Pengertian Agrikultur adalah: 5 Sektor, Contoh Produk, dan Jenis-Jensinya

Jelaskan pengertian agrikultur beserta sektor, contoh produk yang dihasilkan, dan jenis-jenisnya – Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa agrikultur atau pertanian hanya membudidayakan tanaman pangan dan kebun saja, sebenarnya agrikultur sangat luas mencangkup semua kegiatan yang membudidayakan makhluk hidup seperti tanaman hingga hewan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Saat ini sektor pertanian sudah sangat maju terutama di dukung oleh teknologi yang canggih agar menghasilkan pangan berkualitas, selain itu sekarang sudah banyak universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan pertanian.

Jelaskan Pengertian Agrikultur!

Arti agrikultur adalah suatu kegiatan yang dilakukan manusia dengan memanfaatkan sumber daya hayati untuk menghasilkan kebutuhan pangan, agrikultur juga sering disebut Pertanian yang didalamnya meliputi budidaya tanaman dan peternakan hewan. Saat ini ilmu di bidang agrikultur semakin berkemabang sehingga manusia dapat memanfaatkan sumber daya hayati secara lebih maksimal, misalnya membudidayakan tanaman dengan cara kawin silang sehingga menghasilkan jenis yang berkualitas atau memepercepat penggemukan hewan dengan metode tertentu sehingga menghasilkan daging berkualitas.

Bisa juga pengertian agrikultur adalah sebagai ilmu dalam bidang pertanian yang memanfatkan lahan untuk budidaya tanaman dan peternakan hewan sehingga menghasilkan bahan makanan. Perlu diketahui juga pertanian termasuk salah salah satu sektor yang paling berpengaruh untuk meningkatkan perekonomian di suatu negara khususnya di Indonesia.

jelaskan pengertian agrikultur
gambar: piqsels.com

5 Sektor Agrikultur

1. Tanaman pangan

Tanaman pangan ini bisa di sebut tanaman penghasil makanan pokok misalnya seperti tanaman gandum, padi, singkong, jagung, kangkung, bayam, wortel, labu siam, kacang-kacangan, dan sebagainya. Tanaman pangan banyak di budidayakan karena bernilai ekonomis tinggi dan pasti di butuhkan setiap saat untuk makanan.

2. Perkebunan

Hasil perkebunan juga tak kalah pentingnya dari sektor pangan, karena hasilnya bisa di ekspor dan meningkatkan perekonomian negara. Tanaman perkebunan seperti coklat, karet, kelapa sawit, teh, dan sebagainya sangat bernilai ekonomis. Tidak semua hasil perkebunan dapat di konsumsi misalnya seperti tanaman karet yang dimbil getahnya untuk bahan baku produk yang terbuat dari karet contohnya ban kendaraan.

3. Kehutanan

Produk yang dihasilkan sektor kehutanan salah satunya yaitu kayu, tapi untuk mendapatkan kayu di hutan tidak sembarangan harus dengan metode tertentu dan dengan pengawasan ketat supaya tidak merusak lingkungan hidup.

4. Peternakan

Sektor agrikultur dari perternakan menjadi suatu hal terpenting juga dalam meningkatkan perekonomian, di Indonesia sendiri sektor ini banyak di kelola oleh masyarakat adapun hewan yang banyak di ternakan seperti sapi, kambing, domba, ayam, dan bebek. Dari peternakan ini dapat di peroleh daging, telur, susu, dan sebagainya yang dapat dikonsumsi serta bernilai ekonomis.

5. Perikanan

Perikanan merupakan sektor yang sangat potensial juga untuk mendapatkan keuntungan, seperti Indonesia yang memiliki lautan luas maka tak heran masyarakat di pesisir pantai banyak yang berprofesi sebagai nelayan. Untuk menangkap ikan juga tidak boleh sembarangan harus mengikuti peraturan yang berlaku hal ini untuk mencegah perusakan lingkungan. Ada juga masyarakat yang membudidayakan ikan air tawar seperti di kolam, atau keramba di danau. Ikan airtwar yang bernilai ekonomis seperti ikan nila, mujair, mas, gurame, lele, gabus, dan sebagainya.

Baca Juga: Contoh Tanaman Palawija adalah: Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

Baca Juga: Pengertian Tanaman Hortikultura beserta Contohnya

Contoh Produk Agrikultur Dari Berbagai Sektor

Setelah mengetahui pengertian agrikultur berikut ini contoh produk yang dihasilkan dari sektor:

1. Tanaman pangan

Sebagian besar produknya berupa makanan pokok seperti beras, jagung, singkong, umbi jalar, kentang, gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buhan, hingga rempah-rempah.

2. Perkebunan

Hasil perkebunan seperti buah coklat, daun teh, biji kopi, kelapa sawit, tebu, tembakau, karet, dan sebagainya.

3. Kehutanan

Produk hasil hutan misalnya kayu, rotan, bambu, madu, dan sebagainya.

4. Peternakan

Produk peternakan seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam, daging bebek, telur, susu, wol, dan sebagainya.

5. Perikanan

Contoh produk agrikultur yang dihasilkan sektor perikanan seperti ikan air tawar, ikan air laut, ikan air payau, udang, lobster, cumi-cumi, kerang, mutiara, dan lain-lain.

arti agrikultur
gambar: pixabay.com

Jenis-Jenis Agrikultur

1. Pertanian Industri

Biasanya menggunakan teknologi canggih untuk mendukung pertaniannya, memiliki lahan yang sangat luas. dan menghasilkan jumlah produk yang banyak karena untuk kebutuhan komersil.

2. Pertanian Ekologis

Merupakan jenis agrikultur yang menfokuskan kepada kelestarian lingkungan dan pelestarian tanah sehingga menggunakan metode khusus yang dianggap tepat untuk kelestarian lingkungan.

3. Pertanian tradisional

Pertanian yang menggunakan metode daerah setempat atau meode turun-temurun dari nenek moyang, bisanya metode ini dilakukan lahan yang tidak terlalu luas.