Artificial Intelligence adalah: Contoh, Manfaat, dan Kerugiannya

Berikut ini pengertian artificial intelligence adalah: dilengkapi juga dengan contoh penerapannya, manfaat, hingga kerugian yang di timbulkannya –  Saat ini mesin yang dilengkapi Artificial Intelligence terus mengalami perkembangan yang pesat karena teknologi ini dianggap bisa membantu, meringankan, atau mempermudah pekerjaan manusia. Lalu pada kesempatan kali ini mari kita bahas Bersama-sama.

Jelaskan Pengertian Artificial Intelligence (AI)!

AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh manusia melalui teknologi, kecerdasan buatan ini mampu berfikir dan bertindak layaknya manusia. Teknologi atau mesin yang menggunakan AI ini mampu mengerjakan sesuatu tanpa harus mendapatkan perintah yang detail.

Di perusahaan besar terutama yang bergerak di bidang produksi sudah banyak menggunakan mesin yang berteknologi AI untuk memelakukan proses produksinya, hal ini karena AI dianggap jarang melakukan kesalahan, lebih efektif dan efesien, bisanya karyawan hanya melakukan pemeliharaannya saja.

Pengertian Artificial Intelligence adalah
pixabay.com

Bisa juga Artificial Intelligence artinya sistem komputasi yang memiliki kecerdasan seperti manusia, AI bisa mendapatkan Informasi dan menggunakan informasi tersebut untuk melakukan pekerjaan secara mandiri. AI merupakan kecerdasan yang dapat meniru cara berfikir manusia untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Banyak juga yang berangapan bahwa AI merupakan teknologi yang berbentuk robotik, pernyataan tersebut memang benar tapi keceradasan buatan tidak selalu dalam bentuk Robot. Manfaat yang paling dirasakan dari kecerdasan buatan oleh manusia seperti dapat meringankan pekerjaan, seperti  pekerjaan yang sifatnya berulang secara terus menerus dan memiliki pola tertentu.

Bentuk Artificial Intelligence

1. Acting Humanly

Merupakan sistem komputer atau teknologi yang mampu melakukan aktivitas pekerjaan berulang dan berpola seperti yang dilakukan manusia.

2. Thinking Humanly

Merupakan AI yang mampu berfikir untuk mengambil keputusan dan melakukan suatu tugas yang diberikan, bisa dikatakan bentuk ini bisa berfikir layaknya manusia.

3. Think Rationally

Mampu berfikir secara rasional, berfikir tidak kaku meski merupakan suatu teknologi atau mesin.

4. Act Rationally

Mampu bertindak secara rasional , jadi tidak hanya meniru pekerjaan manusia tapi bisa mengkoreksi kesalahan dan mengkoreksi masalah.

Contoh Artificial Intelligence

1. VR (Virtual Reality)

Virtual reality adalah teknologi yang membuat penggunanya bisa merasakan objek imajinasi secara nyata atau merasakan seolah-olah berinteraksi dengan lingkungan virtual dari hasil simulasi yang dilakukan oleh komputer, teknologi ini sering digunakan pada industri game.

2. Mobil Pintar

Contoh Artifical Intelligence salah satunya pada kendaraan mobil listik. Karena mobil ini dilngkapi AI maka disebut Smart Car atau Mobil Pintar, misal seperti mobil listrik Tesla yang dilengkapi berbagai sensor dan bisa menjalankan fitur autopilot.

3. Asisten Virtual

Contoh kecerdasan buatan selanjutnya Asisten Virtual, misalnya seperti Google Now yang sekarang ada di perangkat gadget dengan sistem operasi Android dan iOS. Asisten virtual ini dapat membantu kita mencarikan informasi di internet hanya dengan menggunakan kata-kata yang kita ucapkan.

4. Layanan Chat Konsumen

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen biasanya maketplace atau perusahaan lainnya akan menggunakan AI yang berbentuk chatbot, sehingga saat konsumen bertanya menggunakan layanan chat maka AI tersebut akan menjawab dan memberikan informasi yang di tanyakan. Chatbot sendiri dapat diartikan sebagai program yang dirancang untuk mensimulasikan percakapanbaik dengan teks maupun audio.

