7 Alasan Masuk Organisasi: Contohnya di Kampus dan Masyarakat

Beberapa alasan masuk organisasi bagi sebagian orang, baik itu di sekolah atau di lingkungan masyarakat. Bisa diartikan organisasi adalah suatu wadah atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu, atau jika dalam lingkungan sekolah organisasi merupakan wadah bagi para siswa untuk mengembangkan minat, bakat, menyalurkan ide, dan aspirasi melalui berbagai kegiatan yang berdampak positif.

Sebutkan Alasan Masuk Organisasi!

Ada beberapa alasan orang khusnya pelajar mengikuti organisasi di sekolah maupun lingkungnnya, selain untuk mencari pengalaman berorganisasi mereka juga memiliki berbagai alasan terutama untuk mengembangkan kemampuan.

1. Menambah Koneksi atau relasi

Salah satu Tujuan masuk organisasi supaya dapat bertemu banyak orang karena semakin banyak bertemu orang semakin betambah teman baru dan menambah relasi. Orang yang memiliki banyak teman akan memiliki kemudahan dalam mencari informasi, mendapatkan peluang kerjaan, hingga mencari bantuan saat membutuhkan bantuan di kemudian hari.

alasan masuk organisasi adalah
Gambar: Pixabay.com

2. Melatih Public Speaking

Masuk organisasi terutama di kampus atau sekolah, dapat melatih cara berkomunikasi kita sehingga menjadi lebih lancar saat menyampaikan sesuatu di depan umum. Dapat dirasakan secara tidak langsung keberanian berbicara di depan umum akan lebih baik dan akan terasa lebih menyenangkan.

3. Melatih Manajemen Waktu

Melatih memanajemen waktu sendiri itu tidaklah mudah, bergabung dengan organisasi di sekolah bisa menjadi salah satu caranya, dengan mengikuti organisasi akan membuat sesorang memiliki banyak kegitan dan berbagai kegitan tersebut membutuhkan pembagian waktu. Sehingga disini akan dilatih cara mengatur waktu dalam 24 jam dengan pekerjan maupun tugas yang ada.

4. Menambah Pengalaman

Alasan masuk organisasi selanjutnya untuk menambah pengalaman dengan mengikuti berbagai program. Beberapa kegiatan kerja akan menambah pengalaman baru dan memberikan wawasan baru juga. Di dalam organisasi teman akan bertambah, kadang mengadakan acara seperti bakti sosial, mengadakan forum diskusi, terjun ke masyarakat langsung, dan sebagainya, karena berbagai pengalaman tersbut tidak akan di dapatkan di dalam kelas.

5. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Tujuan masuk organisasi selanjutnya dapat melatih jiwa kepemimpininan, ketika ada persoalan yang muncul secara tidak langsung dapat melatih jiwa kepemimpinan terutama saat menyelesaikan persoalan tersebut, seperti mengambil keputusan penting, ikut forum diskusi, menyuarakan pendapat, terjun ke masyarakat, dan sebagainya. Jadi kempemimpinan dalam organisasi tidak hanya dimiliki oleh ketua saja tapi harus dimiliki setiap anggota, karena setiap anggota harus belajar bagimana caranya bertanggung jawab atas semua tugas yang di berikan terutama bertanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan serta mengambil keputusan.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Bergabung dengan organisai di sekolah dapat meningkatkan rasa percaya diri karena setip aktivitsanya akan salaing berkomunikasi dengan orang lain, tentunya hal ini secara tidak langsung akan melatih rasa percaya diri kita.

7. Memperkaya CV (Curriculum Vitae)

Saat sudah lulus dan mulai mencari pekerjaan, maka dibutuhkan CV yang bisa menarik perhatian HRD perusahaan. Di dalam CV biasanya dicantumkan pengalaman kerja hingga pengalaman organisasi. Jika kita pernah mengikuti organisasi saat sekolah maka bisa di mencantumkannya, otamtis pengalaman yang tercantum di CV akan semakin bertambah dan menarik perhatian HRD karena kita sudah terlatih menghadapi persoalan, berlatih public speaking, kerjasama tim, mengambil keputusan, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Struktur Organisasi dan Fungsinya

Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia dan Peranannya Pada Organisasi

Contoh Organisasi

1. Organisasi ruang lingkup kampus

Misalnya seperti BEM yang merupakan lebaga eksekutif di kampus atau universitas yang didalamnya terdiri dari berbagai pengurus berasal dari beragam jurusan. BEM menjadi lembaga untuk menyalurkan aspirasi bagi mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa (HM) merupakan organisasi kampus berukuran kecil, berada di ruanglingkup jurusan atau di dalam program studi saja, Himpunan mahasiswa berguna sebagai sarana untuk mengembangkan potensi, menumbuhkan rasa percaya diri, wawasan , hingga pola pikir.

2. Organisasi ruang lingkup masyarakat

Contoh organisasi di masyarakat salah satunya Karang Taruna yang merupakan suatu himpunan di masyarakat yang dibentuk oleh pemuda-pemuda sebagai sarana mengembangkan diri, bhakti sosial, menyampaikan aspirasi , dan sebagainya untuk kesejahteraan masyarakat.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah lembaga organisasi untuk penyelenggaraan pemerintahan dalam runglingkup desa. Badan Permusyawaratan Desa bisa dikatakan sebagai badan parlemen terbaru di desa di jaman otonomi daerah.