Pengertian Pekerjaan dan Contohnya Lengkap

Pembahasan lengkap tentang pengertian pekerjaan, contohnya, dan hal penting yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Setiap orang pastinya membutuhkan pekerjaan, karena pekerjaan dapat menyambung hidup. Baik itu pekerjaan yang menghasilkan barang ataupun yang menghasilkan jasa, dan dengan barang atau jasa tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan kehidupan, misalnya seperti upah dalam bentuk uang. Dengan uang yang di hasilkan seseorang  dapat membeli berbagai macam kebutuhan hidup seperti kebutuhan pokok, primer, sekunder bahkan kebutuhan tersier.

Jelaskan Pengertian Pekerjaan!

Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang demi kelangsungan hidupnya atau untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Setiap orang malakukan pekerjaan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, karena kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak bisa di tunda-tunda. Kebutuhan tersebut misalnya pokok seperti makan, minum, pakaian, pendidikan dan lain-lain. Untuk mendapat memenuhi berbagai kebutuhannya makan manusia membutuhkan uang, dan umumnya uang di dapatkan dari bekerja, saat ini banyak sekali pekerjaan yang dilakukan manusia untuk menghasilkan uang.

Jadi yang pengertian pekerjaan adalah aktivitas utama yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam arti yang sempit pekerjaan yaitu suatu aktivitas yang dapat menghasilkan uang. Sedangkan dalam segi ekonomi pekerjaan yaitu semua aktivitas yang dilakukan manusia, baik itu dilakukan secara individu ataupun secara organisasi, baik secara tertutup ataupun secara terbuka kemudian dari pekerjaan tersebut dapat menghasilkan suatu produk atau jasa sehingga dapat mendapatkan uang dan dijadikan sebagai mata pencarian.

pengertian pekerjaan
pixabay.com

Hal-hal Yang Dibutuhkan Dalam Pekerjaan

Beberapa kemampuan yang di butuhkan untuk mendapatkan keberhasilan dalam bekerja, diantaranya seperti:

1.  Skill

Skill adalah kemahiran yang di miliki setiap orang, skill umumnya bisa di peroleh melalui pelatihan dan pendidikan. Contoh keterampilan atau skill misalnya seseorang yang mampu menoprasikan komputer atau mesin produksi, seseorang yang mampu membuat program komputer dan memperbaiki komputer jika terjadi masalah atau bahkan memiliki kemampuan untuk memperbaiki mesin produksi jika terjadi masalah pada mesin tersebut.

2. Pengetahuan

Dapat di katakan pengetahuan merupakan pondasi dasar yang harus di miliki dalam bekerja, karena pengetahuan dapat membangun skill seseorang dalam bekerja dan tentunya pengetahuan juga dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi.

3. Dapat bekerjasama

Bisa bekerjasama dengan orang lain merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam bekerja, karena ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat di selesaikan sendiri, jadi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan bekerja sama. Kemampuan bekerjasama juga harus di iringi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan dapat menghargai pendapat orang lain dalam suatu tim. Karena dengan bekerjasama umumnya pekerjaan dapat di selesaikan dengan mudah dan lebih cepat. Baca Lebih Lengkap: Pengertian Kerjasama dan Manfaatnya

4. Memiliki sikap jujur

Kejujuran sangat penting dalam bekerja, kenapa? karena dengan kejujuran kita dapat dipercayai oleh banyak orang dan tentunya orang yang jujur sangat di butuhkan oleh setiap perusahaan serta lebih di hormati dalam bekerja.

5. Sikap sopan santun

Sopan santun sangat perlu juga untuk mendapatkan keberhasilan kerja, karena dengan sikap ini seseorang akan selalu di hargai dalam bekerja.

6. Sikap pantang menyerah dan berdaya juang

Sikap pantang menyerah atau sikap yang memiliki daya juang tinggi merupakan salah satu sikap yang perlu dimiliki dalam bekerja, karena sikap ini sangat penting sekali untuk mencapai keberhasilan kerja. Selalu ada permasalahan tidak hanya dapat di selesaikan dengan skill dan pengetahuan saja, tapi dalam menyelesaikan masalah harus di dukung juga dengan sikap pantang menyerah dan berdaya juang tinggi.

