Pengertian Metamorfosis Sempurna: Ciri-Ciri, dan Contohnya

Inilah pengertian metamorfosis sempurna beserta ciri-ciri, contoh hewan ataupun contoh serangganya yang bisa di temukan dengan mudah di sekitar kita. Beragam makhluk hidup hidup di bumi ini dan setiap makhluk hidup mengalami perkembangan maupun pertumbuhan yang berbeda beda terutama hewan dan serangga.

Adapun jenis hewan atau serangga tertentu yang mengalami perubahan yang dimana waktu kecil berbeda wujud ketika sudah dewasa, hal ini sering disebut metamorfosis. Secara umum metamorfosis terbagi menjadi dua jenis yaitu sempurna dan tidak sempurna.

Jelaskan Pengertian Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah perubahan yang terjadi pada hewan atau serangga, yang dimana saat masih kecil memiliki bentuk jauh berbeda ketika sudah dewasa. Metamorfosis sempurna biasanya memiliki beberapa fase seperti fase telur, larva, pupa, dan fase dewasa atau imago.

Ciri-Ciri Metamorfosis Sempurna

Beberapa ciri-cirinyanya antara lain:

  • Saat menetas bentuk hewan sangat berbeda dengan induknya.
  • Memiliki fase pupa atau fase kepompong.
  • Saat kecil dan dewasa memiliki wujud atau bentuk yang sangat berbeda.

Fase Metamorfosis Sempurna

1. Fase Telur

Fase telur merupakan fase yang paling pertama, telur telur hasil perkembangbiakan antara hewan betina dan jantan. Telur yang dikeluarkan oleh betina akan ditempatkan pada habitatnya seperti serangga yang meletakan telurnya di dedaunan.

Setelah telur menetas atau berupah wujud menjadi larva biasanya ada beberapa yang langsung bisa mencari makan, ada juga yang sudah di siapkan oleh induknya dan hewan muda larva ini dapat mengalami pertumbuhan yang cepat.

BACA: Pengertian Habitat, Jenis, dan Contoh Habitat

2. Fase larva

Setelah fase telur tahapan meta morfosis sempurna selanjutnya fase larva, larva bisa disebut sebagau hewan atau serangga muda yang aktif mencari makan untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

Supaya tidak kesulitan mencari makan, sang induk biasanya sudah menyiapkan makannya. Larva dapat mengalami perubahan kulit yang mengakibatkan perubahan wujud menjadi lebih besar. Perubahan kulit ini bisa saja terjadi beberapa kali tergantung jenisnya.

3. Fase Pupa / Kepompong

Pupa merupakan suatu fase metamorfosis sempurna yang dimana larva mengalami perubahan wujud menjadi kepompong sebelum menjadi serangga dewasa. Ditandai memiliki rangka luar yang melindungi tubuhnya atau dikenal dengan istilah rokon. Pupa akan terus mengalami perkembangan menjadi hewan yang lebih dewasa, tapi tetap saja pupa membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk menunjang perkembangannya.

Pada fase pupa, hampir setiap serangga yang mengalami metamorfosis sempurna akan mengalami metabolisme dan melakukan pembentukan menjadi hewan yang dewasa serta lebih sempurna. Setiap hewan atau serangga membutuhkan waktu yang beragam untuk melewati fase ini, jika sudah waktunya pupa akan keluar dari cangkangnya.

4. Fase Imago / Dewasa

Fase imago ditandai saat pupa sudah keluar dari cangkangnya. Pupa yang mengalami metabolisme dan keluar dari cangkangnya akan memiliki wujud hewan baru yang lebih dewasan, lebih sempurna, dan memiliki wujud sangat berbeda ketika masih kecil.

Bisa dikatakan fase imago merupakan fase akhir dari hewan atau serangga yang mengalami metamorfosis, karena hewan tersebut sudah bisa mencari makanan sendir, melakukan perkembangbiakan.

BACA: Pengertian Metamorfosis Secara Umum

Contoh Metamorfosis Sempurna

Adapun beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yang ada di sekitar kita, seperti nyamuk, katak, lebah, kupu-kupu, dan semut.

1. Metamorfosis Nyamuk

Fase Metamorfosis Nyamuk
Metamorfosis Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga kecil, bisa terbang yang memiliki sekitar 2700 spesies di seluruh dunia. nyamuk memiliki dua sayap kecil dan enam kaki, memiliki mulut penusuk untuk menghisap darah manusia maupun hewan lainnya. Tahapan metamorfosis nyamuk mulai dari twlur > larva/jentik nyamuk > pupa > nyamuk dewasa.

2. Metamorfosis Lebah

pengertian metamorfosis sempurna
metamorfosis lebah madu

Lebah merupakan serangga yang suka berkelompok di dunia terdapat sekitar 20 ribu spesies lebah. Lebah sering mengambil nektar pada bunga dan termasuk serangga yang penting untuk membantu penyerbukan. Lebah sering membuat sarang teutama di pohon dan di sarangnay terdapat madu. Tahapan metamorfosis lebah mulai dari telur > larva > kepompong > lebah dewasa.

3. Metamorfosis Kupu-Kupu

Urutan Metamorfosis Kupu-kupu
Metamorfosis Kupu-kupu

Kupu kupu merupakan serangga yang aktif di malam hari sama seperti lebah kupu-kupu sring hinggap di bunga yang memiliki nektar, kupu-kupu berasal dari ulat yang menjadi kepompong lalu menjadi kupu-kupu. Pada metamorfosisnya kupu-kupu mengalami fase telur > Ulat > Kepompong > Kupu-Kupu.

4. Metamorfosis Katak

fase metamorfosis katak
metamorfosis katak

Contoh metamorfosis sempurna selanjutnya terjadi pada hewan katak. kata termasuk hewan ampibi yang bisa hidup di dua alam air dan daratan, di dunia terdapat beragam jenis katak, saat masik kecil beludru katak bernafas dengan insang, tapi saat sudah dewasa bernafas menggunakankata mengalami fase metamorfosis seperti Telur > beludru > beludru kaki 2 > beludru kaki 4 > katak muda > katak dewasa.

5. Metamorfosis Semut

pengertian metamorfosis sempurna semut
metamorfosis semut

Semut merupakan serangga yang mudah sekali di temukan di sekitar kita, dan semut juga termasuk kedalam salah satu contoh serangga yang mengami metamorfosis sempurna. Semut mengalami fase telur > larva > kepompong > imago atau semut dewasa.

Akhir kata, itulah pengertian metamorfosis sempurna yang dilengkapi dengan ciri-ciri dan contoh hewan ataupun serangga yang ada di sekitar kita, semoga bermanfaat, cukup sekian dan terimakasih.