Pengertian HDMI adalah: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan

Memahami tentang pengertian HDMI adalah salah satu perangkat untuk audio dan video dengan kualitas tinggi – Perkembangan teknologi semakin maju, salah satunya teknologi untuk menampilkan sinyal audio dan video di layar seperti menggunakan kabel RCA yang memilikiciri 3 warna biasanya digunakan pada perangat DVD Player, lalu ada kabel DVI yang tersambung ke port VGA komputer PC sehingga visual dapat tampil di monitor dan yang saat ini sedang banyak digunakan yaitu teknologi HDMI yang dapat menampilkan audio dan video dengan kualitas tinggi.

Apa Pengertian HDMI?

Arti HDMI adalah singkatan dari High – Definition Multimedia Interface teknologi yang digunakan untuk menampilkan sinyal audio dan video dengan kualitas tinggi. Beberapa peralatan yang menggunakan port HDMI yaitu setbox tv digital, komputer pc, laptop, DVD hingga televisi digital, proyektor, dan lain-lain.

Pada tahun 2022 pertamakalinya teknologi HDMI dirancang lalu pada tahun 2003 mulai di produksi dan di jual ke pasaran, hingga saat ini perangkat maupun kabel HDMI sudah menyebar luas serta menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menmapilkan audio maupun video dengan resolusi tinggi.

pengertian hdmi adalah
Kiri Port HDMI Type Standar (flickr.com)

Jenis konektor HDMI

1. Type A (Standar)

Jenis paling umum pada konektor HDMI yang bisa ditemukan pada berbagai perangkat seperti laptop, PC, TV, Konsol game, pyoyektor dan lain-lain. Pada bagian plug nya memiliki ukuran 13.9 mm x 4.45 mm, dan untuk stopkontak memiliki ukuran 14 mm x 4,55 mm, lalu terdapat 19 pin.

2. Type C (Mini HDMI)

Jenis konektor HDMI yang berukuran lebih kecil daripada Type standar biasanya sering digunakan untuk perangkat portable seperti tablet dan kamera DLSR. Ukurannya 10.42 x 2.42 dan memiliki 19 pin.

3. Type D (Micro HDMI)

Merupakan jenis yang sangat kecil jika dibandingkan type standar dan type C, dan sering juga di gunakan untuk perangkat portable yang lebih kecil misalnya pada smartphone, kamera digital saku, dan lain-lain dengan ukuran kepala konektor 5.83 mm x 2.20 mm.

tripplite.com

Kelebihan HDMI

1. Resolusi gambar yang lebih baik

Sebagian besar HDMI yang menggunakan kabel dapat menampilkan gambar beresolusi 720p hingga 1080i. Tapi ada juga post hdmi yang bisa menampilan gambar hingga resolusi 4k, sehingga saat kita menonton video disajikan dengan kualitas terbaik dna jernih.

2. Mendukung Berbagai Perangkat

Saat ini sudha banyak perangkat khususnya monitor yang memiliki port HDMI, sehingga kita dapat dengan mudah menggunakannya dan tidak perlu khawatir saat mencari kabel sambungan karena banyak yang menjuanya.

3. Bisa Mengirim Data Suara dan Gambar Sekaligus

Cukup dengan satu konektor dapat mengirim sinyal video dan audio secara langsung jadi tidak repot2 menyambungan banyak konektor. Kabel HDMI merupakan kabel tunggal meskibun umumnya ada 19 kabel di dalamnya tapi terbungkus dalam satu kesatuan sehingga lebi flexsibel dan praktis.

4. Kecepatan transfer data yang baik

Kelebihan HDMI selanjutnya yaitu memiliki kecepatan mentransfer data yang cepat sehingga mampu menampilkan file dengan kualitas tinggi.

Baca Juga: Pengertian USB adalah: Fungsi, Versi, dan Jenisnya

Baca Juga: Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Kekurangan HDMI

1. Harga Relatif mahal

Karena memiliki kecanggihan yang sangat baik. maka kabel HDMI memiliki harga yang relatif mahal jika di bandingkan kabel VGA maupun kabe RCA. Hal ini sebanding dengan kualitas teknologi yang ditawarkan karena bisa menampilkan audio dan video beresolusi tinggi.

2. Kurang Awet

Sebenarnya hal ini tergantung dari pemakaiannya terutama dari penggunanya, karena kabelnya yang ramping dan tipis maka dalam pemakaian maupun cara menyimpannya harus lebih di perhatikan.

3. Terbatasnya Produk

Salah satu kekurangan HDMI adalah harganya yang relatif lebih mahal masih banyak orang yang menggunakan kabel VGA untuk menyambungkan perangkatnya ke komputer oleh sebab itu masih agak sulit mencarinya, tapi saat ini sudah marak marketplace sehingga banyak yang menjualnya secara online dengan harga yang beragam tergantung kualitas yang ditawarkan.

Akhir kata, itulah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai pengertian HDMI, semoga bermanfaat terutama dalam menambah wawasan kamu. Jika ditemukan kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf, cukup sekian dan tetrimakasih.