Jenis dan Contoh Pekerjaan

Secara umum pekerjaan itu ada dua macam, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

1. Contoh pekerjaan yang menghasilkan produk

Pengertian pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang dari menjual produk tersebut, beberapa contohnya seperti:

a). Petani

Dapat di katakan menjadi petani adalah pekerjaan yang mulia karena tanpa petani kita akan susah untuk mencari bahan makanan. Misalnya petani menanam padi maka produk yang dihasilkannya beras, petani juga ada yang menanam buah-buahan dan juga sayur-sayuran yang dimana hasil dari bertaninya dapat dijual ke pasar dan menghasilkan uang. Baca Juga: Pengertian Agrikultur

b). Peternak

Misalnya seorang peternak ikan akan merawat dan memelihara ikan-ikannya hingga dewasa lalu menjualnya ke pasar, tapi ada juga yang menjual benih-benih ikan yang dihasilkan dari peternakannya ke pasaran. Ikan yang sering di ternakan misalnya seperti ikan tawes, ikan lele, ikan mas, ikan gurame dan lain-lain. Selain ikan ada juga yang yang berternak hewan seperti ayam, sapi dan kambing yang dimana hasilnya seperti telur, susu dan daging yang bisa di jual ke pasar sehingga menghasilkan uang.

c). Tukang kayu

Tukang kayu mereka membuat perabotan-perabotan yang terbuat dari kayu atau bahan-bahan untuk keperluan bangunan. Mereka mengubah bahan baku yang asalnya kayu menjadi pintu, meja, kusen, lemari dan lain-lain. Jadi mereka mengolah bahan baku kayu menjadi barang-barang lain sesuai dengan pesanan konsumen.

d). Nelayan

Banyak produk ikan yang di hasilkan dari tangkapan nelayan. Banyak sekali masyarakat yang tinggal di wilayah pantai yang pekerjaannya sebagai nelayan, produk yang di hasilkan dari tangkapannya di laut misalnya seperti ikan, udang, cumi-cumi dan lain-lain.

Masih banyak contoh pekerjaan yang menghasilkan produk misalnya tukang kue, pandai besi dan lain-lain tapi itulah beberapa contohnya yang ada di sekitar kita.

pixabay.com

2. Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa merupakan pekerjaan yang hasilnya dapat di rasakan oleh orang lain, beberapa contohnya seperti:

a). Guru

Guru yaitu pekerjaan yang memberikan pelayanan dengan cara mengajar, memberikan pengetahuan yang dimilikinya kepada para siswa atau para pelajar. Dapat dikatakan guru merupakan pekerjaan yang penting bagi suatu negara, karena dapat menentukan maju mundurnya kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Biasanya guru akan diberi imbalan berupa uang setiap bulannya.

b). Dokter

Dokter merupakan pekerjaan mengobati orang yang sedang sakit. Dokter biasanya bekerja di rumah sakit, puskesmas atau membuka tempat prakteknya sendiri. Ada dokter umum, dan ada juga dokter yang mengobati penyakit-penyakit tertentu saja yang di sebut dengan dokter spesialis.

c). Sopir

Sopir merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan memberikan pelayanan kepada penumpangnya menuju tempat yang ingin dituju oleh penumpang, sopir kendaraan biasanya memperoleh penghasilan dari bayaran para menumpang, tapi ada juga sopir pribadi yang biasanya menghasilkan uang dari gaji yang di terimanya dari majikan.

d). Tukang service

Mereka mendapatkan uang dari jasa-jasa memperbaiki barang-barang konsumen yang rusak. misalnya tukang service komputer mereka mendapatkan uang dari jasa memperbaiki komputer konsumen.

Masih banyak contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa misalnya montir, tukang bangunan, tukang cukur dan lain-lain tapi itulah beberapa contoh yang ada di sekitar kita. Baca Juga: Pengertian Perusahaan Jasa

Kesimpulan Pembahasan

Jadi dapat disimpulkan pekerjaan adalah aktivitas utama yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang, yang dimana hasil dari pekerjaan tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Pekerjaan dibagi menjadi dua macam diantaranya pekerjaan yang menghasilkan produk dan yang menghasilkan jasa.

Demikian tulisan yang membahas tentang pengertian pekerjaan semoga dapat bermanfaat dan jika ada beberapa kesalahan mohon dimaafkan saja, terimakasih.

Bagikan Ke: