11 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja dan Menjanjikan

Berikut ini 11 jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dengan biaya relatif tidak mahal. Bagi sebagian orang yang baru lulus SMA lalu berkeinginan melanjutkan ke perguruan tinggi dan merasa bingung dalam memilih jurusannya. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan saat memilih jurusan kuliah dilengkapi prospek kerjanya.

Daftar Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

1. Teknik Informatika

Teknik informatika adalah bidang keilmuan yang mempelajari penggunaan komputer dan menganalisis data yang berbasis kumputasi secar lebih mendalam dan saat ini menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja tinggi terutama di masa depan. Dalam teknik informatika biasanya mempelajari algoritma, koding program, berbagai jenis database, analisis sistem, pengujian sistem, hingga kinerja komputer. Selain itu di jurusan ini mahasiswa akan belajar berfikir lebih kratif untuk membuat teknologi atau program komputer baru. Jurusan ini dibutuhkan banyak perusahaan karena saat ini dan di masa depan banyak perusahaan menggunakan komputer untuk mengolah data-datanya.

Beberapa Prospek kerja Teknik Infromatika di perusahaan seperti:

a. Programer

Merupakan pekerjaan yang memebuat software komputer hingga mengembangkan software komputer yang sudah ada.

b. Web enginer

Merupakan suatu pekerjaan yang bertugas mengembangkan web dan melakukan pemeliharaan web.

c. Networking

Pekerjaan yang melakukan perancangan, mengelola, hingga merawat jaringan komputer.

d. Database administrator

Pekerjaan yang melakukan perancangan, mengelola, hingga memelihara database yang memiliki jumlah data banyak. Baca Juga: Pengertian DBMS dan Contohnya

e. Konsultan IT

Pekerjaan yang merancang, mengevaluasi sesuatu tang berkaitan dengan IT dalam suatu perusahaan.

jurusan kuliah yang banyak peluang kerja
gambar: piqsels.com

2. Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah ke ilimuan yang mempelajari segala sesuatu menganai keuangan. Semua perusahaan memerlukan orang yang mengarti akuntansi karena perusahaan selau berkaitan dengan keuangan. Dalam studinya selain belajar mengelola keuangan, jurusan akuntansi juga mempelajari manajemen, perpajakan, sistem informasi, audit, kadang ada juga yang mempelajari program komputer untuk akuntansi. Untuk mengambil jurusan ini kamu harus pintar Matematika, jika tidak lebih baik urungkan niat mengambil jurusan ini. Beberapa bidang profesinya seperti:

a. Akuntan

bidang pekerjaan yang tugasnya menganalisis keuangan perusahaan hingga pembuatan laporan keuangan.

b. Internal Aduditor

Profesi pada suatu perusahaan yang memeriksa dan memastika kebenaran setiap laporan yang berkaitan dengan keuangan.

c. Akuntan Publik

Merupakan pihak independen tidak terikan oleh suatu perusahaan, yang bertugas mengaudit memastikan kebenaran setiap laporan keungan.

d. Akuntan pajak

Profesi yang bertugas menghitung pajak pada perusahaan secara tepat lalu memastikan pajak yang dibayar tepat sesuai peraturan negara. Baca Juga: Pengertian Pajak

e. Tenaga Pengajar (Guru/Dosen)

Lulusan akuntansi juga bisa menjadi seorang pengajar seperti guru maupun dosen di kampus-kampus, tentunya untuk menjadi seorang dosen harus lulusan Magister.

3. Manajemen

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja selanjutnya yaitu jurusan Manajemen yang di dalamnya pempelajari segala kegiatan yang ada pada perusahaan. Manajemen sendiri terdiri dari berbagai macam seperti manajemen bisnis, manajemen rumah sakit, manajemen industri, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen informatika, dan lain-lain. Tentunya jurusan ini memiliki prospek yang menjanjikan di dunia kerja karena setiap perusahaan pasti membutuhkannya untuk mengisi berbagai bagian. Beberapa profesi kerjanya seperti:

a. Manajeman Sumber Daya Manusia

Suatu profesi yang memiliki tugas utama mengelola sumber daya manusia seperti karyawan di perusahaan.

b. Manajemen keuangan

Profesi yang memastikan kelancaran terhadap pemasukan hingga pengeluaran keuangan terutama yang berhubungan dengan administrasi keuangan.

c. Manajemen pemasaran

Pekerjaan yang bertugas menganalisis, merencanakan, pengendalian, implementasi atas program-program pemasaran pada suatu perusahaan. Baca Juga: Pengertian Manajemen Pemasaran dan Fungsinya

d. Manajemen Produksi

Suatu profesi tang berperan melakukan koordinasi dari beragam kegiatan produksi hingga target produksi tercapai. Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional

e. Manajemen proyek

Pekerjaan yang tugasnya untuk mencapai sasaran maupun tujuan dalam suatu proyek secara efesien dan efektif.

Jurusan kuliah yang menjanjikan
gambar: pixino.com

4. Arsitektur

Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja saat ini salah satunya Asitektur, karena banyak perusahaan yang membutuhkan arsitek untuk merancang dan menganalisis kontruksi bangunan. Universitas dan perguruan tinggi menjadikannya sebagai jurusan teknik sehingga jurusn arsitek masuk kedalam fakultas teknik. Saat ini untuk merancang suatu bangunan sudah bisa menggunakan software komputer seperti autocad dan sketcup. Dalam mengambil jurusan arsitektur juga kamu harus pintar Matematika dan lgika yang kuat. Beberapa bidang kerjanya seperti:

a. Drafter

merupakan profesi yang mendesain hingga merancang suatu bangunan secara detail teutama dari sisi interior. Biasanya melakukan perancangan pada bagian dalam dekorasi suatu ruangan selain itu melakukan pemilihan bahan hingga menganalisis biaya yang dikeluarkan untuk interior.

b. Arsitek

Adalah pekerjaan yang bertugas mendesain dan merancang bangunan bisa berbentuk rumah, gedung, hingga fasilitas umum.

c. Surveyor bangunan

Orang yang ahli dalam kontruksi dan bangunan, surveyor bianya mengevaluasi, memberikan saran, hingga memberikan rekomendasi pada klien tentang pengembangan desain maupun kontruksi.

d. Quantity Surveyor

Orang yang menganal berbagai bahan bangunan, jadi bertugas memberikan saran menganai bahan kepada arsitek saat sedang merancang bangunan.

5. DKV (Desain Komunikasi Visual)

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya Desin Komunikasi Visiual atau DKV, dulu dikenal sebagai desain grafis. Banyak perusahaan yang memerlukan desainer untuk produk yang mereka jual. Banyak industri yang memebutuhkan orang yang bisa menyampaikan pesan secara visual. DVK sudah mengalami perkembangan pesat dan lebih luas selain mendesain grafis secara 2D, pelajar juga mempelajari desain grafis 3D, hingga yang bergerak.

a. Graphic Designer

Tugas utamanya membuat desain grafis menggunakan software komputer seperti photoshop, colerdrawa, ai, dan sebagainya.

b. Ilustrator

Tugasnya membuat gambar ilustrasi yang diminta klien untuk perancangan yang nanti akan di buat.

c. Art Director

Menjadi pengarah di bidang kreatif misalnya berkerja di indutri perfilman, industri periklanan, hingga di inndustri seni teater.

d. Web Designer

Mendesain web yang diminta klien atau perusahaan, jadi tidak hanya seorang programer, seaorang dengan juruan DKV juga bisa menjadi web designer.

6. Teknik Industri

Teknik industri menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja tinggi. Teknik industri adalah ilmu yang mempelajari cara mengoptimalkan kinerja manusia seperti di bidnag produksi, pengolahan, perekonomian, hingga menghasilkan sesuatu. Biasanya saat lulus biasanya bekerja dengan sesuatu yang berhubungan dengan produksi atau pengelolaan seperti sistem produksi pabrik, hingga manajemen perusahaan, beberapa prospek kerjanya:

a. Logistic Specialist

Tugasnya melakukan analisa dan mengatur pasokan produksi, seperti dari mulainya pemesanan bahan baku, produksi bahan baku, hingga distribusi produk ke konsumen.

b. Quality Control Engineer

Pekerjaan yang bertugas untukmemastikan bahwa produk yang telah di produksi telah memenuhi standar kualiatas.

c. Cost Control Engineer

Tugasnya membuat kalkulasi biaya hingga waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan produksi.

d. Sales Engineer

Profesi yang Menjual hasil produksi, menjelaskan kegunaan produk, kualitas, dan sebagainya kepada konsumen sehingga konsumen tertarik membeli, jangan salah jadi seorang sales bisa mendapatkan bonus tinggi.

jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja
gambar: pixnio.com

7. Statistika

Selanjtnya jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja yaitu jurusan Statistika. Jurusan ini cukup menjanjika untuk masa depan, karena semakin kesini banyak pekerjaan yang tugasnya mengolah data. Jurusan statistika menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pengolahan data, memiliki analisis dan logika yang baik. Karena statistika bagian dari Matematika, maka pintar Matematika mutlak saat mengambil jurusan ini jika ingin bertahan dalam pembelajarannya. Beberapa prospek kekrjanya seperti:

a. Data Scientist

Cukup banyak perusahaan yang membutuhkan seorang data scientist apalagi jaman sekarang yang sudah di dukung oleh teknologi teruta makomputer. Biasanya pekerjaan ini dilakukan bersama tim seperti merapihkan lalu mengolah data yang terkumpul.

b. Data Analyst

Disebut juga analisa data bertugas mengambil, mengolah dan melakukan analisis data. Data yang diolah lalau di sajikan dengan cara yang lebih di pahami oleh orang awam.

c. Researcher

Lulusan statistika juga bisa menjadi peneliti atau reasecher dalam berbagai bidang, nantinya bisa bekerja sebagai peneliti perusahaan, lembaga survei, hingga di instansi pemerintahan.

d. Aktuaris

Profesi yang tugasnya menghitung resiko keuangan di suatuperusahaan. Perhitungannya berdasarkan data yang di peroleh lalu di olah, biasanya profesi ini bekerja di bank dan pialang.

8. Ilmu pendidikan

Jurusan ilmu pendidikana adalah jurusan yang banyak di minati karena tergolong relatif mudah, materi pelajarannya berkaitan dengan pelajaran di sekolah ataupun di kampus. Seperti sastra Arab, sastra Indonesia, sastra Inggris, matematika, pendidikan jasmanai, atau ilmu mengenai pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru untuk Anak Usia Dini (PGPAUD), dan Pendidikan Guru untuk Anak dengan Kebutuhan Khusus. Sebagian orang yang mengambil jurusan ilmu pendidikan bertujuan untuk menjadi seorang guru, atau jika mengambil jurusan bahasa asing biasnaay bisa berfrofesi menjadi seorang penerjemah.

gambar: piqsels.com

9.Teknik Sipil

Teknik sipil adalah kelimuan yang mempelajari cara merancang-bangun dan infrastruktur untuk keperluan manusia pada sektor publik. Jadi sebagan besar pembahasan pelajarannya berkaitan dengan kontruksi bangunan, gedung, jembatan, jalan raya, dan fasilitas umum. Teknik sipil berbeda dengan arsitektur, karena pekerjannya lebih ke bagian lapangan. Untuk mengambil jurusan ini pastikan bahwa Matematika, Fisika, dan logika kamu harus kuat. Karena gajinya cukup tinggi dan banyaknya perusahaan yang membutuhkan maka teknik sipil termasuk  Jurusan kuliah yang menjanjikan: Beberapa prospek kerjanya seperti:

a. Surveyor bangunan

Memastikan pembangunan sesuai dengan peraturan undang-undang, jika tidak sesuai peraturan maka seorang surveyor pengendalian bangunan harus menemukan solusinya. Selain itu membantu juga dalam mengurus bebrbagai perizinan, mengecek pondasi hingga sistem drainase bangunan.

b. Konsultan Konstruksi

Berperan sepagai project manajer pada suatu proyek kontruksi, biasanya bertugas mengawasi, mengatur anggaran hingga memenajaemen kontruksi yang sedang di kerjakan. Maka dibutuhkan kreativitas maupun kemampuan dalam mendesain sesuai keinginan klien.

c. Kontraktor

Merupakan profesi yang mengubah rencana konsultan menjadi kenyataan, sehingga menerapkan apa yang sudah dirancang oleh konsultan, Disini kemamuan dalam mengatur material pembangunan di butuhkan.

d. Develover

Bagi yang sudah berpengalaman banyak, memiliki sertifikat ijin khusus, maka berpeluang membuka lapangan kerja yaitu dengan cara menjadi develover perumahan, jasa kontruksi, hingga konsultan perencanaan bangunan.

10. Jurusan Keperawatan

Selanjutnya Jurusan kuliah yang banyak peluang kerja yaitu jurusan keperawatan, disini mahasiswa akan mempelajari bagaimana caranya menangani pasien, tujuannya tentu untuk membantu dokter. Saat ini tenaga keperawatan semakin banyak di butuhkan di rumah sakit, puskesmas, dan di klinik kesehatan.

11. Farmasi

Jika jurusan keperawatan kerjanya bertemu dengan pasien maka jurusan farmasi tidak bertemu pasien secara langsung, bisa dikatakan kerjanya dibalik layar. Biasanya bagian farmasi bekerja mengidentifikasi, meracik hingga menganalisisi obat yang sesuai dengan standar kesehatan. Sebaian besar lulusan farmasi berkerja sebagai apoteker atau bekerja di perusahan yang bergerak di bidang farmasi.