Kiat Jitu Cara Mendapatkan Uang di TikTok

Kiat jitu cara mendapatkan uang di TikTok yang sekarang menjadi salah satu sosial media yang populer digunakan oleh berbagai kalangan. Selain twitter dan instagram, platform berbasis musik dan video TikTok beberapa tahun terakhir juga sedang naik daun dengan peningkatan jumlah pengguna yang sangat luar biasa. TikTok seakan menjelma menjadi sosial media baru yang bisa menampung kreativitas serta mampu memberikan hiburan yang selama ini tidak didapatkan di media sosial lain.

Selain karena tipe konten yang berbeda, ketertarikan pengguna juga didasari oleh adanya fakta bahwa kita bisa mendapatkan uang dari TikTok. Angka yang bisa didapatkan juga tidak main-main, jika kamu merupakan seleb TikTok dan punya followers ratusan ribu, kamu bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta rupiah per bulan melalui cara-cara berikut ini.

Cara Mendapatkan Uang di TikTok

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang di TikTok. Mulai dari jualan barang, menjadi influencer, dari payout coins, mendaftar afiliasi layanan hosting dan domain hingga membuka jasa pengelolaan akun TikTok untuk brand multinasional.

Cara Mendapatkan Uang di TikTok
pixabay.com

1. Menjadi Influencer untuk Brand

Menjadi influencer merupakan pilihan mayoritas seleb TikTok untuk mendapatkan uang. Pasalnya, cara ini lebih simpel dan sederhana, terutama jika kamu sudah punya basis pengikut yang banyak dan militan. Hal ini akan lebih mudah untuk menarik minat brand yang ingin bekerjasama.

Terlepas dari itu, ekosistem dunia influencer di Indonesia saat ini juga sangat mendukung dengan banyaknya perusahaan, agency, atau brand yang tertarik untuk membayar para influencer digital.

Alhasil, jika kamu bisa tetap konsisten membuat konten viral yang disukai banyak orang, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapat sponsored post senilai puluhan juta per bulan dari TikTok.

2. Jualan Barang

Cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya yakni dengan berjualan. Platform TikTok yang notabene menggunakan konten berbasis video bakal memudahkan setiap penjual produk fisik untuk memperkenalkan keunggulan dan nilai jual kepada konsumen. Selain itu, sekarang ini kamu juga bisa melakukan live streaming untuk jualan barang di TikTok shop yang relatif lebih banyak disukai netizen karena tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan.

Jadi, jika kamu merupakan pebisnis yang punya produk seperti baju, parfum, sepatu, atau kerajinan tangan, jangan ragu untuk membuat akun TikTok. Karena kamu bisa melakukan promosi dengan efektif dan efisien melalui platform media sosial yang satu ini.

3. Memproduksi Musik

Selain menggunakan video sebagai basis konten, TikTok juga menggunakan musik untuk membuat konten video lebih menarik. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat musik yang easy listening dan related dengan isi video kebanyakan orang, sehingga musik kamu menjadi semakin populer.

Di TikTok sendiri saat ini sudah banyak beredar musisi-musisi baru yang mengangkat genre hampir sama. Bahkan, beberapa musisi yang lagunya viral juga sempat diundang ke stasiun televisi untuk melakukan perform atau sekadar interview. Sangat menarik bukan?

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang musisi dan bingung cara promosi lagu yang tepat, TikTok mungkin bisa menjadi pilihan.

4. Menjadi atau TikTok Specialist

Perkembangan teknologi yang terjadi beberapa tahun terakhir tercatat mampu menciptakan profesi baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Salah satunya adalah TikTok specialist atau TikTok Manager. Lantas, apa tugas dan job desk dari profesi tersebut?

Salah satu tugas utama dari seorang TikTok specialist adalah untuk mengelola akun TikTok brand atau perusahaan. Adapun tanggung jawabnya sendiri biasanya adalah membuat konten TikTok, menjalin kerjasama dengan influencer TikTok, mengoptimalkan caption serta deskripsi di akun TikTok, hingga mencari cara bagaimana agar konten promosi perusahaan bisa viral atau FYP.

Pekerjaan ini bisa dibilang cukup menjanjikan, terutama jika kamu adalah pengguna TikTok yang sudah berpengalaman. Sehingga ketika bekerja rasanya seperti sedang bermain sosial media biasa, tanpa adanya tekanan.

5. Jual Beli Akun TikTok dengan Followers Tinggi

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan melakukan jual-beli akun. Cara ini memang butuh usaha lebih keras dan menuai banyak kontroversi karena menentang syarat dan ketentuan perusahaan.

Namun, setiap hari ada banyak peminat akun TikTok yang sudah memiliki followers tinggi untuk dijadikan sebagai akun brand atau perusahaan. Keuntungan dari cara ini pun bisa sangat besar, karena di satu sisi kita membantu orang lain untuk mendapatkan followers tanpa harus memulainya dari awal.

6. Donasi dari TikTok Coins

Sistem donasi dalam bentuk TikTok coins konsepnya sama seperti di platform streaming, yakni kamu bisa melakukan live video kemudian para followers mengirimkan saweran dalam bentuk coins. Jika kamu sudah memiliki basis followers besar dan loyal, kamu bisa melakukan cara ini untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Kemudian setelah coins terkumpul, kamu bisa melakukan request payouts yang akan dikirimkan melalui rekening bank. Sangat menarik, bukan?

Itulah cara mendapatkan uang di TikTok yang bisa kamu lakukan. Kini tinggal kamu sendiri yang memutuskan apakah mau menggunakan cara jualan, influencer, atau melakukan semuanya untuk meraup cuan lebih besar.