ada juga yang bisa menghirup oksigen menggunakan kulit saat keadaan basah, atau saat tinggal di dekat perairan.

Ciri-Ciri Amfibi

Adapun beberapa ciri amfibi, diantaranya:

  • Merupakan hewan vertebrata yang mengalami fase metamorfosisi, diantaranya ada yang mengalami metamorfosis sempurna.
  • Pada umumnya berkembang biak dengan cara bertelur dan telur diletakan di tempat lembab, tapi ada juga yang bertelur-melahirkan (ovovivipar).
  • Memiliki tekstur kulit yang halus, ataupun berbulu halus, kulitnya berpori, dan sebagain spesiesnya ada yang memiliki lendir beracun.
  • Pada umumnya memiliki kaki yang berselaput, sehingga memudahkan hidup atau berenang di daerah perairan.
  • Ciri hewan amfibi dapat bernafas mengguankan paru-paru, kulit, dan ada juga dengan insang.
  • Termasuk hewan berdarah dingin, dapat mengatur suhu di luar tubuh.

BACA: Pengertian Metamorfosis Sempurna

Contoh Hewan Amfibi

1. Salamender

pengertian hewan amfibi adalah
Fire Salamander (pixabay)

Salamender merupakan amfibi mirip dengan kadal, habitatnya di tempat-tempat lembab. Salamender bisa mematahkan bagian tubuhnya seperti ekor jika dirinya merasa terancam. Hewan ini banyak menghabiskan waktunya di air dan memiliki berbagai macam jenis. Salameneder termasuk hewan ovovivipar yaitu hewan bertelur-beranak.

BACA: Ovovivipar adalah: Pengertian, Ciri Umum, dan Contoh hewannya

2. Katak Pohon

katak pohon pasifik
Katak pohon fasifik (pxfuel)

Katak pohon ukuran tubuhnya kecil daripada jenis katak lainn. Warna katak pohon berwarna hijau mencolok dan ada juga yang berwarna abu-abu. Katak pohon memiliki lendir beracun pada bagian kulitnya.

Sama seperti jenis katak lainnya, hewan ini memakan serangga-serangga kecil dengan cara menangkap dengan lidahnya. Katak ini dapat meloncat jauh dari satu pohon ke pohon lain dan merupakan hewan yang mengalami metamorfosis lengkap.

3. Axolotl

contoh hewan amfibi axolotl
Axoloti (pixabay)

Masih termasuk kedalam keluarga salamender, Axolotl memiliki ciri fisik yang unik seperti 4 kaki kecil yang memungkinkannya bisa berjalan di dalam air. Hewan amfibi ini banyak menghabiskan hidupnya di dalam air.

Keberadaan Axolotl terancam punah, karena beberapa faktor seperti perburuan berlebihan, pencemaran air, hingga rusaknya habitat. Banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang unik dan umumnya berwarna putih. Hewan ini juga sering disebut sebagai salamender dari Meksiko.

4. Sesilia

sesilia
Sesilia (pixabay)

Contoh hewan amfibi selanjutnya yaitu Sesilia, bentuknya mirip seperti cacing atau anak ular. Sesilia habitatnya di tempat basah atau lembab, seperti tanah gembur, daerah dekat sungai, atau daerah rawa.

Sesilia bisa di katakan hewan amfibi yang tidak memiliki kaki, dan jika di amati memiliki mulut dengan gigi kecil yang runcing, keberadaannya langka atau sulit di temukan. Hewan ini berkemban biak dengan cara bertelur, cangkang telurnya transparan sehingga calon anak-anaknya bisa terlihat dari luar.

5. Katak sawah

contoh katak sawah
Katak sawah (pixabay)

Sama seperti katak pohon, katak sawah memiliki ukuran tubuh yang kecil dan umumnya berwarna hijau ke coklat-coklatan. Katak sawah atau memiliki nama ilmiah Fejervarya cancrivora ini Habitatnya di area sawah, rawa-rawa, parit, pinggiran sungai, dan amfibi ini bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita terutama di daerah pesawahan.

6. Katak Tomat / Tomato Frog

katak tomat
Tomato Frog (pixabay)

Contoh amfibi selanjutnya yaitu Tomato Frog dimana kodok ini memiliki warna mirip dengan tomat dengan bentuknya yang agak bulat. Kodok ini berwarna merah cerah tapi beracun. Ketika merasa terancam kodok tomat ini akan mengeluarkan lendir beracun berwarna keputih-putihan, daerah persebarannya di Madagaskar tepatnya di daerah rawa hingga hutan hujan, ukuran tubuh mereka bisa mencapai 4,13 inch.

Akhir kata itulah pengertian hewan amfibi dan beberapa contohnya. Semoga pembahasan ini bermanfaar dalam menambah wawasan kita, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: