Pengertian Prosedur Dan Macamnya Serta Cirinya Secara Umum

Memahami tentang pengertian prosedur, macam-macamnya, serta ciri-cirinya secara umum. Apakah kalian pernah membaca suatu teks prosedur? Itu loh…, yang berisi kalimat perintah mengenai tata cara melakukan atau membuat sesuatu dari awal hingga akhir. Jika kalian belum memahaminya, mari kita pahami bersama-sama di pembahasan kali ini.

A. Memahami Definisi Prosedur

Yang dimaksud Prosedur adalah rangkaian aksi yang detail atau disebut juga suatu tindakan yang harus dijalankan dengan cara yang sama (sesuai yang tertera pada teks prosedur) supaya mendapatkan hasil yang sama. Prosedur dapat dikatakan juga sebagai rangkaian aktivitas atau langkah-langkah yang harus dijalankan supaya dapat menghasilkan hasil yang diinginkan. Contoh teks prosedur misalnya prosedur keselamatan kerja, Prosedur dalam menggunakan suatu benda, dll.

B. Fungsi Prosedur

Fungsi teks prosedur adalah untuk membantu seseorang dalam memahami bagaimana cara melakukan sesuatu secara tepat, sehingga tujuan dapat tercapai secara efesien dan efektif. Atau bisa juga untuk seseorang supaya dapat memahami cara atau langkah-langkah dalam membuat sesuatu secara tepat dan juga benar. Fungsi ini dapat dikatakan juga sebagai tujuan teks prosedur.

pengertian-teks-prosedur
Apakah itu prosedur?

C. Macam-Macam prosedur

Berikut di bawah ini tiga jenis teks prosedur, diantaranya:

a. Teks Prosedur Sederhana

Yaitu prosedur yang bisa di lakukan hanya dengan dua hingga tiga aksi / langkah saja.

b. Teks prosedur Kompleks

Yaitu prosedur yang didalamnya terdapat aksi / langkah-langkah yang banyak sehingga cukup rumit.

c. Teks Prosedur Protokol

Yaitu prosedur yang aksi atau langkah-langkahnya tidak terlalu rumit sehingga mudah di pahami.

D. Ciri-Ciri Prosedur Secara Umum

Prosedur memiliki beberapa ciri, yang dimana ciriumumnya sebagai berikut ini:

  • Adanya tujuan dari melaksanakan aktivitas atau langkah-langkah prosedur.
  • Adanya bahan yang diperlukan jika prosedur tersebut bertujuan untuk membuet suatu produk atau untuk melakukan aktivitas.
  • Adanya langkah-langkah yang detail mengenaiproses suatu pengerjaan secara berurutan.
  • Adanya batasan aturan yang harus dipatuhi dalam proses.

E. Struktur Teks Prosedur

Berikut ini struktur yang ada pada suatu teks prosedur, diantaranya:

a. Judul

Judul pada teks prosedur diartikan sebagai suatu aktivitas yang akan di buat atau dilakukan.

b. Kalimat Pengantar

Kalimat pengantar diartikan sebagai pernyataan pembuka untuk menyampaikan tujuan atau penulisan.

c. Bahan Dan Peralatan

Bahan dan peralatan dapat diartikan sebagai rincian bahan dan peralatan yang digunakan selama proses produksi atau suatu aktivitas yang dilakukan.

d. Tahapan Proses Di Tulis Secara Berurutan

Yaitu tahapan atau proses yang harus dilakukan sesuai teks prosedur. Tentunya tahapan ini harus dilakukan secara berurutan dari awal hingga akhir, jadi tidak boleh tertukar.

F. Ciri atau Unsur-Unsur Yang Terdapat Pada Teks Prosedur

Berikut ini unsur-unsur yang terdapat pada teks prosedur, diantaranya:

  • Dalam menyampaikan langkah-langkahnya teksprosedur menggunakan kalimat perintah, terutama dalam menyempaikan kata larangan.
  • Pada teks prosedur menggunakan kata-kata yang menunjukan langkah-langkah aktivitas yang berurutan misalnya seperti kata pertama-tama, kedua,ketiga, selanjutnya, terus dan sebagainya.
  • Pada teks prosedur tertentu bisanya selalu terdapat satuan, seperti satuan berat dan panjang secara tepat. Misalnya pada prosedur saat memasak seperti: garam 1 sendok teh, tepung tapioka 1 kg, santan kelapa 250 ml, dan sebagainya.
  • Pada teks prosedur terdapat kalimat dengan batasan-batasan yang pasti, misalnya pada saat memasak: rebus santan kelapa hingga mendidih.
  • Pada teks prosedur terdapat kata keterangan, misalnya kata: dengan, menggunakan, secara, sampai, hingga, dan sebagainya.
  • Pada teks prosedur bisanya menggunakan akhiran -kan, seperti: tuangkan, bersihkan, matikan. Atau bisa juga berkahiran –i, seperti: ulangi, olesi, lumuri, dan sebagainya.

Baca juga: Berikut pengertian kalimat dan contohnya lengkap secara umum.

G. Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa prosedur yaitu  serangkaian langkah-langkah atau tindakan yang detail yang harus di dilakukan dengan cara yang sama (yang tertera pada teks prosedur) supaya mendapatkan hasil yang sama. Teks prosedur bertujuan untuk membantu seseorang dalam memahami bagaimana cara melakukan sesuatu secara tepat, sehingga tujuan dapat tercapai secara efesien dan efektif.

Sekian tulisan mengenai pengertian prosedur yang dilengkapi dengan fungsinya, semoga bisa kamu pahami dan jika ada kesalahan mohon di maafkan. Sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: