Pengertian Simbiosis Mutualisme dan 6 Contohnya

Setiap makhluk hidup saling bergantung antar satu sama lain untuk kelangsungan hidupnya, tidak ada makhluk hidup yang mampu berthan sendiri. Misalnya manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanannya, begitupun sebagian jenis hewan membutuhkan tumbuhan untuk makanannya. Dalam kehidupan dikenal istilah Simbiosis yang menggambarkan hubungan antara makhluk hidup yang saling ketergantungan.

Apa yang Dimaksud Dengan Simbiosis?

Dalam ilmu biologi pengertian simbiosis adalah sebutan untuk menggambarkan interaksi antar makhluk hidup yang hidup saling berdampingan. Interaksi tersebut ada yang saling menguntungkan ada juga yang merugikan salah satu pihak, dan ada yang tidak dirugikan maupun di untungkan satu sama lain, oleh sebab itu simbiosis juga terbagi menjadi beberapa macam, seperti simbiosis mutualisme, komensalisme , dan parasitisme.

Khusus pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai pengertian simbiosis mutualisme dimana contoh simbiosis ini dapat kita temukan di lingkungan hidup sekitar kita, atau di beberapa tempat di suatu ekosistem.

Jelaskan Pengertian Simbiosis Mutualisme!

Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain, sehingga dalam simbiosis mutualisme ini tidak ada pihak yang dirugikan. Interaksi tersebut membuat kehidupan di ekosistem menjadi lebih baik karena saling mendukung satu sama lain, tidak ada yang dirugikan sehingga kehidupan berjalan berdampingan.

5 Contoh Simbiosis mutualisme

1. Interaksi antara kerbau dan burung jalak

Interaksi antara kerbau dan burung jalak disebut interaksi yang saling menguntungkan karena burung jalak akan memakan kutu yang menempel pada tubuh kerbau, disini burung jalak diuntungkan karena mendapatkan makanan, sedangkan kerbau diuntungkan karena kutu pada badannya hilang.

contoh simbiosis mutualisme
Burung Jalak dan Kerbau (kibrispdr.org)

2. Bunga dan lebah madu

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya serangga lebah dan tanaman bunga. Lebah mengambil nektar pada bunga sebagai bahan untuk membuat madu, sedangkan bunga membutuhkan peran lebah untuk memebantu proses penyerbukan. BACA: Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya serta Proses Penyerbukan

bunga dan lebah
Bunga dan Lebah (pixino.com)

3. Ikan Badut dan Anemon laut

Simbiosis mutualisme juga terjadi di daerah perairan terutama di laut. Seperti Ikan badut yang mendapat tempat persembunyian dan prlindungan di anemon laut, sedangkan anemon laut mendapatkan keuntungan dari sisa-sisa makanan ikan badut.

pengertian simbiosis mutualisme
Ikan badut dan Anemon Laut (pixabay.com)

4. Pohon pinus dan jamur

Sekarang simbiosis yang menguntungkan antara organisme tumbuhan seperti Jamur dan pohon pinus. Jamur akan mendapatkan makanan dari pohon pinus sedangkan pohon pinus akan mendapatkan air dan unsur hara dari keberadaan jamur tersebut.

Jamur di hutan pinus (pikist.com)

5. Buaya dan burung plover

Burung plover sering masuk kedalam mulut buaya yang sednag terngaga lebar, terutama saat buaya berjemur dibawah sinar matahari. Buaya tidak akan memakan burng plover tersebut, burung plover akan memakan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan pada gigi dan mulut buaya. Disini burung plover di untungkan karena mendapatkan maknan dan buaya diuntungkan mulutnya menjadi bersih. Kadang burung plover juga sering hinggap di punggung buaya untuk memakan serangga yang menempel.

Buaya dan Burung Plover (kaskus)

6. Cacing Tanah dan tumbuhan

Cacing tanah dapat membuat tanah menjadi gembur, sehingga memudahkan tanaman dalam menyerap air dalam tanah, sedangkan cacing tanah mendapatkan makanan dari daun-daun tumbuhan yang gugur ke tanah dan membusuk di tanah.

Akhir kata, demikian pengertian simbiosis mutualisme dan contohnya, semoga pembahasan ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu. Sekian dan terimakasih.