Pengertian Biaya Peluang dan Contohnya Dilengkapi Ciri-Cirinya Secara Umum

Memahami pengertian biaya peluang, contohnya, dan cirinya yang dibahas secara umum. Sering sekali kita sebagai manusia dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama yang berhubungan dengan ekonomi. Tentunya kita harus mementingkan kebutuhan terpenting atau yang diprioritaskan saat itu juga, dan secara tidak sadar bahwa saat menentukan suatu pilihan, itulah yang di maksud dengan biaya peluang.

A. Apa Pengertian Biaya Peluang ?

Dalam hidup ini, tentunya setiap manusia selalu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, terutama dalam maslah perekonomian. Dalam dunia ekonomi terdapat istilah yang dikenal dengan “Biaya Peluang” atau dalam bahasa Inggris disebut dengan “Opportunity Cost”.

Pengertian biaya peluang adalah suatu biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia. Atau biaya peluang dapat diartikan sebagai biaya yang harus dikorbankan untuk mendapatkan suatu pilihan lain.

Biaya peluang dapat disebut sebagai biaya yang dikorbankan, sehingga biaya ini tidak di ambil dan tidak dipergunakan. Karena alasan dan kondisi tertentu seseorang akan membuat suatu pilihan. Biaya peluang muncul karena di latar belakangi oleh kebutuhan, karena kita sebagai manusia memiliki kebutuhan yang banyak maka untuk memenuhinya mengharuskan memilih dan menentukan mana yang menjadi kebutuhan prioritas, sehingga pilihan iniah yang menimbulkan munculnya biaya peluang. >>Baca Juga: Pengertian Kebutuhan Manusia dan Macamnya

Gambar: pxhere.com

B. Ciri-Ciri Biaya Peluang

Berikut ini ciri dari biaya peluang, yang diantaranya:

  • Biaya peluang bisa berupa keuntungan, waktu, kebahagiaan dan lain-lain. Sehingga Perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang.
  • Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuannya dari seseorang
  • Umumnya biaya peluang berhubungan dengan kebutuhan sekunder dan tersier.

C. Beberapa Contoh Biaya Peluang

Berikut ini beberapa contoh biaya peluang yang ada di kehidupan sehari-hari kita, diantaranya:

Ayah memiliki uang Rp. 7.000.000, dan ayah berpeluang untuk berwisata ke dufan bersama keluarga atau dengan uang segitu aya bisa membeli laptop untuk mendukung pekerjaaanya. Jika ayah memutuskan untuk membeli laptop maka ayah akan kehilangan peluang untuk berwisata ke dufan bersama keluarga. jadi biaya peluangnya yaitu berwisata ke dufan bersama keluarga karena ayah kehilangan kesempatan tersebut jika memutuskan untuk membeli laptop.

Setelah lulus sekolah Andi mendapatkan dua tawaran pekerjaan, yaitu bekerja di dalam kota dengan gaji sebesar Rp. 4.500.000 dan bekerja di luar kota dengan gaji Rp. 6.000.000. Jika Andi mengambil keputusan untuk bekerja di luar kota dengan gaji sebesar Rp. Rp. 6.600.000 maka Andi harus mengorbankan peluang bekerja di dalam kota yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumahnya dengan gaji sebesar Rp. 4.500.000.  Maka dapat disimpulkan biaya peluang Andi yaitu bekerja di Dalam kota yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumahnya dengan gaji Rp. 4.500.000.

Wahyu memiliki uang sebesar Rp. 200.000.000, uang tersebut cukup untuk membeli sebuah mobil untuk pergi ke kantor atau membangun sebuah rumah untuk tempat tinggalnya. Karena Wahyu memutuskan untuk membuat rumah untuk tempat tinggalnya, maka dia akan kehilangan peluang membeli sebuah mobil yang dapat digunakannya untuk berangkat ke kantor. Maka disini peluang biayanya yaitu kehilangan membeli sebuah mobil.

D. Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa pengertian biaya peluang adalah suatu biaya yang muncul akibat dari memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa peluang alternatif yang tersedia.

Ciri-ciri dari biaya peluang,yaitu: 1). Perhitungan terhadap biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang; 2). Saat mengambil keputusannya tergantung terhadap situasi dan tujuan; 3). Umumnya biaya peluang berhubungan dengan kebutuhan sekunder dan tersier.

Demikian pembahasan tentang arti biaya peluang secara umum, semoga dapat di pahami dan bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan kamu, jika terdapat kesalahan dalam kata-kata mohon di maafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: