Contoh Rantai Makanan di Laut: Pengertian dan Komponennya

Inilah beberapa contoh rantai makanan di laut dilengkapi dengan pengertian dan komponen yang menjadi pembentuknya. Di setiap ekosistem memiliki rantai makanannya sendiri yang membedakan hanya tempat dan jenis makhluk hidupnya jadi intinya tetap sama. Jika kamu ingin penjelasan lebih lengkap mari kita bahas bersama-sama.

Jelaskan Pengertian Rantai Makanan Di Laut!

Laut adalah daerah periran yang sangat luas di bumi dan memiliki kedalaman beragam.Luas lautan lebih luas daripada daratan di bumi, dan bisa di katakan laut merupakan ekosistem alami di bumi dan mempunyai keaneka ragaman hayati yang mungkin masih belum diketahui semuanya.

Laut memiliki keadaan air yang mengandung garam sehingga airnya asin, selain itu variasi suhunya-pun beragam karena dipengaruhi berbagai faktor mulai dari intensitas cahaya matahari hingga kedalamannya, umumnya suhu di permukaan lebih dingin dari pada di bagian dalam. Semakin dalam laut semkin tinggi juga tekanannya dan semakin keciljuga ukuran mahkluk hidupnya. Bisa dikatakan Laut masih menyipan banyak misteri yang belum diketahui oleh manusia.

Jadi bisa di katakan rantai makanan laut adalah peristiwa makan di makan antar makhluk hidup di dalam ekosistem laut dengan urutan tertentu. Bisa juga rantai makanan adalah suatu ekosistem makhluk hidup di lautan dimana terjadinya perpindahaan energi dari sumber daya (makhluk hidup produsen) melalui urutan organisme atau jenjang makanan, dimana suatu organisme memakan satu sama lain untuk mendapatkan energi.  Baca secara umum: Pengertian Rantai Makanan dan Contohnya

Komponen Rantai Makanan di Laut

1. Phytoplankton

Jika di darat produsen dalam rantai makanan adalah tumbuhan maka di lau adalah Fitoplankton yang dapat memproduksi makanannya sendiri dengan cara fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari yang masuk ke dalam laut. Maka bisa di katakan fitoplankton merupakan tingkatan pertama yang beperan sebagai produsen rantai makanan di laut.

2. Zooplankton

Merupakan satwa berukuran sangat kecil yang mengapung bebas di lautan. Zooplankton tidak bisa memproduksi makannya sendiri sehingga tidak bisa berfotosintesis. Dalam rantai makanan ekosistem laut zooplankton memakan fitoplankton yang memiliki ukuran lebih kecil. Maka bisa dikatakan zooplankton merupakan konsumen tingkat pertama. Ada zuka zooplankton memakan zooplankton lainnya merupakan konsumen tingkat ke dua dan seterusnya.

3. Predator

Predator merupakan konsumen tertinggi dalam rantai makanan laut. Biasanya berupa ikan pemburu yang berukuran besar dan memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya. Ada juga hewan laut seperti paus orca yang merupakan predator ganas di lautan karena bisa memburu dan memangsa berbagai jenis hewan laut mulai dari plankton, anjing laut, singa laut, cumi-cumi, ikan kecil, hingga memangsa burung laut sekalipun.

4. Dekomposer

Komponen terakhir dalam rantai makanan yaitu dekomposer atau disebut juga Pengurai. Dekomposer ini berfungsi untuk pengurai bangkai sisa-sisa makhluk hidup di laut bisanya berupa binatang berukuran kecil seperti bakteri. Dekomposer berguna sebagai penyeimbang rantai makanan baik itu di darat maupun di laut, hasil penguruaian dekomposer berguna sebagai nutrisi phytoplankton dalam memproduksi makanannya. Baca Juga: Pengertian Piramida Makanan dan Contohnya

Contoh Rantai Makanan di Laut

Berikut ini tiga contoh rantai makanan pada ekosistem laut yang bisa di pelajari dan di amati, misalnya:

Phytoplankton > Zooplankton > Ikan teri > Ikan Makarel > Ikan Hiu > dekomposer

contoh rantai makanan di laut
Gambar contoh rantai makanan laut 1

Keterangan:

  • Phytoplankton sebagai produsen
  • Zooplankton sebagai konsumen tingkat 1
  • Ikan teri sebagai konsumen tingkat 2
  • Ikan makarel konsumen tingkat 3
  • Ikan hiu sebagai konsumen tingkat 4
  • Dekomoser sebagai pengurai

Phytoplankton > Zooplnkton > Udang atau Lobster laut > Ikan Tuna > Singa Laut > Dekomposer

rantai makanan ekosistem laut
Gambar rantai makanan laut 2

Keterangan:

  • Phytoplankton sebagai produsen
  • Zooplankton sebagai konsumen tingkat 1
  • Udang laut konsumen tingkat 2
  • Ikan tuna sebagai konsumen tingkat 3
  • Singa laut sebagai konsumen tingkat 4
  • Dekomoser sebagai pengurai

Phytoplankton > Ikan kecil > Singa laut > Paus Orca > Dekomposer

Gambar rantai makanan laut 3 (mikirbae.com)

Keterangan:

  • Phytoplankton sebagai produsen
  • Ikan kecil sebagai konsumen tingkat 1
  • Singa laut sebagai konsumen tingkat 2
  • Paus orca sebagai konsumen tingkat 3
  • Dekomoser sebagai pengurai

Akhir kata… demikian contoh rantai makanan di laut yang bisa kamu pelajari, semoga pembahasan ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sekian dan terimakasih…