5. Bidang Robotika

Contoh penerapan Artifical Intellegence selanjutnya pada industri robotika. Saat ini robot semakin di kembangkan untuk membantu pekerjaan manusia supaya lebih efesien dan efektif. Selain itu robotika juga bisa berguna sebagai sarana hiburan bagi manusia, misalnya robot anjing yang bisa merespon perintah.

6. Fitur Pada Kamera Smartphone

Saat ini pada kamera pada smartphone sudah bisa menambahkan berbagai fitur mulai dari filter, editing, dan lain-lain. Fitur tersebut tentunya menggunakan AI mulai deteksi wajah, deteksi warna, meningkatkan kualitas gambar, sehingga dengan menggunakan filter hasil gambarnyaterlihat lebih maksimal. Baca Juga: Pengertian Gadget

7. Rekomendasi Produk di Marketplace

Saat kamu membuka marketplace terdapat banyak produk yang bisa kamu beli mulai dari produk elektronik, fashion, keperluan rumah tangga, keperluah hobi, hingga produk digital. Pada marketplace terdapat Rekomendasi produk yang di sarankan pada kamu. Daftar rekomendasi produk ini ditampilkan menggunakan AI yang mempelajari kebiasan kamu di marketplace misalnay sering mencaridan membeli produk tertentu. Baca Juga: Marketplace adalah Tempat Aman Jualan dan Belanja Online

contoh Artificial Intelligence Brain Technology Network
maxpixel.net

Manfaat Artificial Intelligence

1. Dapat menganalisis data yang besar

Kecerdasan buatan dapat mengerjakan tugas yang kompleks seperti memproses dan menganalisis data bervolume besar dengan handal tanpa Lelah dan efektif.

2. Meminimalisir kesalahan

Misalnya dalam bisnis terdpat entri data yang banyak dan besar maka dengan penggunaan AI kesalahan dalam memproses data dapat di minimalisir, sehingga kinerja sistem pemerosesan data  menjadi lebih efesien dan kesalahan bisa di hindari.

3. Meringankan Pekerjaan Yang Berulang

AI tidak akan pernah bosan atau lelah melakukan perintah pekerjaan yang berulang-ulang, bayangkan jika dilakukan oleh manusia kadang akan merasa bosan dan lelah sehingga produktivitas kerja menjadi menurun dan berpengaruh pada perkembangan bisnis.

4. Pelayanan Lebih Efesien

Manfaat Kecerdasan buatan selanjutnya mampu meningkatkan pelayanan pada konsumen dan ketersediaan layanan hingga 24 jam. Karena AI tidak akan merasa lelah dalam melakukan tugas berulang, misalnya seperti yang sudah di sebutkan penerapan chatbot mampu melayani konsumen kapan saja dalam 24 jam, dengan begitu tugas maupun tekanan karyawan berkurang. Baca Juga: Pengertian Pelayanan Prima dan Contohnya

5. Serba Otomatis

Manfaat Artificial Intelligence yang bisa dirasakan manusia yaitu semuanya berjalan otomatis, jadi tanpa memberikan perintah yang spesifikpun pada mesin semua pekerjaan berjalan otomatis sehingga produktivitas bisnis meningkat. Selain itu AI juga bisa digunakan sebagai alat pengambil keputusan yang handal.

Kerugian Artificial Intelligence

1. Mengurangi Pekerjaan manusia

Karena teknologi kecerdasan buatan semakin maju maka pekerjaan manusia banyak digantikan oleh robotik, hal ini berdampak pada semakin tingginya angka pengangguran. Alasan perusahaan menggunakan robotik atau teknologi kecerdasan buatan seperti lebih produktif, praktis dan efesien, lalu dapat meminimalisir kesalahan, dan minimnya biaya perawatan.

2. Relatif Mahal Pembuatannya

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat atau membeli mesin yang mendukung kecerdasan buatan sangat mahal biayanya selain itu dalam pembuatannya juga cukup lama karena AI dapat meniru pekerjaan manusia.

Jadi pengertian Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang dibuat oleh manusia yang di terapkan pada teknologi, tujuan utamanya untuk meringankan atau membantu segala pekerjaan manusia. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat, dan jika ada keselahan mohon di maafkan, terimakasih.