Pengertian Entitas adalah: Jenis, Contoh, dan Ciri Penulisan

Seputar pengertian entitas adalah: dilengkapi jenis, contoh, ciri-ciri penulisannya yang baik dan benar – Istilah entitas mungkin terdengar asing bagi Sebagian orang, tapi untuk mahasiswa khussnya jurusna IT sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Maka pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari Bersama sama, menegnai yang dimaksud entitas.

Jelaskan Pengertian Entitas!

Entitas artinya sesuatu yang mempunyai keberadaan unik dan berbeda, entitas tidak selalu berbentuk fisik, bisa berupa data. Dalam dunia IT entitas merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu model alur komunikasi dan pemerosesan seperti membedakan dokumen dan hubungan antar data.

Sedangkan pengertian himpunan entitas adalah sekumpulan entitas yang saling berbagi atribut yang sama. Lalu apa itu atribut? Merupakan spesifikasi yang mendeskripikan objek, elemen, data, ataupun file, atribut juga sering disebut dengan meta data.

pengertian entitas adalah
gambar: pixabay.com

Pengertian Menurut Beberapa Konsep

Adapun Pengertian entitas menurut berbagai macam konsep, misalnya:

1. Konsep Basis Data

Merupakan benda, tempat, atau objek yang menggambarkan suatu data, atau objek mewakili sesuatu yang dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya. Dalam database entitas memiliki atribut data yang menggambarkan karakeristik. Baca Juga: Pengertian Database dan Keuntungannya

2. Konsep Akuntansi

Entitas dalam akuntansi adalah suatu unit usaha yang memiliki kesatuan keuangan, atau adanya laporan keungan akuntansi yang dimiliki setiap unit usaha dimana laporan keungan tersebut merupakan sebuah kesatuan akuntansi. Baca Juga: Pengertian Akuntansi Keuangan dan Fungsinya

3. Konsep Ekonomi

Merupakan unit usaha yang menjalankan aktivitas usaha dan finansial untuk kepentingan sendiri yang dipandang kedalam suatu entitas.

4. Konsep Legal

Merupakan suatu kesatuan badan hukum yang telah diakui dan diperlakukan sebagai perseorangan menurut hukum yang berlaku, atau bisa juga sebagai keasatuan badan hukum yang keberadaanya dijamin oleh hukm yang berlaku.

Jenis Entitas Dalam Basis Data

1. Entitas lemah

Entitas lemah adalah suatu entitas yang bergantung kepada himpunan entitas lain atau bergantung pada entitas kuat, misalnya data penjualan bergantung pada stok barang.

2. Entitas kuat

Entitas kuat adalah jenis entitas yang tidak bergantung pada himpunan entitas lain.

Contoh Entitas

1. Manusia

Manusia memilki dua ajenis kelamin Laki-Laki dan Perempuan, atau setiap manusia memiliki berbagai macam profesi seperti Penjual, Sopir, Guru, Mahasiswa, buruh, dan sebaginya, maka hal tersebut merupakan entitas

2. Binatang

Binatang atau hewan memiliki beragam jenis, misalnya kambing, sapi, kerbau, domba, ayam, bebek, angsa, dll. Jenis binatang tersbut bisa dikatakan sebagai entitas dari hewan.

3. Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki beragam jenis mulai dari yang berbunga dan yang tidak, misalnya tanaman berbunga: rose, melati, anggrek, mawar, bunga kertas dan lain-lain, tanaman yang tidak berbunga atau tanaman hias daun seperti: agloanema, kuping gajah, lidah mertua, suplir, dan lain-lain.

4. Kampus

Contoh entitas selanjutnya di dalam lingkungan kampus. Tnetu suatu Kampus terdiri dari berbagai macam entitas, misalnya mahasiswa, jurusan, mata kuliah, dosen, dan lain-lain.

Penulisan Entitas Yang Baik dan Benar

  • Entitas melambangkan sesuatu yang benar-benar ada seperti profesi orang, mata kuliah, hewan, tanaman, atau objek lainnya.
  • Dalam database umumnya nama entitas tidak boleh sama antara satu dengan yang lainnya.
  • Penamaan entitas harus deskriptif artinya mudah di pahami.
  • Penulisannya menggunakan huruf (A-Z), Angka (0-9) dan beberapa karakter.

Akhir kata… jadi entitas artinya sesuatu yang mempunyai keberadaan unik dan berbeda dan tidak selalu berbentuk fisik misalnya mata kuliah, fakultas, dan lain-lain. Entitas sering ditemukan saat mempelajari database atau dalam membentuk permodelan sistem pada komputer.