Pengertian Tajuk Rencana dan Tujuannya beserta Ciri-Cirinya

Menjelaskan seputar pengertian tajuk rencana (editorial), ciri-ciri, sifat, struktur teks, dan tujuannya atau fungsinya secara lengkap. Biasanya istilah ini sering dikaitkan dengan jurnalistik atau dengan media massa lebih tepatnya surat kabar. Tajuk rencana yang di tulis biasanya akan mencerminkan sikap suatu media massa terhadap suatu fenomena atau permasalahan yang sedang berkembang dan hangat diperbincangkan di masyarakat.

Jelaskan Pengertian Tajuk Rencana!

Pengertian tajuk rencana adalah tulisan pada penerbitan suatu media massa yang mencerminkan pandangan media massa tersebut tentang suatu peristiwa penting. Atau tajuk rencana merupakan suatu opini dan juga sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap suatu peristiwa atau persoalan yang sedang menjadi perbincangan di masyarakat luas.

Tajuk rencana dapat dikatakan juga sebagai artikel utama pada surat kabar yang menjadi pandangan suatu media atau redaksi terhadap peristiwa yang sedang berkembang di masyarakat. Tajuk rencana biasanya di tulis menggunakan kalimat-kalimat baku, tapi tidak jarang juga kita menemukan kalimat-kalimat yang kurang bahkan tidak baku.

pengertian tajuk rencana
www.pixabay.com

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Adapun beberapa ciri tajuk rencana, diantaranya seperti di bawah ini:

  • Umumnya permasalahan yang di bahas berskala nasional, seperti berita nasional yang bisa dijadikan tajuk rencana, atau berita-berita yang bisa memberi dampak kepada masyarakat luas.
  • Berisikan pendapat atau opini mengenai peristiwa yang sedang banyak dibicarakan di masyarakat.
  • Berisikan ulasan-ulasan mengenai suatu permasalahan yang dimuat.
  • Berisikan pikiran yang subyektif dari suatu media massa.

Sifat-Sifat Tajuk Rencana

Beberapa sifat yang dimiliki oleh tajuk rencana, diantaranya seperti di bawah ini:

  • Bersifat krusial dan ditulis secara berkala, hal ini tergantung dari terbitan medianya, misalnya seperti media massa harian, mingguan, dan bulanan.
  • Bersifat menyikapi situasi yang sedang hangat atau banyak di perbincangkan di masyarakat luas, misalnya politik, pemerintahan, sosial, budaya, olahraga dan lain-lain tergantung media massa yang membahasnya.
  • Memiliki konsistensi yang teratur kepada para pembaca, terkait sikap dari media massa yang menulisnya.
  • Berkaitan erat dengan kebijakan media yang bersangkutan, karena setiap media massa memiliki perbedaan kepentingan yang bermacam-macam yang menaungi media massa tersebut.

BACA: Pengertian Media Massa dan Menurut Para Ahli

Tujuan Tajuk Rencana

Sesuai pengertian tajuk rencana maka dapat disimpulkan beberapa tujuan dari penulisan tajuk rencana, antara lain:

  • Meninterpretasikan atau memberikan pendapat atau menafsirkan suatu fakta, permasalahan, issue, ataupun peristiwa yang sedang berkembang di masyarakat luas.
  • Menggerakan masyarakat supaya bersikap dan melakukan sesuatu terhadap peristiwa yang sedang berkembang tersebut.
  • Memperjuangkan suatu hal supaya mendapatkan perhatian.
  • Memeberikan penjelasan atau menerangkan suatu informasi.
  • Memberikan penjelasan yang lebih mendalam, jadi tidak hanya sekedar berisi informasi saja.
  • Memberikan pemikiran yang menyarankan kepada pemecahan suatu masalah.

Materi-Materi Pada Tajuk Rencana

Beberapa materi yang sering di muat pada tajuk rencana, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Materi Berisi informasi

Memuat materi yang memaparkan peristiwa yang sedang berkembang dan banyak di perbincangkan masyarakat secara aktual.

2. Materi Yang Menjelaskan

Memberikan penjelasan secara rinci dan jelas terhadap suatu masalah yang sedang hangat di perbincangkan di masyarakat, dan interpensi tertentu.

3. Materi Yang Argumentatif

Materi yang bersifat argumentatif, maksudnya dalam penulisannya melakukan analisa yang berlandaskan alasan-alasan yang didukung data dan juga fakta akurat, serta memaparkan jawaban-jawaban pertanyaan sebab dan akibat.

4. Materi yang membujuk

Biasanya materi yang bersifat membujuk untuk mengajak berbagai kalangan untuk merespon peristiwa yang sedang terjadi.

5. Materi yang Memuji

Berisikan materi yang sifatnya memberikan suatu penghargaan terhadap suatu pihak yang dinilai telah berhasil melakukan sesuatu, atau karena telah berjasa kepada masyarakat luas.

6. Materi yang menghibur

Ada juga yang berisikan materi sifatnya memberikan hiburan kepada para pembaca. Biasanya berisikan humor yang digunakan untuk mengajak masyarakat memperhatikan suatu fenomena yang sedang berkembang atau di perbincangkan.

Tahapan-Tahapan Membuat Suatu Tajuk Rencana

Berikut ini secara umum tahapan-tahapan membuat suatu tajuk rencana yang diantaranya:

  • Mencari ide dalam suatu topik atau tema.
  • Melakukan seleksi terhadap topik dan penetapan topik yang akan di bahas.
  • Pembobotan pada substensi materi dan penetapan thesis dari semua uraian tajuk rencana.
  • Melakukan penulisan tajuk rencana.
struktur teks editorial
sumber gambar: www.pixabay.com

Struktur Teks Tajuk Rencana

Struktur teks merupakan bagian-bagian yang terpisah yang membangun suatu tajuk rencana, sehingga menjadi teks yang utuh. Berikut ini strukturnya secara umum:

1. Thesis Statement (Pertanyaan Pendapat)

Merupakan pertanyaan pendapat, berisikan topik mengenai suatu fenomena atau permasalahan yang akan dibahas. Bisa juga dikatakan sebagai sudut pandang penulis mengenai fenomena atau permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Pada bagian ini mengacu kepada pertanyaan atau bisa juga mengacu pada sebuah teori yang kemudian akan diperkuat oleh argumentasi (alasan).

2. Argumentasi

Merupakan bagian yang akan memperkuat pendapat atau opini yang akan disampaikan. Argumentasi ini dapat berupa fakta-fakta, pernyataan umum, menurut ahli, pendapat hasil penelitian dan lain-lain. Pada bagian ini penulis berusaha untuk meyakinkan masyarakat bahwa apa yang ditulisnya itu memanglah benar.

3. Reiteration (Pernyataan Ulang Pendapat)

Merupakan bagian akhir pada teks, berisi pernyataan atau penegasan kembali mengenai pendapat yang telah di tulis supaya pembaca semakin yakin tentang isi teks tersebut, biasanya ada juga yang disertai dengan saran-saran kepada para pembaca. BACA: Pengertian berita dan ciri-ciri berita yang baik

Fungsi Tajuk Rencana

Jadi dapat disimpulkan dari beberapa penjelasan di atas secara umum fungsi dari tajuk rencana yaitu untuk menjelaskan berita, menjelaskan artinya dan akibatnya dari suatu fenomena kepada masyarakat luas. Tajuk rencana juga mengisi latar belakang dari kaitan-kaitan berita dengan fakta sosial dan juga faktor yang dapat mempengaruhinya secara menyeluruh.

Dalam suatu tajuk rencana terdapat analisis mengenai kondisi yang gunanya untuk mempersiapkan masyarakat mengenai berbagai kemungkinan yang dapat terjadi serta meneruskan penilaian secara moral terhadap berita tersebut.

Karena merupakan opini atau pendapat suatu lembaga media massa, maka tajuk rencana biasanya ditulis tidak dengan mencantumkan nama penulisnya. Intinya tajuk rencana merupakan suatu hasil pemikiran bersama dari seluruh awak media massa.

Sebelum menulis tajuk rencana, biasanya terlebih dahulu akan dilakukan rapat direksi yang dihadiri oleh pemimpin redaksi dan juga segenap jajaran redaktur yang sudah benar-benar kompeten dalam menentukan sikap terhadap suatu fenomena atau permasalahan yang sedang banyak diperbincangkan di masyarakat.

Jika sudah tercapai pikiran pokok, maka di akan di tuangkan dalam sikap yang kemudian dirangkum oleh awak redaksi yang telah di tunjuk dalam rapat. Dalam media cetak harian biasanya tajuk rencana akan ditulis secara bergantian, namun isinya akan mencerminkan sikap bersama terhadap suatu fenomena.

Demikianlah pembahasan yang singkat tentang pengertian tajuk rencana, jika kamu menemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan dan semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat.

Bagikan Ke: