Ekonomi Digital adalah: dilengkapi Manfaat dan Contohnya

Seputar tentang pengertian ekonomi digital adalah: dilengkapi dengan manfaat dan beberapa contohnya yang ada saat ini – Karena teknologi semakin berkembang pesat maka saat ini muncuah istilah ekonomi digital yang sering dikaitkan dengan transaksi digital yang berimbas pada peningkatan perekonomian, untuk itu mari bahas bersama-sama.

Jelaskan Pengertian Ekonomi Digital!

Ekonomi digital adalah semua aktivitas ekonomi yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, aktivitasnya meliputi pemasaran, transaksi, hingga promosi. Dengan dukungan teknologi proses transaksi dapat berjalan dengan cepat, selain itu proses pemasaran juga berlangsung dengan lancer dan hemat biaya.

Adanya ekonomi digital segala aktivitas perekonomia dapat berjalan lebih cepat dan lebih efesien. Perkembangan teknologi yang pesat tentunya banyak mendatangkan banyak manfaat untuk aktivitas manusia, selain mempermudah dalam berkomunikasi dapat mendukung dalam perkembangan ekonomi juga.

pengertian ekonomi digital adalah
Gambar: Pxhere.com

5 Manfaat Ekonomi digital

Saat ini ekonomi digital menjadi salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi informasi sehingga berimbas kepada laju perekonomian. Adpun manfaat ekonomi digita seperti:

1. Informasi Yang Cepat

Informasi bisa diperoleh dengan cepat, misalnya konsumen ingin memebeli produk smartphone merek tertentu maka informasi mengenai spesifikasi, harga, ulasan pembeli lain bisa di peroleh dengan cepat.

2. Melimpahnya Informasi

Selain bisa memperoleh informasi dengan cepat, konsumen juga bisa melihat berbagai infromasi produk tertentu, misalnya membandingkan smartphone satu dengan yang lainnya sebelum membeli dan mencari penjual dengan harga terbaik.

3. Praktis dan Hemat waktu

Banyak marketplace dan toko online terpercaya di Internet yang menjual berbagai macam produk, dengan begitu kita dapat bertransaksi di rumah saja tanpa perlu mendatangi toko secara langsung cukup mentransfer pembayaran maka produk yang dipesan akan dikirimkan ke alamat tujuan lewat ekspedisi.

4. Hemat biaya

Promosi menggunakan media digital seperti Internet relatif lebih hemat daripada media lainnya. Selain itu untuk berjulan tidak selalu membutuhkan toko fisik, cukup membuka toko online atau lapak di marketplace saja sudah bisa berjualan.

5. Bermunculan Ide Baru

Ekonomi digital membuat orang lebih inovatif dalam menciptakan produk yang berpotensi bisa menghasilkan laba dan menyerap tenaga kerja, seperti munculnya perusahaan pesan antar, jasa ekspedisi, mata uang digital, berbagai sistem pembayaran, marketplace, dan lain-lain.

contoh ekonomi digital
Gambar: maxpixel.net

5 Contoh Ekonomi Digital

Mungkin lebih tepatnya contoh produk digital yang sering digunakan untuk perekonomian:

1. Transportasi Online

Maksudnya transportasi yang bisa di pesan secara online lewat aplikasi di smartphone misalnay seperti gojek, grab, uber, dan lain-lain. Aplikasi tersebut selain bisa digunakan untuk memesan transportasi secara online bisa juga digunakan untuk jemput-antar produk. Layanan ini memberikan dapak besar terhadap perekonomian terutama dalam menyerap banyak tenaga kerja hingga mengembangkan UMKM khususnya di bidang kuliner.

2. E-Wallet

Merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk memudahkan dalam bertransaksi secara digital. Perkemabangan E-wallet semakin pesat saat ini bahkan toko ofline juga sudah banyak yang menerima pembayaran dengan e-wallet. Contohnya seperti uang lektronik OVO, Go-Pay, Dana, dan sebagainya. >>Baca Juga: Uang Elektronik adalah: Contoh, Manfaat, Kelebihan, dan Kekuranganya

3. Toko Online

Masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan took online dan marketplace, meski keduanya sama-sama berguna untuk memasarkan dan membeli produk. Toko online bisanya dibuat sendri untuk memasarkan produk di internet. Banyak orang bahkan perusahaan yang membuat took online untuk memudahkan dalam memasarkan sekaligus mempromosikan produknya.

4. Marketplace

Merupakan tempat berjualan online di internet. Bedanya dengan toko online, di maketplace penjual tidak perlu membuat website, jadi cukup membuat akun lalu mebuka lapaknya sendiri. Jadi maketplace menyediakan tempat untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Beberapa contohnya seperti Tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, blibli, dan sebagainya. >>Baca Juga: Marketplace adalah Tempat Aman Jualan dan Belanja Online

5. Media Sosial

Dengan social media kita dapat mempromosikan produk yang kita jual, bahkan dengan sosial media kita dapat mempromosikan secara gratis, meskipun ada yang berbayar dengan kelebihan tertentu. Dengan begitu sosial media juga dapat membantu dalam pergerakan ekonomi.

Kesimpulannya jadi ekonomi digital adalah aktivitas ekonomi seperti transaksi, memasarkan, dan promosi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet. Dapat kita ketahui Internet cangkupannya sangat luas dan tak terbatas sehingga siapa saja bisa memasarkan produknya di marketlace, toko online, sosial media dan lain-lain. Tapi dalam bertransaksi di internet konsumen harus lebih ekstra berhati-hati, sebaikanya belanja saja di marketplace yang tergolong aman karena menggunakan pihak ke tiga saat bertransaksi.