Pentingnya Website Untuk Berjualan Online

Di era modern ini banyak hal yang dapat mempermudah manusia dalam mendapatkan informasi maupun menyempaikan informasi, untuk melakukan hal tersebut salah satunya dapat menggunakan Internet.

Di internet berbagai informasi dapat diakses melalui situs web atau website. Website banyak tersebar di internet yang jumlahnya sulit di hitung. Karena salah satu fungsi website untuk menyebarkan informasi secara bebas dan cepat, oleh sebab itu saat ini banyak orang yang memanfaatkan website untuk berjualan online.

pentingnya website untuk jualan online
pixabay.com

Fungsi Website

Secara umum website adalah kumpulan halaman situs di internet yang memuat informasi, website diberi penamaan dengan menggunakan domain ataupun sub domain yang dilengkapi dengan WWW (World Wide Web). Alamat suatu website bisa kamu lihat di address bar web browser yang kamu gunakan. Adapun Fungsi utama website yaitu sebagai sarana komunikasi, menyebarkan, dan memberikan informasi kepada banyak orang.

1. Fungsi Informasi

Menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan banyak orang. Fungsi Website ini menyediakan konten yang berkualitas, mulai dari cara penyampaian, pembahasan informasi, hingga grafik yang dibutuhkan.

2. Fungsi komunikasi

Fungsi website untuk berkomunikasi antara user, website ini bisanya merupakan website forum, webmail, media sosial, dan sebagainya.

3. Fungsi Transaksi

Semakin berkembangnya jaman website juga berguna sebagai sarana transaksi antara penjual dan pembeli, fungsi ini yang saat ini digunakan banyak orang untuk mengembangkan bisnisnya karena mengembangkan bisnis secara online saat ini lebih cepat dan lebih hemat biaya daripada secara offline.

4. Fungsi Hiburan

Website sebagai sarana hiburan, karena saat ini banyak juga website yang menyediakan streming video, streming musik, hingga yang menyediakan game online.

Seberapa Penting Hosting Untuk Website Julan Online?

Untuk menjalankan bisnis online maka kamu membutuhkan suatu website, supaya orang lain bisa menemukan informasi produk yang di jual, kondisi produk, hingga cara melakukan transaksi secara online.

Ketika membuat website maka diperlukan penyimpanan data yang disebut dengan hosting. Hosting adalah suatu layanan yang menyediakan jasa untuk menyimpan file atau data suatu website supaya file tersebut bisa di akes oleh orang lain.

Tugas hosting yaitu mengelola dan menjadi server bagi website, selain itu berguna juga untuk mengamankan data website. Ada dua layanan hosting yang sering digunakan untuk website jualan online:

1. Shared Hosting

Biasanya merupakan jenis hosting yang murah dan paling di minati banyak orang. Biasan orang menggunakan layanan ini untuk membuat website sederhana bisa berupa profil perusahaan, profil organisasi, blog sederhana atau hanya seedar landing page.

Shared hosting menyediakan layanan berbagi server dengan user lainnya di provider yang sama. Jadi kamu akan berbagi fasilitas dengan user lain di server yang sama, seperti berbagi disk space, memori, resourch, dan sebagainya. itulah mengapa layanan shared hosting rata-rata murah

2. VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah jenis hosting yang lebih privasi dimana resourcenya hanya dipakai oleh satu user saja, sehingga server ini lebih stabil dibanding shared hosting.

Dengan menggunakan VPS memungkinkan seseorang dapat mengatur dan mengelola resourcenya sendiri, jadi memerlukan skill dalam mengelola server. Singkatnya begini Server berbentuk fisik yang memiliki teknologii virtualisasi sehingga di dalamnya dibagi menjadi beberapa resource.

Bisa di bilang VPS mirip dengan shared hosting, karena apda dasarnya masih berbagi server dengan user lain tapi di dalamnya memiliki resource sendiri-sendiri secara virtual. Umumnya VPS sering digunakan jika pengunjung website sudah banyak. Salah satu yang menyediakan layanan VPS dengan performa tinggi yaitu domainesia.com.

BACA: VPS adalah Pilihan Server Yang Stabil Untuk Website

Seberapa Pentingnya Website Untuk Berjulan Online?

1. Menghemat biaya

Dengan memiliki website untuk jualan online kamu bisa menghemat berbagai macam biaya mulai biaya tempat hinga biaya promosi. Kamu hanya perlu mencari Hosting Murah Satu Tahun untuk website toko onlien kamu dipenyedia layanan hosting, seperti di domainesia.com.

Selain itu Kamu juga bisa mempromosikan website yang telah dibuat melalui jasa periklanan online, email marketing, hingga promosi di media sosial mulai dari yang gratis hingga berbayar.

2. Informasi Lengkap Produk yang Di Jual

Dengan menggunakan website untuk berjualan secara online maka website tersebut dpat memberikan informasi yang lengkap mengenai produk atau jasa yang kamu. Biasanya informasi tersebut merupakan rincian spesifikasi produk, harga, hingga cara order, dan harga barang. selain itu kamu juga bisa menampilkan informasi profile toko online kamu secara lengkap sehingga meningkatkan kepercayaan calon pelanggan

3. Hemat Waktu

Kamu tidak perlu repot melayani calon pelanggan, karena informasi produk sudah di tampilkan secara lengkap, kamu juga bisa melayani calon pelanggan lewat fasilitas chat. Proses pembayarannya bisa dilakukan dengan cepat dengan metode yang terintegrasi dengan website sehingga pelanggan memudahkan dalam bertransaksi secara langsung.

4. Calon Pelanggan dari Berbagai Tempat

Website bisa di akses oleh siapa saja dan di tempat mana saja. Oleh karena itu dengan memanfaatkan website sebagai sarana promosi dan berjualan, maka produk yang di jual berpotensi dikenal banyak orang di berbagai tempat. Selain itu website juga bisa di integrasikan dengan akun media sosial kamu, misal kamu berjualan juga di medis sosial maka website bisa di integrasikan ke akun media sosial tersebut.

Akhir kata, banyak referensi tersebar di internet untuk kamu yang ingin mencoba berjualan online dengan membuat website sendiri, semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, terimakasih.