Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Untuk mendapatkan uang dari Internet meski tidak diharuskan, seseoang bisanya memiliki alamat email yang di kostum sendiri sebagai kontaknya dan memiliki website untuk memberikan informasi jasa atau produk yang di jual kepada calon costumernya, tujuannya supaya terlihat lebih profesional.

Untuk mendapatkan kostum email dengan domain atau brand sendiri kita bisa menyewa layanan email hosting. Singkatnya Email Hosting adalah layanan server email, layanan ini menyediakan hosting email untuk individu maupun untuk bisnis. Hal Ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima email menggunakan akun email kostum sesuai domain mereka.

Jika sedang menjalankan bisnis, terutama bisnis online baik itu yang bergerak di penjualan produk ataupun jasa sebaiknya menggunakan layanan email hosting, karena dapat membuat bisnis terlihat lebih profesional dan di percaya calon costumer.

cara mendapatkan uang dari internet
pixabay.com

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak penyedia layanan email hosting. Salah satu yang menyediakannya di Email hosting dari DomaiNesia. Di sana juga menyediakan Domain Murah 1 Tahun yang bisa di perpanjang kembali dengan harga terjangkau.

Domain tentunya sangat di butuhkan saat kamu membuat dan memberikan alamat website untuk bisnis online. Website berguna untuk memberikan informasi yang lengkap mengani produk ataupun jasa yang kamu jual secara online.

BACA: Startup adalah: Pengertain, Ciri, dan Hambatannya

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan secara online, diantaranya:

1. Jualan Online

Saat ini julan online merupakan cara mencari uang di internet yang bisa di lakukan oleh siapa saja. Banyak orang berjualan online baik itu dengan membuat toko online dengan websitenya sendiri, berjualan di media sosial, atau-pun dengan memanfaatkan marketplace. Berjualan online memiliki banyak keuntungan salah satunya hemat waktu dan hemat biaya karena tidak membutuhkan toko fisik.

2. Menjadi Blogger

Banyak orang yang menjadikan bloger sebagai kerjaan sampingan bahkan ada yang menjadikan sebagai sumber penghasilan utama. Beberapa tahun terakhir menjadi serang Blogger merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

Pekerjaan menjadi blogger yaitu membuat konten berupa tulisan melalui fisilitas platform blogger dan wordpress. Biasanya seorang blogger akan menulis artikel yang membahas sesuatu secara lebih rinci. Kontennya bisa berupa ilmu pengetahuan, ulasan produk, traveling, dan sebagainya.

Menjadi seorang blogger setidaknya harus mempalajari ilmu SEO yang di dalamnya meliputi cara membuat konten yang baik dan benar, riset kata kunci, dan sebagainya. Dengan begitu artikel yang di tulis bisa masuk di urutan halaman pertama mesin pencari. Seorang blogger sebagian besar mendapatkan penghasilan dari periklanan, yang paling terkenal yaitu adsense.

3. Menjadi Vlogger

Hampir sama seperti blogger tapi bedanya Vlogger merupakan orang yang membuat konten dalam bentuk video dan umumnya memanfaatkan platform Youtube untuk menguplod kontennya serta mencari penghasilan dari sana.

Agar konten video tersebut menarik perhatian maka buatlah video yang menarik, relevan dengan minat audiens, rutinlan membuat konten, dan terus konsisten. Fenomena Vlogger ini muncul pada tahun 2006-an ketika Youtube menjadi pelatform populer untuk video yang mudah di akses secara gratis.

Saat ini banyak orang yang berprofesi sebagai vlogger atau sering dikenal juga dengan sebutan Youtuber dalam mencari penghasilan hingga mencari popularitas. Dapat kamu lihat banyak tokoh publik atau artis baru saat ini terkenal yang asalnya dari seorang Youtuber.

4. Freelancer

Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya menjadi seorang Freelancer. Istilah Freelancer bisa diartikan sebagai pekerja lepas yang tidak terikat dengan suatu perusahaan.

Biasanya seorang freelancer mengerjakan sesuatu sesuai dengan kesepakatan dengan costumernya. Pekerjaan seorang freelancer bisa didapatkan dari berbagai situs freelancer yang ada di internet, bisa juga di forum, dan di media sosial.

Seorang freelancer biasanya mengerjakan pekerjaan sesuai keahlian atau minatnya, seperti desain grafis, programer, menulis artikel, entri data, arsitek, dan sebagainya.

5. Menjadi influencer

Influencer merupakan sebutan bagi orang yang memiliki popularitas di media sosial misalnya di Instagram dan di TikTok. Seorang influencer memiliki followers yang banyak di akun media sosialnya sehingga banyak perusahaan tertarik untuk endorsment produk. Dari endorsment tersbut seorang influencer bisa menghasilkan uang yang banyak.

6. Jualan Foto atau Gambar

Cara mendapatkan uang di internet selanjutnya dengan cara jualan foto atau gambar. Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi atau membuat gambar grafis, kamu bisa menjual hasilnya di berbagai flatform, seperti di website Shutterstock dan iStock. Tentunya foto atau gambar yang akan di jual harus memenuhi syarat, dengan begitu kamu bisa mendpatkan penghasilan tambahan.

7. Afiliasi

Banyak orang yang membuat website hanya untuk mengikuti program afiliasi suatu perusahaan. Cara ini memungkinkan perusahaan untuk menyematkan tautan produk yang di jualnya ke website yang dibuat. Lalu Jika ada orang yang membeli produk tersebut lewat tautan di website maka kita akan mendapatkan keuntungan juga. Meski cara ini tergolong susah tapi banyak orang yang menekuninya dan tergolong berhasil terutama di luar negri sana.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet, mungkin kamu tertarik mencobanya? Asal sabar, tekun, konsisen maka tidak menutup kemungkinan akan berhasil.