Rangkuman Pengertian Karya Tulis Ilmiah Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian karya tulis ilmiah dilengkapi jenis-jenisnya, karakteristik, fungsi, dan sistematika penulisan karya tulis ilmiah secara singkat – Apakah kamu pernah membaca karya tulis ilmiah atau pernah membuatnya? Mungkin saja jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan karya tulis yang satu ini. Karya tulis ini biasanya di buat setelah melakukan suatu penelitian. Nah… bagi yang belum mengetahuinya, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai definisi karya tulis ilmiah secara singkat.

A. Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Yang dimaksud Karya Tulis Ilmiah adalah laporan tertulis yang berisi hasil sebuah kegiatan ilmiah yang dilakukan peneliti. Atau definisi karya tulis ilmiah yaitu tulisan yang membahas permasalahan berdasarkan dari penyelidikan, pengamatan, maupun pengumpulan data yang berkaitan dengan permasalahan tersebut dan di tulis menggunakan bahasa yang baku.

Karya tulis ilmiah merupakan suatu karya penelitian, penelitian tersebut misalnya dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dll. data yang didapatkannya melalui kajian pustaka, mengumpulan pengalaman penelitian, dan bisa juga dari pengetahuan orang lain yang di sajikan dengan fakta maupun dengan tulisan yang menggunakan bahasa baku.

Karya ilmiah juga merupakan suatu sikap pernyataan ilmiah seorang peneliti. Karya tulis ilmiah tujuan utamanya yaitu untuk memberitahukan kepada para pembaca mengenai suatu masalah dan untuk menemukan jawaban mengenai masalah tersebut serta membuktikan kebenarannya.

Definisi Karya Tulis Ilmiah
Apa itu karya tulis ilmiah?

B. Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

Adapun beberapa karakteristik karya tulis ilmiah, diantaranya seperti:

1. Logis

Maksudnya setiap tulisan pada karya ilmiah dapat di terima oleh akal sehat. Jadi tulisannya dapat di dibuktikan kebenarannya.

2. Data Yang Jelas

Data pada karya ilmiah yang di jadikan bahan penelitian, harus jelas sesuai dengan fakta yang ada.

3. Objektif

Isinya di tulis secara benar sesuai fakta yang ada tanpa merekayasa atau mengada-ngada.

4. Sistematis

Penulisan maupun penyajiannya disajikan secara tersusun atau teratur sesuai prosedur yang berlaku.

5. Pembahasannya tuntas dan menyeluruh

Selain di susun secara sistematis, pembahasan mengenai permasalahan dan pemecahannya dibahas secara tuntas dan menyeluruh. Sehingga pembaca dapat memahami maksud dari karya tulis ilmiah tersebut.

6. Menggunakan bahasa yang baku

Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baku, yaitu sesuai dengan bahasa standar yang benar.

7. Dapat di uji kebenarannya

Masalah yang di bahas dan juga pemecahan masalah tersebut dapat di uji kebenarannya, jadi tidak mengada-ngada. Permasalahan yang di bahas dan hasil pemecahannya dapat dilakukan percobaan sehingga kebenarannya bisa dibuktikan.

C. Fungsi Karya Tulis Ilmiah

Adapun fungsi dari karya tulis ilmiah secara umum, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Fungsi untuk pendidikan

Fungsi yang pertama yaitu untuk pendidikan, dimana dengan menulis karya ilmiah akan memberikan pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi penulisnya. Karena penulis akan mampu berfikir, menulis, dan mempertanggungjawabkan hasil dari penelitiannya.

2. Fungsi untuk penelitian

Fungsi yang kedua yaitu untuk dunia penelitian, maksudnya kaya ilmiah yang di tulis berguna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan berguna juga bagi seorang peneliti untuk memperaktekan prosedur ilmiahnya.

3. Fungsi fungsional

Dan yang ke tiga sebagai fungsi fungsional, fungsi ini maksudnya karya tulis ilmiah dapat berguna sebagai alat untuk mengembangkan pengetahuan, sebagai bahan pustaka, dan untuk kepentingan disiplin ilmu tertentu.

