Pengertian Linux dan Contohnya: Kelebihan serta Kekurangannya

Berikut ini definisi atau pengertian linux dan contoh linux dilengkapi kelebihan maupun kekurangannya sebagai sistem opersi komputer. Saat ini umumnya masyarakat di Indonesia menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Mungkin karena OS Windows lebih dahulu masuk ke Indonesia daripada OS lainnya. Seiring berkembangnya jaman dan perkembangan teknologi yang pesat, maka saat ini banyak sekali dikenal OS selain Windows diantaranya seperti macOS, dan Linux. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini mari kita kenali mengenai OS Linux yang sudah banyak digunakan oleh para user/pengguna.

Jelaskan Pengertian Pengertian Linux!

Yang dimaksud dengan linux adalah jenis sofware sistem operasi komputer yang bersifat open source, bisa digunakan secara gratis, dan disebarluaskan dengan lisensi GNU. Linux sendiri merupakan turunan dari UNIX, sehingga bisa di gunakan berbagai pacam jenis komputer. Banyak user yang menggunakan Linux karena gratis, dan lengkap dengan source codenya, selain itu user juga dapat memodifikasi source codenya.

Yang paling utama linux itu bisa didapatkan dan digunakan secara gratis, bagi para programer tentunya sangat menguntungkan kare dapat memperoleh source codenya untuk dikembangkan. Linux sendiri dikenal tahun 1991, dan namanya sendiri diambil dari penemunya yaitu Linus Torvalands. Sistem Operasi linux juga bermavam-macam ada untuk komputer dekstop ada juga untuk komputer server. Beberapa Sistem operasi Linux yang terkenal seperti Ubuntu, Debian, Fedora, dan lain-lain.

pengertian linux
Logo Linux (pixabay.com)

Jelaskan Pengertian Distro Linux!

Distro linux adalah suatu sistem operasi komputer yang dikembangkan dari kernel Linux, dan di dalamnya ditambahkan beberapa komponen module, software tertentu, dan lain-lain sehingga tercipta sistem operasi komputer sesauai dengan keinginan maupun kebutuhan untuk tujuan tertentu. Beberapa contoh Distro Linux yang dikenal saat ini misalnya seperti SuSE, Red Hat, Debian, Fedora, dan lain-lain. Baca Juga: Pengertian Kernel Pada Sistem Operasi

6 Contoh Linux

Beberapa contoh sistem operasi linux yang banyak dikenal seperti:

1. Linux Red Hat

Merupakan jenis linux yang populer digunakan terutama untuk komputer server dan pata tahun 1998 red hat menjadi salah satu pilihan untuk komputr server hingga akhirnya diberhendikan produksi pada tahun 2004.

2. Linux Debian

Debian sering digunakan untuk layanan server, di rilli tahun 1996 di dalamnya terdapat pakat-paket software yang sifatnya open source. Debian menjadi cikal bakal munculnya Ubuntu untuk dekstop yang sangat populer saat ini. Saat ini banyak user yang menjadikan Debian sebagai sistem operasi untuk komputer server karena sangat handal.

3. Linux Ubuntu

Ubuntu merupakan Linux yang paling banyak digunakan untuk komputer dekstop, dan berbasis kepada Debian. Ubuntuk merupakan salah satu sistem operasi komputer yang mudah digunakan karena Interfacenya yang sederhana, selain gratis, Ubuntuk juga bersifat open source. Mungkin dapat dikatakan dari bebeberapa Contoh Linux, ubuntu lah yang banyak dikenal dan digunakan.

4. Linux Mint

Mint merupakan perkembangan dari Debian dan Ubuntu. Sehingga aplikasi yang dijalankan pada ubuntu bisa berjalan pada Mint. Mint dibuat supaya user lebih nyaman dan lebih mudah dipakai saat menggunakan Linux. Mint ada sua maca yaitu Cinnamon dan Mate.

5. Linux Fedora

Sama dengan yang lainnya Fedora bersifar Open Source sehingga banyak user dapat mengembangkan sistem operasi ini. Fedora dikebangkan oleh banyak orang di dunia, sehingga banyak di dukung oleh komunitas programes mereka menamkan Fedora Project, sehingg aterus mengalami perkembangan menjadi lebih baik.

6. Linux SuSE

OpenSUSE salah satu distro yang bersifat open source, keunggulannya suSE yaitu berlimpahnya aplikasi , suport yang baik dan kemudahan mendeteksi hardware.

Contoh dari OS Linux sebenarnya masih banyak misalnya seperti Linux centOS, Linux BlankON, dan lain-lain.

Kekurangan Linux

Beberapa kekurangan Linux, misalnya seperti:

1. Belum Banyak Terbiasa menggunakan Linux

Banyak orang yang belum mengenal maupun belum terbiasa menggunakan Linux karena bumumnya pengguna yang sering menggunakan dan lebih mengenal sistem operasi Microsoft Windows.

2. Belum Banyak di Dukung Software

Instalasi sofware belum semudah instalasi di Windows, dan banyak juga sofware atau aplikasi yang belum bisa digunakan di linux.

3. Masih Banyak Hardware Yang Kurang Support

Masih banyak vendor hardwere yang belum mendukung, sehingga hardware tidak terdeteksi saat digunakan atau bisa digunakan tapi tidak bisa digunakan secara maksimal. Tapi bisa juga driver ardware di instalasi secara manual tapi hal ini tergolong agak ribet.

4. Kurang Cocok Untuk Komputer Gaming

Kekurangan linux selanjtnya yaitu kurang cocok untuk gaming karena develover game lebih banyak membuat game untuk MacOS dan Windows, sehingga linux kurang bahkan sangat tidak cocok digunakan untuk komputer gaming.

Kelebihan Linux

1. Gratis

Linux bisa di peroleh secara gratis, iniah yang menjadi keunggulan utamanya karena tidak dibutuhkan lisensi khusus untuk menggunakannya, selain itu bisa di update secara gratis juga.

2. Open Source

Selain itu saat menggunakan linux, user juga dapat memperoleh source codenya sehingga bisa dikembangkan oleh siapa saja. Baca Juga: Pengertian Open Source dan Contohnya

3. Cukup Aman

Karena belum marak digunakan seperti windows, linux cukup aman di gunakan bahkan dari serangan virus sekalipun.

4. Interface yang beragam

Karena linux memiliki beragam jenis, dan banyak dikembangkan sehingga interface-nya pun beragam dan bervariasi.

5. Stabil

Kelebihan linux selanjutnya yaitu kestabilan yang baik, beberapa orang meneybutkan bahwa linux jarang mengalami crash dan bisa dikatakan stabil sebagai sistem operasi komputer

6. Cukup Cepat

Memiliki performa yang cepat, mualai dari instalasi, booting, hingga membuka maupun menggunakan aplikasi. Selain itu untuk instalasinyapun tidak memekan banyak ruang penyimpanan.

Semakin berkembangnya sistem operasi Linux , saat ini mulai banyak aplikasi yang bisa di gunakan pada Windows bisa digunakan juga di Linux. Dari kelebihan di atas mungkin linux cukup cocok untuk digunakan komputer kerja sehari-hari.

Demikianlah penjelasan atau tulisan singkat mengenai pengertian Linux dilengkapi contohnya, kelebihan dan kekurangannya. Semoga penjelasan ini dapat dengan mudah kamu pahami, dan tentunya dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan.