Makanan Pokok adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Membahasa seputar pengertian makanan pokok adalah: dilengkapi ciri-ciri dan beberapa contohnya yang mudah ditemukan – Makanan pokok merupakan jenis makanan yang paling di butuhkan oleh semua orang dan tanamannya banyak yang membudidayakan karena sanat bernilai ekonomis.

Jelaskan Pengertian Makanan Pokok!

Makanan pokok adalah makanan utama dan paling banyak di konsumsi oleh manusia setiap harinya. Makanan pokok biasanya mengandung nutrisi berupa karbohidrat, kalori, protein yang sangat dibutuhkan manusia. Jenis makanan pokok yang dikonsumsi manusia beragam jenisnya hal ini tergantung keadaan lingkungan dan iklim daerah tersebut.

Tanaman yang menghasilkan makanan pokok banyak yang membudidayakan karena sangat bernilai ekonomis untuk di jual. Saat manusia mengkonsumsi makanan pokok akan dilengkapi dengan makanan lain atau dilengkapi dengan lauk-pauk berupa daging atau sayuran.

Biasanya jika sering mengkonsumsi makanan pokok jenis tertentu maka akan sulit digantikan dengan jenis lainnya, hal ini karena makanan pokok memiliki sifat membuat ketergantungan. Misalnya kita yang sering memakan nasi maka akan merasa aneh jika menjadikan gandum sebagai makanan pokok.

Ciri-Ciri Makanan Pokok

1. Mengandung sumber energi

Makanan pokok mengandung sumber energi bagi manusia, misalnya mengandung karbohidrat dan kalori. Seperti yang kita ketahui karbohidrat dan kalori merupakan nutrisi yang dapat memberikan kita energi untuk beraktifitas sehari-hari.

2. Sering dikonsumsi

Yang namanya pokok/utama pasti sangat di butuhkan oleh manusia atau menjadi yang paling utama dalam kehidupan. Makanan pokok sering dikonsumsi dan sangat sulit tergantikan.

3. Mudah di budidayakan

Makanan pokok mudah di budidayakan, oleh sebab itu banyak petani juga yang membudidayakan tanaman seperti padi, jagung, ubi dll. karena sangat bernilai ekonomis. >>Baca Juga: Pengertian Agrikultur adalah: Sektor, Contoh Produk, dan Jensinya

7 Contoh Makanan Pokok

1. Nasi

Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang plaing banyak di konsumsi khususnya oleh masyarakat Indonesia. Nasi merupakan olahan beras yang berasal dari tanaman padi, banyak petani yang membudidayakan padi, selain disukai banyak orang padi juga bernilai ekonomis tinggi. Nasi mengandung karbohidrat, kalori, protein, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

makanan pokok adalah
Gambar: pixabay.com

2. Sagu

Sagu merupakan makanan pokok asal Indonesia khususnya dibagian timur, seperti Papua. Sebagian masyarakat menjadikan sagu sebagai pengganti beras karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, nutrisi lainnya seperti serat, protein, kalsium, dan zat besi. Pohon sagu baru bisa di panen jika usianya mencapai 10 tahun. Sagu juga bisa di olah menjadi berbagai makanan seperti papeda yang menjadi makanan khas Indonesia bagian timur, tepung sagu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat kue.

Gambar: majalahlaras.com

3. Jagung

Selanjutnya contoh makanan pokok adalah Jagung. Tanaman jagung mudah di budidayakan terutama di Indonesia, jagung biasanya sering ditanam sebagai tanaman hortikultura atau tanaman selingan setelah memanen padi. Jagung mengandung karbohidrat yang cukup tinggi tapi lebih rendah dari beras. Banyak petani yang membudidayakan jagung karena cukup mudah dalam pemeliharaannya dan cepat panen. Selain bisa dijadikan makanan pokok, jagung sering dijadikan capuran untuk membuat sayur asem, sayur lodeh, campuran bahan sayur bayam dan olahan makanan lainnya, jenis yang digunakan untuk campuran bahan sayur biasanya jagung manis.

jagung contoh makanan pokok
Gambar: Pixabay.com

4. Kentang

Tanaman Kentang merupakan tanaman yang menjalar, dan menghasilkan umbi-umbian yang mengandung kalori, karbohidrat, protein, maupun nutrisi lainnya sehingga bisa dijadikan makanan pokok khususnya untuk mengganti nasi. Masyarakat Eropa banyak yang menjadikan kentang sebagai pengganti nasi dan disantap dengan lauk-pauk. Kentang bisa di olah dengan cara di goreng, di rebus, dan di kukus. Di Indoneisa kentang sering di olah menjadi makanan sambal goreng kentang atau untuk bahan campuran sop lalu dimakan bareng nasi, karena orang Indonesia belum disebut makan jika belum menyantap nasi.

makanan pokok adalah
Gambar: pixabay.com

5. Singkong

Banyak orang yang mneyukai makanan pokok yang satu ini karena dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti keripik, singkong keju, getuk, tape khas bandung, dan olahan makanan lainnya. Singkong juga menjadi bahan utama untuk membuat tepung tapioka. Singkong mudah sekali di budidayakan cukup menancapkan batang nya saja, minim perawatan, dan bernilai ekonomis. Tanaman singkong bisa di tanam di kebun dan sering dijadikan tanaman hortikultura. >>Baca Juga: Pengertian Tanaman Hortikultura beserta Contohnya

singkong
Gambar: pixabay.com

6. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan pokok yang dapat menggantikan nasi. Ubi jalar mudah di tanam dan minim perawatan dan rasanya agak manis. Selain singkong, ubi jalar juga bisa menjadi bahan untuk membuat olahan makanan seperti membuat kolak, keripik ubi, kelepon, dan lain-lain. Ubi jalar memiliki berbagai jenis ada yang berwarna putih, ungu, dan kuning, salah satu jenisnya yang terjkenal yaitu Ubi Cilembu karena memiliki rasa yang manis dan khas. Kandungan nutrisi pada ubi jalar seperti karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalori, dan nutrisi lainnya.

ubu jalar
Gambar: pixabay.com

7. Gandum

Gandum merupakan tanaman dari suku padi-padian yang bijinya mengandung karbohidrat sehingga banyak orang yang menjadikan gandum sebagai makanan pokok seperti di negara China, Iran, Amerika, hingga Russia. Gandum juga digunakan sebagai bahan pokok untuk membuat tepung. Tepung gandum banyak digunakan untuk membuat roti, sereal, dan biskuit. Tidak seperti nasi, gandum memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah.

tanaman gandum
Gambar: pixabay.com

Akhir kata… itulah pengertian makanan pokok dilengkapi dengan ciri-cirinya dan beberapa contohnya. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, cukup sekian dan terimakasih.