Adapun fungsi karya tulis ilmiah yang lainnya:

1. Untuk suatu penjelasan

Maksudnya karya tulis ilmiah dapat menjelaskan hal-hal yang sebelumnya belum diketahui pembaca, misal seperti hal-hal yang belum jelas dan tidak pasti, sehingga menjadi jelas dan pasti kebenarannya.

2. Untuk prediksi

Suatu karya tulis ilmiah hasil penelitian dapat menjadi prediksi mengenai suatu hal yang belum terjadi, sehingga kejadian tersebut bisa di antisipasi, atau bisa di cegah.

3. Untuk kontrol

Karya tulis ilmiah berguna juga untuk melakukan kontrol terhadap benar atau tidaknya suatu pernyataan mengenai permasalahan.

gambar: piqsels.com

D. Tujuan Karya Tulis Ilmiah

Adapun Beberapa tujuan dari karya tulis ilmiah di tulis/di susun, misalnya seperti:

  • Ditulis untuk memecahkan permasalahan yang di teliti.
  • Ditulis untuk menambah pengetahuan seseaui dengan permasalahan yang di bahas.
  • Ditulis untuk melatih seseorang supaya dapat menulis karya tulis ilmiah secara baik dan benar.
  • Ditulis untuk melatih kemampuan berfikir penulisnya.
  • Ditulis untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca Juga: Pengertian Abstrak dalam Penelitian Karya Ilmiah dan Contohnya

Baca Juga: Pengertian Metode Ilmiah Dan Langkah-Langkahnya

E. Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah Dan Sistematika Penulisannya

a. Sistematika Karya Tulis Ilmiah

Sistematika penulisan karya tulis ilmiah secara garis besar, seperti:

1. Bagian Pembuka

Pada bagian ini umumnya berisi: Sampul atau Cover, Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Lembar Pernyataan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran.

2. Bagian Isi

Pada bagian ini umumnya berisi:

  • BAB I PENDAHULUAN – Yang berisi sub BAB seperti: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Dilakukan Penelitian, Manfaat Penelitian, Batasan Masalah, dan Hipotesis.
  • BAB II LANDASAN TEORI – Yang berisi sub BAB seperti: Kajian Teori, Kerangka Berfikir, dan Hipotesis.
  • BAB III METODOLOGI PENELITIAN – Yang berisi sub BAB seperti: Jenis Penelitian, Lokasi Dan Tempat Penelitian, dan Teknik Pengumpulan Data.
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN – Yang berisi sub Bab seperti: Hasil Penelitian, dan Pembahasan Hasil Penelitian.
  • BAB V KESIMPULAN DAN SARAN; Yang Berisi sub BAB seperti: Kesimpulan, dan Saran.

3. Bagian Akhir

Biasanya pada bagian ini berisi: Daftar Pustaka, Lampiran-Lampiran, dan Riwayat Hidup Penulis.

Kamu akan menemukan sistematika karya tulis ilmiah yang sedikit agak berbeda, mungkin hal tersebut disebabkan oleh ketentuan atau peraturan penulisan yang digunakan, misalnya setiap kampus/sekolah bisa saja menggunakan sistematika yang agak berbeda dalam penulisan karya ilmiah.

b. Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah

Adapun jenis-jenis dari karya tulis ilmiah misalnya seperti: makalah, skripsi, tesis, artikel penelitian ilmiah, paper, disertasi, dan lain-lain.

F. Kesimpulan

Dari pembahasan tersebut maka dapat di simpulkan: Karya tulis ilmiah yaitu suatu tulisan yang berisi hasil kegiatan penelitian yang membahas suatu permasalahan dan hasil pemecahan masalah tersebut. Permasalahan dan pemecahannya berdasarkan pengamatan, penyelidikan, maupun pengumpulan data dengan teknik tertentu, dan di tulis dengan bahasa yang baku.

Itulah tulisan tentang pengertian karya tulis ilmiah, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan jika ada beberapa kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: