Pengertian Tanaman Hortikultura beserta Contohnya Secara Umum

Kali ini kita akan memberikan pengertian tanaman hortikultura dilengkapi jenisnya, dan juga contohnya yang sering di temukan. Tanaman ini banyak di tanam oleh petani dan bermanfaat untuk dikonsumsi juga. Tanaman hortikultura memiliki nilai ekonomis yang tinggi maka banyak sekali orang yang berfrofesi sebagi petani menanamnya, misalnya seperti sayuran dan buah-buahan. Lalu untuk memahaminya secara lebih jelas, maka baca penjelasannya dibawah ini.

A. Jelaskan Pengertian Tanaman Hortikultura!

Istilah hortikultura sendiri asalnya dari bahasa latin yaitu dari kata Hortus artinya Kebun, dan kata Culture artinya Bercocok Tanam. Jadi secara umum holtikultira adalah segala kegiatan bercocok tanam seperti sayur-sayuan, buah-buahan, ataupun tanaman hias dimana lahan (kebun atau pekarangan rumah) sebagai tempatnya. Tanaman pada hortikultura berguna sebagai sumber daya untuk dikonsumsi, tapi ada juga untuk hal keindahan.

Ilmu holtikultran berkaitan juga dengan ilmu budidaya tanaman, pemupukan, agronomi, kehutanan, ilmu cuaca, dan lain-lain. Biasanya hasil yang diperoleh dari budidaya secara hortikultura selalu upayakan lebih tinggi daripada cara budidaya tanaman lainnya, karena hortikultura menggunakan lahan atau area yang lebih luas untuk bercocok tanam.

pengertian tanaman hortikultura
pixabay.com

Saat ini tanaman hortikulturan menjadi tanaman budidaya di kebun dengan skala yang bersar, tapi bisa juga tanaman hortikultuta dibudidayakan diarea bersekala kecil misalnya di pekarangan rumah sehingga tanamannya dapat memberi manfaat secara langsung kepada yang membudidayakan.

D. Fungsi Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura tentunya memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memiliki potensi pasar yang tinggi juga baik itu pasar dalam negri ataupun luar negri. Beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari tanaman hortikultura misalnya seeperti:

  • Sebagai penyedia pangan, seperti sebagai penyedia vitamin, serat, mineral, dan senyawa lainnya untuk memenuhi gizi.
  • Sebagai fungsi ekonomi, tanman hortikultura tentuntu memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber penghasilan petani, pedagang, dan lain-lain.
  • Banyak tanaman hortikultura tertentu yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.
  • Tanaman hortikultura hias dapat digunakan sebagai unsur keindahan dan kenyamanan lingkungan.

C. Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura dan Contoh Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura dibagi menjadi 4 (empat) jenis, diantaranya:

1. Tanaman buah

Yaitu tanaman menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Misalnya buhan-buhan seperti tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, dan lain-lain.

2. Tanaman sayur

Yaitu jenis tanaman yang dapat dikonsumsi, memiliki serat dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, tanaman ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Contoh tanaman sayuran seperti: bawang merah, bawang daun, bawang putih, kol, selada, kangkung, bayam, wortel, mentimun, buncis, paprika, dan lain-lain.

sayuran dan buah-buahan
pixnio.com

3. Tanaman hias

Yaitu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai hiasan, biasanya tanaman ini memiliki keindahan dari segi bunga, daun, akar, atau tangkainya. Contoh tanaman seperti: bunga mawar, melati, aglaonema, pakis, anggrek, dan lain-lain. Baca juga: Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

4. Tanaman Biofarmaka/ Tanaman obat

Selanjutnya contoh tanaman hortikultura yaitu dari jenis tanaman obat-obatan. Tanaman ini merupakan tanaman yang bermanfaat untuk mencegah maupun mengobati penyakit. Tanaman obat ada 2 jenis yaitu tanaman biofarmaka rimpang dan biofarmaka non-rimpang. Biofarmaka rimpang merupakan tanaman yang bermanfaat untuk obat, kosmetik, dan untuk kesehatan lainnya bagian tanaman yang digunakan yaitu bagian umbinya. Sedangkan biofarmaka non-rimpang yaitu tanaman yang bermanfaat untuk obat, kosmetik, dan untuk kesehatan lainnya bagian tanaman yang digunakan yaitu daun, batang, bunga, akarnya.

D. Apa Perbedaan Tanaman Hortikoltura dengan Perkebunan?

Perbedaan antara hortikultura dan perkebunan adalah pada tanaman hortikultura hasil dari bercocok tanamnya bisa dimanfaatkan secara langsung, sedangkan pada perkebunan hasilnya harus memalui tahap produksi kembali atau di olah lagi supaya bisa dimanfaatkan, tanaman perkebunan misalnya kopi, teh, karet, kakao, dan sebagainya. Baca juga: Pengertian Budidaya, Manfaatnya dan Contohnya

E. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan yang di maksud tanaman hortikultura adalah tanam yang ditanam seperti sayur-sayuan, buah-buahan, ataupun tanaman hias dimana lahan (kebun atau pekarangan rumah) sebagai tempatnya. Jadi tanman hortikultura itu merupakan tanaman yang ditanam pada lahan, dan hasilnya bisa dimanfaatkan secara langsung. Jenis tanaman hortikultura ada 4 (empat) jenis diantaranya: buah-buahan, sayur sayuran, tanaman hias, dan tanaman biofarmaka.

Akhir kata, itulah pengertian tanaman hortikultura, yang dilengkapi dengan jenis maupun contohnya. Semoga penjelasannya dapat di pahami, jika ada kesalahan mohon di maafkan sekian dan terimakasih banyak.

Bagikan Ke: