Pengertian Sarana dan Prasarana serta Contohnya di Sekitar Kita

Memahami pengertian sarana dan prasarana secara umum serta lebih jelas. Pernahkah kita menggunakan seperangkat alat untuk mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan atau kegiatan? Ketahuilah seperangkat alat itu dapat disebut dengan sarana dan prasarana. Bagi kamu yang belum mengetahui maksud dari istilah “sarana dan prasarana” maka kamu bisa memahaminya di tulisan kali ini.

A. Apa Pengertian Sarana dan Prasarana ?

Secara umum yang dimaksud sarana dan prasarana adalah seperangkat alat yang digunakan untuk suatu kegiatan, alat tersebut bisa berupa alat utama atau alat yang membantu proses kegiatan, sehingga tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai. Sebenarnya sarana dan prasarana bukan hanya meliputi seperangkat alat atau barang saja, tapi bisa juga suatu tempat atau ruangan untuk proses kegiatan.

Dalam pengadaannya sarana dan prasarana  bisa dengan cara membeli, membuatnya sendiri, maupun menerima bantuan orang lain. Tentunya dalam penggunaan sarana dan prasarana adalah untuk memanfaatkan segala jenis alat atau barang yang sesuai dengan keperluan. Dalam penggunaannya tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan sarana dan prasarana tersebut., karakteristik penggunanya, hingga adanya sarana dan prasarana yang menjadi penunjang.

pengertian sarana dan prasarana
Seumber: Pixabay.com

B. Contoh Sarana Dan Prasarana 

Berikut ini beberapa contoh sarana dan prasarana di sekitar kita, seperti yang terdapat di sekolah dan di kantor:

1. Di Sekolah

Beberapa sarana dan prasarana yang dapat membantu proses belajar mengajar di sekolah, diantaranya seperti:

  • Ruang kelas. Berguna untuk prosses belajar dan mengajar.
  • Berguna untuk menyimpan dan membaca buku-buku materi mata pelajaran.
  • Fasilitas olah raga. Berguna untuk berolah raga bagi para siswa dan guru. Contohnya seperti bola voli, bola sepak, bola basket, dan lapangan tempat berolahraga.
  • Ruang praktek. Berguna untuk siswa melakukan praktek mata pelajaran, misalnya laboratorium kimia maupun fisika, dan ruang praktek komputer.
  • Berguna sebagai tempat beribadah bagi para siswa dan guru yang muslim.

2. Di Kantor

Beberapa sarana dan prasarana yang digunakan untuk membantu proses pekerjaan di kantor, diantaranya seperti:

  • Peralatan mesin. Merupakan peralatan yang membantu proses menyelesaikan pekerjaan di kantor, misalnya alat tersebut digunakan untuk mencatat, merekam, dan mengolah data-data. Contohnya komputer, mesin foto copy, printer, scaner, proyektor, mesin ketik, dll.
  • Perabotan kantor. Peralatan yang membantu dalam pelaksanaan proses pekerjaan di kantor. Contohnya meja, kursi, dan papan tulis.
  • Peralatan atau perlengkapan lainnya. Merupakan bahan atau perlengkapan lain yang dapat menghasilkan sesuatu dari proses pekerjaan yang dilakukan. Contohnya kertas, dan buku untuk mencatat data-data.

>>Baca juga: Pengertian Kantor dan Fungsinya

>>Baca Juga: Pengertian Transportasi

C. Cara Pemeliharaan Sekaligus Penyimpanan Sarana dan Prasarana

1. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

Manfaat dari pemeliharaan sarana dan prasarana diantaranya: 1) supaya awet sehingga jarang terjadi kerusakan, 2) supaya tidak mudah basi atau kadaluarsa, 3) dan supaya tidak mudah susut. Pemeliharaan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti:

  • Pemiliharaan yang berdasarkan jangka waktu tertentu, misalnya membersihkan dan melakukan pengecekan peralatan seminggu sekali.
  • Pemeliharaan yang dilakukan setiap hari, misalnya membersihkan lantai, meja, atau brang lainnya.
  • Pemeliharaan berdasarkan jenis barangnya, misal barang bergerak dan barang tidak bergerak, pastinya akan berbeda cara pemeliharaannya.

2. Penyimpanan Sarana dan Prasarana

Tujuan dari penyimpanan sarana dan prasarana diantaranya: 1). supaya tidak mudah hilang karena lupa menyimpan, 2). supaya barang tersimpan secara rapi dan mudah di temukan saat akan di gunakan kembali, 3). dan tentunya supaya barang tidak mudah rusak. Cara untuk menyimpannya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti:

  • Barang disimpan berdasarkan jenisnya (seperti berdasarkan beratnya, merknya, jangka waktu penyimpanannya, dan jenis bahannya)
  • Simpan barang dalam keadaan bersih.
  • Simpan di tempat yang cukup udara dan ruangan yang memadai.
  • Barang yang penting atau berharga tinggi, sebaiknya simpan di tempat yang dapat terkunci.
  • Barang yang sering digunakan sebaiknya simpan ditempat yang gampang di ambil.
  • Hindari barang tertentu dari sinar matahari.

Demikian tulisan yang membahas tentang pengertian sarana dan prasarana, semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan.

Bagikan Ke: